CARA MEMBUAT GEBLOG SINGKONG KHAS INDRAMAYU

Resep Geblog Singkong Tradisional Khas Indramayu Sederhana Spesial Asli Enak. Kue geblog ini terbuat dari singkong hanya terdapat di daerah Indramayu, Cirebon dan mungkin ada di sekitar wilayah PANTURA kalau gemblong terbuat dari beras ketan, baik ketan hitam maupun ketan putih geblog alias gemblong ini dibikin dari singkong dan cara penyajiannya berbeda dengan kue gemblong khas Bandung Sunda, Betawi, dan Jawa. Kalau geblek itu lain lagi tapi sama-sama kue yang digoreng.

Foto Resep Geblog Singkong Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Geblog Singkong Indramayu

Ada dua buah geblog. Geblog pertama berbahan dasar singkong dan geblog kedua berbahan dasar ketan hitam. Dua-dua memiliki rasa yang berbeda dan memiliki bentuk yang sama yaitu dipotong-potong empat persegi panjang. Selain itu diatasnya ditaburi parutan kelapa dan kadang-kadang juga dicampur gula pasir.

Baca Juga : Resep Gemblong

Geblog adalah gemblong singkong makanan Tradisional khas Indramayu, Jawa Barat, Indonesia, Mungkin di zaman sekarang makanan ini sulit ditemukan, namun rasanya begitu nikmat sehingga bisa sampai ketagihan. Resep Spesial Geblog (Gemblong Singkong) ini patut dicoba untuk mendapatkan sajian Goreng yang lezat dan istimewa. Berikut kumpulan rahasia cara masak Geblog aneka kreasi olahan dan variasi resepi geblog singkong khas Indramayu lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue basah tradisional jajanan pasar.

RESEP GEBLOG SINGKONG


BAHAN KULIT :
  • 500 gram singkong parut, peras sedikit airnya
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 1 sdt garam
BAHAN ISI :
  • 75 gram kelapa muda, keruk panjang halus
BAHAN PELAPIS :
  • 100 gram gula merah sisir
  • 50 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 75 ml air
CARA MEMBUAT GEBLOG :
  1. Kulit: aduk singkong parut, kelapa parut, dan garam sampai rata.
  2. Ambil sedikit adonan singkong. Pipihkan. Beri isi. Bentuk lonjong kecil.
  3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
  4. Pelapis: panaskan gula merah, gula pasir, daun pandan, dan air sampai berbusa kental.
  5. Masukkan gorengan gemblong. Aduk sampai terbalut rata. Matikan api. Aduk terus sampai kering.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT GEBLOG SINGKONG KHAS INDRAMAYU