CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI


Resep Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri Sederhana Spesial Ala Rumahan (Homemade) yang Benar. Menurut Deviana Fidelia melalui akun facebooknya di dalam proses mengolah kemiri menjadi minyak ada 2 jenis proses pengolahan yaitu dengan cara diperas untuk minyak kemiri peras dan dibakar untuk minyak kemiri bakar. Kegunaan minyak kemiri asli 100% murni alami untuk perawatan rambut tradisional, alis, brewok, jenggot, dan bulu-bulu lainnya, biasanya untuk menghitamkan rambut, menumbuhkan rambut dan menyuburkan dan melebatkan rambut yang ujung-ujungnya mengatasi kebotakan atau untuk rambut rontok pada pria, wanita, dan juga untuk bayi. Itu dulu fungsi minyak kemiri untuk sementara, tentu masih banyak khasiat dan manfaat minyak kemiri untuk kecantikan dan kesehatan rambut Anda. Jadi pastikan jangan pergi kemana-mana tongkrongi terus blog carabuatresep.blogspot.com blog yang berisi cara membuat apa saja dengan tips dan trik terkini dan terbaru masa kini, selain makanan dan minuman.

Foto Resep Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri Sederhana Spesial Ala Rumahan (Homemade) yang Benar
Gambar Minyak Kemiri Homemade

Ada 2 cara sederhana mengolah kemiri mentah yang benar menjadi minyak kualitas terbaik. Cara Pertama adalah dengan Perasan Cara ini akan menghasilkan minyak kemiri berwarna bening.

Kelebihan :
  1. Minyak berwarna bening sehingga apabila dipakai ke kulit kepala tidak akan membuat kulit kepala menjadi kotor.
  2. Cara pengolahan relatif sangat mudah dan semua orang bisa bikin sendiri.
  3. Beraroma sedap seperti kemiri goreng.
Kekurangan :
  1. Minyak yang dihasilkan sangat sedikit, karena itu orang banyak mencampurnya dengan minyak argan, minyak zaitun atau minyak lainnya agar menjadi banyak.
  2. Tidak semua orang cocok memakai minyak kemiri bening / minyak kemiri campuran (mungkin dikarenakan proses pengolahannya yang relatif sederhana, jadi beberapa zat tidak baik yang terdapat di dalam buah kemiri tidak ikut terurai.
  3. Minyak kemiri perasan murni (yang tidak dicampur dengan minyak apapun) memerlukan waktu lama untuk memisahkan santannya dari air kurleb 24 jam.
  4. Proses pengendapannya juga tidak boleh berlangsung terlalu lama, lewat dari 24 jam santannya bakalan basi.
  5. Minyak perasan bening tidak terlalu ampuh dipakai untuk menumbuhkan rambut juga untuk menghitamkan rambut.
CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI PERASAN :
  1. Parut / blender kemiri utuh.
  2. Tambahkan air, lalu diperas..
  3. Lakukan cara ini berulang kali, sampe air perasan sedikit bening.
  4. Taruh santan didalam tempat tertutup, diamkan selama 24 jam.
  5. Setelah 24 jam, di goreng hingga minyaknya keluar.
Cara Kedua adalah dengan cara 'Dibakar' Cara ini akan menghasilkan Minyak kemiri hitam.

Kelebihan :
  1. Tidak menyebabkan alergi, cocok dipakai di kulit sensitif sekalipun.
  2. Dapat dengan cepat menumbuhkan rambut.
  3. Sangat bagus untuk menumbuhkan dan menyuburkan kembali akar rambut yang telah mati.
  4. Karena proses pembuatannya dengan cara dibakar, maka ketahanan di udara luar menjadi lebih lama daripada minyak kemiri perasan.
  5. Minyak kemiri bakar dapat dengan cepat menghitamkan rambut.
  6. Minyak kemiri bakar adalah ramuan herbal tradisional dari Indonesia yang sudah dipraktekkan berpuluh puluh tahun lamanya, tidak heran kan dari dulu ikon rambut orang indonesia identik dengan rambut hitam legam, lembut, dan bercahaya kemilau. mungkin karena perawatan rambut yang dilakukan orang-orang jaman dulu dengan cara membuat minyak kemiri bakar, selain ramuan-ramuan herbal lainnya tentunya.
  7. Rambut rapuh paling anti ketemu minyak kemiri bakar, karena minyak kemiri bakar lebih ampuh menguatkan dan memberikan nutrisi pada rambut yang sudah ada daripada minyak kemiri perasan
Kekurangan :
  1. Karena warnanya hitam, dapat mengotori baju maupun tangan saat pemakaian atau penggunaannya.
  2. Kemiri bakar berbau gosong, sehingga untuk sebagian orang dianggap menganggu, kalau dilihat dari hasil yang akan didapatkan, ditahan tahanin saja barang sejam dua jam yang penting hasilnya bagus dan sesuai harapan.
CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI BAKAR :
  1. Bakar kemiri sampai gosong
  2. Setelah gosong lalu diblender/diulek
  3. Sehabis itu tinggal dipakai langsung.
Demikianlah para pembaca setia blog carabuatresep.blogspot.com, pembahasan artikel di atas tadi adalah cara termudah untuk membuat minyak kemiri dalam 2 versi. Saya yakin semua pasti bisa bikinnya, semangat!.

Nah, tentu saja pengolahan untuk proses produksi industri massal (seperti RATU kemiri) telah melalui proses yang lebih banyak dibandingkan proses tadi, agar menghasilkan minyak kemiri dengan kualitas wahid No.1. Jadi disini Anda pertimbangkan sendiri mau buat sendiri minyak kemiri atau beli produk minyak kemiri yang telah jadi seperti Ratu Kemiri harganya murah dan terjangkau, serta kualitasnya terbaik, silahkan tonton video youtube.

Jadi, kalau malas dan tidak ada waktu untuk bikin sendiri di rumah, tinggal beli aja gampang. tinggal Anda jeli dan cerdas dalam memilih produk minyak kemiri mana yang khasiat kemirinya lebih menguntungkan buat anda dan pastikan membeli minyak kemiri yang sudah terbukti khasiatnya. Baiklah sekian dan terimakasih atas perhatiannya lebih kurang saya minta maaf dan sekiranya Anda bisa menyempurnakan artikel sederhana ini untuk itu subrcribe blog kami atau share di social media dan like facebook fanpage kami yang ada di sebelah kanan artikel ini.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI