CARA MEMBUAT KALDU KIKIL (KOKOT) KACANG HIJAU KHAS SUMENEP MADURA


Resep Kaldu Kikil (kokot) Kacang Ijo Sederhana Khas Madura, Sumenep Spesial Asli Enak. Madura selama ini lebih dikenal sebagai pulau penghasil garam, tanahnya gersang dan tandus serta masyarakatnya yang bertemperamen keras. Tak banyak berita tentang pesona keindahan, keramahan dan kenikmatan menu makanannya.

Foto Resep Kaldu Kikil (kokot) Kacang Hijau Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kaldu Kikil (kokot) Kacang Hijau

Pesona yang paling populer hingga ke manca negara mungkin hanya lomba kerapan sapi dan yang mulai berkembang juga adalah sapi sonok. Pesona lain yang terkenal dalam bidang kuliner adalah soto dan sate madura.

Wisata Kuliner lain sebetulnya masih sangat banyak yang khas dan jarang ditemui di tempat lain. Salah satunya adalah kaldu kokot kacang ijo. Makanan ini berupa kaldu kacang hijau yang memiliki aroma yang khas dan gurih. Kokot adalah kikil dalam bahasa Madura. Kokot kaldu kacang ijo yang paling terkenal adalah warung Pak Adnan di daerah kampung Damala Kelurahan Pejagalan Sumenep. Persis di belakang Museum Sumenep. Harganya juga relatif murah dan terjangkau.

Kaldu kikil adalah masakan khas Sumenep yang banyak penggemarnya. Merupakan sup kacang hijau yang kental dengan potongan kikil. Bentuknya kental seperti bubur sumsum, tetapi warnanya gelap karena terbuat dari kacang hijau yang dimasak hingga betul-betul hancur. Kaldu kikil ini biasanya juga disajikan dengan potongan lontong serta kroket pohong yang dikukus kemudian digoreng. Bagi Anda yang sering berkunjung ke Kampung Arab, kawasan Ampel Surabaya, sekilas masakan ini mirip dengan gulai kacang hijau yang disajikan dengan roti maryam.

Selain makanan khas, Sumenep juga mempunyai minuman tradisional yang citarasanya mantap dan baik untuk kesehatan. Namanya adalah pokak. Pokak merupakan minuman yang terbuat dari gula merah, serai, jahe, kayu manis, dan cengkih serta merica. Sekilas minuman ini mirip seperti bajigur. Rengginang Madura pun sudah terkenal di mana-mana, Kecamatan Prenduan adalah pusatnya. Di sini terdapat rengginang dengan berbagai rasa yang menjadi primadona adalah rengginang lorjuk.

Kaldu kikil sangat mudah ditemui di Pulau Madura. Masakan ini adalah semacam gulai dari otot kaki sapi( biasa disebut kikil) dengan kuah kaldu kikil yang kental dan keruh karena dicampur dengan kacang hijau (mirip gulai ala arab). Semangkuk kaldu kikil disajikan bersama sepiring pastel ubi yakni semacam perkedel yang dibuat dari ketela pohon dan sepiring lontong. Sebaiknya tiap kali makan masakan ini jangan lupa untuk memberi perasan air jeruk nipis dan sedikit kecap, selain membuat citarasanya menjadi lebih segar juga sedikit menetralisir kadar kolesterol. Akan lebih baik lagi jika kita memesan minuman jeruk sebagai pendampingnya.





RESEP KALDU KIKIL KACANG HIJAU


BAHAN :
  • 200 gram kikil sapi
  • 500 gram ml air kaldu kikil (rebusan yang kedua)
  • 100 gram kacang hijau, rendam selama 1 jam
  • 3 sdm minyak untuk menumis
BUMBU HALUSKAN :
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 1/2 biji pala
  • 2 cm jahe
  • Garam secukupnya
  • Bawang merah untuk taburan
BAHAN SAMBAL KACANG :
  • 50 gram kacang tanah, goreng
  • 1 sdm petis ikan
  • 3 sdm air panas
CARA MEMASAK KADLU KIKIL KACANG HIJAU :
  1. Rebus kikil sampai mendidih angkat an buang airnya. Ganti dengan air yang baru. Rebus kembali sampai kikil empuk. Angkat. Lalu ambil kaldunya. Potong-potong kikil menurut selera. Sisihkan.
  2. Rebus kacang hijau bersama air perebusnya sampai air habis dan kacang matang merekah. Sementara itu tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Angkat dan masukkan kedalam kacang hijau. Beri kaldu kikil, kemudian masak dengan api kecil sambil diadu sampai bumbu meresap dan kental. Angkat.
  3. Sambal kacang : haluskan kacang goreng, beri petis


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KALDU KIKIL (KOKOT) KACANG HIJAU KHAS SUMENEP MADURA