CARA MEMBUAT KOLAK SINGKONG SANTAN

Resep Kolak Singkong Gula Merah Santan Manis Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya kolak dari pisang, labu kuning, ubi jalar, candil, biji salak, nangka, durian, dll. Kali ini kita memasak kolak dari singkong ubi kayu legit dan bisa Anda campur atau kombinasi dari bahan-bahan di atas. Rasanya tak kalah enak dibanding singkong Thailand. Biasanya menu kolak dijadikan hidangan sajian berbuka puasa pada bulan Ramadhan tapi juga bisa dimakan sehari-hari. Kolak singkong bisa sendiri dan juga bisa dicampur dengan singkong dan pisang, singkong gula merah, singkong dan ubi, dll. Jadi resep kolak singkong ini ada banyak variasi yang pertama adalah kolak singkong santan putih biasa, kolak singkong santan campur gula merah dan bisa juga pake gula putih, dan kolak singkong tanpa santan atau kolak singkong susu atau hanya pakai gula merah tentu lebih sehat karena non kolestrol.

Foto Resep Kolak Singkong Gula Merah Santan Manis Legit Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kolak Singkong Gula Merah Santan

Kolak singkong masih termasuk jenis aneka olahan singkong tradisional. Blog carabuatresep mendukung sekali pengembangan penganan dari singkong ini untuk masyarakat di Indonesia agar supaya rakyat Indonesia tidak terlalu tergantung dengan nasi putih atau beras putih, sebaiknya selingi makanan Anda sehari-hari agar lebih bervariasi dan hidup lebih berwarna dan Indonesia akan hemat beras karena akan mengurangi ketergantungan import beras dari negara tetangga, misalnya hari senin makan nasi putih dengan lauk pauk, hari selasa makan jagung manis dengan olahannya, hari rabu makan nasi putih lagi dengan lauk pauk, hari kamis makan ubi jalar dulu bisa ubinya direbus atau diolah menjadi kue dan makanan olahan ubi, hari jumat makan singkong dulu bisa berupa kue, cake, kolak, dll, hari sabtu makan nasi, hari minggu makan beras merah dengan lauk-pauk bersama keluarga sambil berwisata. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kolak singkong santan dengan gula merah atau bisa tanpa santan sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kolak singkong tradisional dan modern bisa ditambah susu, keju dan saus lainnya. Sedangkan untuk kuah bisa dibuat kuah kental.

RESEP KOLAK SINGKONG


BAHAN :
  • 3 singkong, kupas, potong, cuci bersih, kemudian potong ukuran sedang
  • 500 ml air
  • 50-100 gram gula merah, sesuai selera
  • 50-100 gram gula pasir
  • 500 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam, secukupnya

Baca Juga : Resep Olahan Singkong

CARA MEMBUAT KOLAK SINGKONG MANIS :
  1. Rebus air dalam paci, kemudian masukan singkong yang telah dipotong-potong ukuran sedang. Masak dengan api kecil agar singkong lunak dengan sempurna.
  2. Masukkan gula merah, gula pasir dan garam secukupnya.
  3. Masak dan aduk-aduk agar gula merah meresap ke singkong secara merata.
  4. Masukkan santan kelapa dan daun pandan, kemudian aduk-aduk kembali hingga beraroma harum, menyatu dan mengental.
  5. Sajikan kolak singkong selagi hangat untuk berbuka puasa.

CARA MEMBUAT KOLAK SINGKONG SANTAN