CARA MEMBUAT TIWUL SINGKONG MANIS


Resep Tiwul Singkong Gaplek Manis Gula Merah Tabur Kelapa Parut Sederhana Spesial Asli Enak. Menurut situs Wikipedia Tiwul, atau Thiwul adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang disebut Nasi Tiwul yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Wonosobo, Wonosari, Wonogiri, Kebumen) dikenal mengonsumsi jenis makanan jenis ini sehari-hari. Bahan tiwul ini bisa dibuat makanan tiwul aneka rasa, seperti kue tiwul ayu kukus terbuat dari gaplek yang cetakannya mirip dengan saudaranya kue putu ayu, tiwul instan, tiwul manis kelapa, dan jika rasanya tawar bisa dijadikan pengganti nasi putih, biasa diebut nasi tiwul dimakan dengan lauk pauk.

Foto Resep Tiwul Singkong Gaplek Manis Gula Merah Tabur Kelapa Parut Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tiwul Singkong Gaplek Manis

Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang dan sekarang tiwul dibuat jadi tiwul instan. Dengan penyajian yang cepat, tiwul dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia semua usia dan semua kelas tanpa membedakan strata sosial.

Makanan pokok pengganti nasi yang berbahan dasar ketela pohon atau singkong ini mempunyai cita rasa gaplek yang sangat khas dan unik. Banyak dikonsumsi masyarakat gunung kidul (Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul, Yogyakarta). Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya masih dibawah beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras atau pengganti nasi putih. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi tiwul ayu dari tepung gaplek sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri jajanan di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka tiwul tradisional ekonomis murah meriah laris manis tanjung kimpul.





RESEP TIWUL KELAPA PARUT


BAHAN :
  • 300 gram tepung gaplek atau tepung tapioka (tepung cassava)
  • 70 ml air
  • 2 lbr daun pandan
  • 100 gram gula merah, sisir
BAHAN TABURAN :
  • 1/4 btr kelapa muda parut panjang
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT TIWUL :
  1. Taruh tepung gaplek di atas tampah, perciki dengan air sambil diaduk-aduk hingga adonan berbutir seperti pasir, sisihkan.
  2. Masukkan adonan ke dalam dandang yang telah dipanaskan dan dialasi daun pisang, taruh gula merah sisir secara acak, kukus hingga 60 menit, angkat.
  3. Kukus pula kelapa parut dengan daun pandan dan garam selama 15 menit, angkat.
  4. Sajikan tiwul bersama kelapa parut.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TIWUL SINGKONG MANIS