CARA MEMBUAT KOLAK SINGKONG


Resep Kolak Singkong Gula Merah Santan Manis Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya kolak dari pisang, labu kuning, ubi jalar, candil, biji salak. Kali ini kita memasak kolak dari singkong ubi kayu legit. Rasanya tak kalah enak dibanding singkong Thailand. Biasanya menu kolak dijadikan hidangan sajian berbuka puasa pada bulan Ramadhan tapi juga bisa dimakan sehari-hari. Kolak singkong bisa sendiri dan juga bisa dicampur dengan singkong dan pisang, singkong gula merah, singkong dan ubi, dll. Jadi resep kolak singkong ini ada banyak variasi yang pertama adalah kolak singkong santan putih biasa, kolak singkong santan campur gula merah, dan kolak singkong tanpa santan hanya pakai gula merah tentu lebih sehat karena non kolestrol. Baca Juga : Resep Olahan Singkong

Foto Resep Kolak Singkong Gula Merah Santan Manis Legit Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kolak Singkong Gula Merah Santan

Kolak singkong masih termasuk jenis aneka olahan singkong tradisional. Blog carabuatresep mendukung sekali pengembangan penganan dari singkong ini untuk masyarakat di Indonesia agar supaya rakyat Indonesia tidak terlalu tergantung dengan nasi putih atau beras putih, sebaiknya selingi makanan Anda sehari-hari agar lebih bervariasi dan hidup lebih berwarna dan Indonesia akan hemat beras karena akan mengurangi ketergantungan import beras dari negara tetangga, misalnya hari senin makan nasi putih dengan lauk pauk, hari selasa makan jagung manis dengan olahannya, hari rabu makan nasi putih lagi dengan lauk pauk, hari kamis makan ubi jalar dulu bisa ubinya direbus atau diolah menjadi kue dan makanan olahan ubi, hari jumat makan singkong dulu bisa berupa kue, cake, kolak, dll, hari sabtu makan nasi, hari minggu makan beras merah dengan lauk-pauk bersama keluarga sambil berwisata. Berikut resep kolak singkong santan dengan gula merah lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah.

RESEP KOLAK SINGKONG


BAHAN :
  • 3 singkong, kupas, potong, cuci bersih, kemudian potong ukuran sedang
  • 500 ml air
  • 50-100 gram gula merah, sesuai selera
  • 50-100 gram gula pasir
  • 500 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam, secukupnya
CARA MEMBUAT KOLAK SINGKONG MANIS :
  1. Rebus air dalam paci, kemudian masukan singkong yang telah dipotong-potong ukuran sedang. Masak dengan api kecil agar singkong lunak dengan sempurna.
  2. Masukkan gula merah, gula pasir dan garam secukupnya.
  3. Masak dan aduk-aduk agar gula merah meresap ke singkong secara merata.
  4. Masukkan santan kelapa dan daun pandan, kemudian aduk-aduk kembali hingga beraroma harum, menyatu dan mengental.
  5. Sajikan kolak singkong selagi hangat untuk berbuka.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KOLAK SINGKONG