CARA MEMBUAT PINDANG SERANI BANDENG KHAS JEPARA


Resep Pindang Serani Bandeng Khas Jepara Sederhana Spesial Asli Enak. Pindang Serani adalah masakan atau makanan khas Jepara, Jawa Tengah (JATENG), berupa kreasi olahan dari ikan laut, biasanya ikan bandeng dan Anda bisa pakai ikan laut lainnya, pindang ikan patin (pindang serani patin), ikan kembung, ikan tenggiri, ikan kakap, ikan tongkol, dan ikan darat, ikan kolam atau sungai, bahkan ada pindang serani daging dijumpai. Rasa pindang serani merupakan perpaduan rasa pedas, asem dan manis, itulah resep bumbu pindang serani yang umumnya di sajikan pada siang hari.

Foto Resep Pindang Serani Bandeng Khas Jepara Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Pindang Serani Bandeng Jepara

Meskipun namanya Pindang Serani akan tetapi masakan ini bukanlah menggunakan ikan pindang siap pakai, seperti pindang tongkol, melainkan menggunakan ikan Bandeng segar, pindang hanyalah nama jenis masakan berkuah bening berwarna kuning dengan bumbu-bumbu rempah. Sebenarnya tidak ada beda dengan resep pindang Bandeng dari kota-kota lainnya, yang membedakan disini kunyitnya dibakar kemudian diiris-iris sehingga membuat pindang ikan bandeng menjadi lebih istimewa dibanding masakan pindang-pindang lainnya, seperti resep pindang serani Betawi.

Menurut situs Wikipedia Ikan bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae (bersama enam genus tambahan dilaporkan pernah ada namun sudah punah)[1]. Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris milkfish).

Mereka hidup di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dan cenderung berkawanan di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan terumbu koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut selama 2–3 minggu, lalu berpindah ke rawa-rawa bakau berair payau, dan kadangkala danau-danau berair asin. Bandeng baru kembali ke laut kalau sudah dewasa dan bisa berkembang biak.

Ikan muda disebut nener (IPA : nənər ) dikumpulkan orang dari sungai-sungai dan dibesarkan di tambak-tambak. Di sana mereka bisa diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan cepat. Setelah cukup besar (biasanya sekitar 25–30 cm) bandeng dijual segar atau beku. Bandeng diolah dengan cara digoreng, dibakar, dikukus, dipindang, atau diasap.

Inilah pindang serani yang dikutip dari buku Kitab Makanan Nusantara yang disusun oleh Tim Dapur DeMedia yang mengikuti kepopuleran resep sup pangsit Jepara, berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi pindang serani ikan Bandeng sajian sedap istimewa dari Jepara kota asal tokoh emansipasi wanita Ibu Kartini yang lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis rumah makan atau restoran serba ikan dan seafood.





RESEP PINDANG SERANI


BAHAN :
  • 2 ekor (800 gram) ikan bandeng, dipotong 3-4 bagian
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 10 buah bawang merah, diiris
  • 4 siung bawang putih, diiris
  • 2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 cm jahe, diiris
  • 4 cm kunyit, dibakar, diiris
  • 2 buah tomat, dipotong-potong
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1.000 ml air
CARA MEMASAK PINDANG SERANI KHAS JEPARA :
  1. Lumuri ikan bandeng dengan air jeruk nipis dan garam. Sisihkan.
  2. Rebus air, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe, dan kunyit sampai harum.
  3. Masukkan ikan bandeng, tomat, garam, dan gula pasir. Masak di atas api kecil sampai matang dan bumbu meresap dengan api kecil.
  4. Sajikan untuk 6 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PINDANG SERANI BANDENG KHAS JEPARA