CARA MEMBUAT BUBUR LOLOS KETAN CIREBON BANDUNG

Resep Bubur Lolos Ketan Khas Cirebon Bandung Sederhana Spesial Khas Sunda Asli Enak. Bubur lolos bungkus daun pisang ini rasanya manis dan legit tidak seperti bubur-bubur lainnya yang terasa asin dan gurih, memang bubur dibagi 2 kategori bubur manis dan bubur asin. Sepintas mirip dodol betawi sama-sama berasa manis dan legit tapi tekstur bubur lolos ini sangat lembut dan empuk cenderung lembek. Dimakan dengan kuah saus santan kental yang beraroma pandan wangi yang harum semerbak.

Foto Resep Bubur Lolos Ketan Cirebon Bandung Sederhana Spesial Khas Sunda Asli Enak
Gambar Bubur Lolos Ketan Cirebon Bandung

Bubur lolos merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia khususnya masyarakat Sunda yang dianggap sebagai simbol agar proses melahirkan si Ibu nanti dimudahkan alias lolos atau lancar "Mitos Bikin Lahiran Lancar". Bubur lolos ada di Bandung dan Cirebon, Jawa Barat. Bubur lolos menjadi menu wajib untuk mereka yang melakukan upacara tujuh bulanan.

Kue bubur lolos adalah masakan aneka kue basah yang terbuat dari tepung ketan atau tepung beras diberi saus santan dan dibungkus daun pisang masih tergolong aneka kreasi kua basah tradisional jajanan pasar Indonesia. Makanan ini ada yang menyebutnya bubur, ada yang bilang kue dan sebagian lagi ada masyarakat lain yang menyebutnya dodol lolos. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bubur lolos ncc lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis tukang bubur.

RESEP BUBUR LOLOS


BAHAN :

BAHAN BUBUR :
  • 125 gram tepung ketan Rose Brand atau tepung ketan merk lainnya.
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 125 gram gula merah, disisir halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • Daun pisang untuk bungkusnya, disesuaikan
BAHAN SAUS :
  • 150 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 3/4 sdm tepung beras, cairkan dengan 25 ml santan
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
CARA MEMBUAT BUBUR LOLOS :
  1. Panaskan santan serta masukkan gula merah sampai larut. Setelah gula merah dan santan bercampur, kemudian disaring dan jangan lupa membuang ampasnya. Kalau sudah, tambahkan tepung ketan, daun pandan, dan garam. Aduk semua bahan tersebut hingga meletup-letup.
  2. Sambil membuat bahan sausnya, adonan bubur sebelumnya kita masukkan dulu ke dalam daun pisang yang sudah digulung dan dilipat salah satu ujungnya. Diamkan adonan bubur tersebut sampai mengental.
  3. Cara Membuat Saus Santan : Untuk yang bahan sausnya kita rebus secara bersamaan, santan, tepung beras, garam, dan juga daun pandannya. Rebus bahan-bahan tersebut sambil diaduk hingga menididih dan kental. Jika sudah mengental, tuang saus tersebut ke atas bubur yang sudah dituangkan di dalam daun pisang.
  4. Setelah keduanya bercampur di dalam daun pisang, diamkan terlebih dahulu.
  5. Sajikan setelah dingin.

ULASAN TENTANG BUBUR LOLOS DI FOOD DETIK

Menurut food.detik.com. Jika mendengar nama makanan asal tanah Sunda ini, pasti Anda akan bingung. Tekstur dan warnanya mirip sekali dengan dodol Betawi. Rasanya legit gurih, dan jadi menu wajib untuk mereka yang melakukan upacara tujuh bulanan.

Bubur Lolos, saat mendengar namanya pertama kali kepala saya langsung dipenuhi pertanyaan. Kenapa dinamakan lolos? Lantas kenapa dibungkus daun bukan ditaruh di wadah seperti mangkok kalau memang masuk dalam kategori bubur?

Ternyata, bubur lolos dinamakan demikian bukan tanpa alasan. Bubur lolos ini adalah salah satu menu yang kerap kali dijumpai di acara-acara tujuh bulanan bagi masyarakat Sunda. Mengapa? Karena bubur ini dianggap sebagai simbol agar proses melahirkan si Ibu nanti dimudahkan alias lolos atau lancar.

Tidak seperti bubur pada umumnya, bubur lolos ini cenderung mirip sekali dengan dodol Betawi kalau dilihat dari segi tekstur dan juga warna. Bubur lolos berbahan dasar tepung beras, tepung ketan, serta tepung kanji yang diaduk menjadi satu bersama dengan gula merah dan juga santan sehingga membentuk adonan yang kenyal.

Santan yang digunakan adalah santan kental, sehingga saat dimasak nanti mengeluarkan minyak sehingga tidak lengket saat dibungkus. Bubur ini dibungkus daun pisang yang salah satu sisinya tidak ditutup.

Sebelum dibungkus dengan daun pisang, adonan bubur lolos ini diberi topping blondo. Blondo adalah santan kental yang dimasak hingga hampir membentuk minyak. Tak heran jika rasa bubur ini jadi lebih gurih. Di daerah Jawa Barat, bubur lolos masih sering dijumpai kalau ada masyarakat yang mengadakan upacara nujuh bulan. Tapi jika Anda penasaran seperti apa rasanya, Anda bisa datang ke rumah makan Koko Bogana, di daerah Kebayoran Baru. Disini bubur lolos bisa Anda beli dengan harga Rp 5.000 saja. Terjangkau bukan?

CARA MEMBUAT BUBUR LOLOS KETAN CIREBON BANDUNG