CARA MEMBUAT ACAR NANAS


Resep Acar Nanas Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Acar nanas sering kita lihat menjadi pelengkap nasi kebuli sebagai isian untuk acara Yasinan. Acar nenas ini bukan sembarang acar tapi acar yang termasuk acar komplit dengan bahan-bahan yang termasuk lengkap, seperti buah timun, wortel, dan bengkoang mirip dengan resep acar merah atau resep acar nanas Arab sebagai isian nasi kebuli untuk Yasinan. Acar nanas dan timun ini termasuk jenis acar matang atau acar masak seperti acar kuning yang bahan-bahan dan bumbu-bumbunya melalui proses dimasak terlebih dahulu.

Tahu kan dengan buah nanas?. Menurut situs Wikipedia pengertian dan defenisi Buah nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Foto Resep Acar Nanas Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Acar Nanas Kuah Pedas

Model Sungkul Tangga dengan motif ukiran buah nenas pada rumah Banjar di Kalimantan Selatan. Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk—menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif. nanas meningkatkan pencernaan dan mengurangi jerawat. Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Acar nanas adalah biasa juga disebut asinan bisa disajikan mentah bahkan matang atau masak yang terdiri dari bahan-bahan seperti ketimun, wortel, bengkoang, dll. Biasanya dibuat dengan rasa pedas, manis, asin, asem bercampur menjadi satu. Acar pada umumnya pakai cuka dan ada juga tanpa cuka makan. Acar biasa digunakan sebagai pelengkap makanan masakan China maupun masakan khas Arab. Berikut resep acar nenas pedas komplit lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah (Homemade) dengan mudah dan praktis simple.

RESEP ACAR NANAS CAMPUR


BAHAN ACAR :
  • 1/2 buah nanas kupas, buang bagian kerasnya, potong kecil-kecil
  • 1 buah mentimun jepang, belah 4, buang bijinya, potong 1 cm
  • 1/2 buah bengkuang, iris batang korek api
  • 1 buah wortel, iris batang korek api
KUAH ACAR :
  • 10 buah cabai merah, buang bijinya, gerus kasar
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 sdm cuka
  • Garam halus secukupnya
CARA MEMASAK ACAR NANAS CAMPUR :
  1. Cuci bersih bahan-bahan dan bumbu-bumbu acar dengan air bergaram, tiriskan.
  2. Cara Membuat Kuah Acar Nanas : Campur semua bahan, kecuali cuka, aduk rata, masak dengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan diamkan sebentar hingga uap panas berkurang.
  3. Masukkan bahan acar ke dalam kuahnya, tambahkan cuka, tutup wadah, dan diamkan selama 2 jam. Simpan dalam lemari pendingin sebelum digunakan.
  4. Sajikan untuk 4 Porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT ACAR NANAS