12 RESEP BROWNIES PANGGANG COKLAT ANEKA RASA


12 Resep Brownies Panggang Coklat Aneka Rasa Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Topping Asli Enak Terbaru 2017. Inilah kumpulan kreasi kue brownies lebaran 2018 dengan gaya lain, mungkin bisa menjadi ide dan inspirasi Anda untuk buka usaha atau untuk jualan, kenapa tidak?. Kalau 8 resep brownies yang kami sajikan sebelumnya, tak sesuai dengan keinginan Anda, mari kita ciptakan olahan 4 aneka kreasi brownies lain yang juga tak kalah nikmat. Aneka isinya pun kaya variasi macam-macam dari buah segar, buah kering, keju, coklat, dll. Macam-macam jenis brownies berdasarkan memasaknya ada brownies panggang atau bakar dan brownies kukus, kemudian brownies tidak hanya dibuat dengan bahan dasar tepung terigu akan tetap juga bisa dengan beras ketan hitam dan ketan putih. Kalau saya lebih suka dengan brownies ketan hitam kukus ataupun panggang oven. Di Bandung brownies Amanda paling terkenal dan disusul brownies Kartika Sari. Aneka variasi lain ada brownies gulung (Brogul) brownies roll cake. Cocok juga untuk persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 2016 atau untuk buka usaha oleh-oleh khas.

Foto 12 Resep Brownies Panggang Coklat Keju Aneka Rasa Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Topping Asli Enak
Gambar Aneka Brownies Panggang Coklat Keju

Menurut situs Wikipedia. Brownies coklat adalah sebuah penganan yang dipanggang yang berbentuk persegi, datar atau bar dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan dipopulerkan di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20.

Sejarah Brownies pertama kali muncul di hadapan publik pada tahun 1893. Saat itu digelar sebuah acara berupa pameran yang bertajuk Columbian Exposition yang diselenggarakan salah satu kota besar di Amerika, Chicago, Illinois. Pada saat itu seorang koki dari Hotel Palmer House membuat suatu inovasi kue setelah sang pemilik hotel Bertha Palmer memintanya untuk menghidangkan makanan penutup untuknya dan para perempuan yang hadir pada pameran tersebut. Sang koki diminta untuk membuat kue yang lain daripada yang lain dipotong kecil-kecil agar mudah dimakan.

Asal mula. Sungguh sangat sulit untuk memastikan asal mula kue brownies ini, konon dari banyaknya cerita yang beredar, kue brownies berawal dari seorang koki yang lupa memasukkan bahan kue pengembang yang disebut baking powder dalam resep adonan kue bolu coklatnya. Sehingga alhasil setelah kue bolu tersebut dipanggang tidak mengembang seperti halnya kue-kue bolu yang biasa dia buat. Tekstur kue bolu coklat yang harusnya lembut, tebal, dan banyak berpori, menjadi bantat, padat dan sedikit basah.

Adapun cerita lainnya tentang asal mula brownies adalah diceritakan seorang pemuda pengusaha kue yang mengalami krisis keuangan dan hampir membuat usahanya gulung tikar. Dia punya seorang karyawan yang masih temannya sendiri yang setiap pagi akan menjualkan kue-kue buatannya. Pada suatu hari dengan modal terakhir yang dia miliki, pemuda pengusaha kue tersebut membeli bahan-bahan untuk membuat kue coklat.

Hampir semalam suntuk dia berusaha keras membuat kue coklat lezat seperti yang tertera pada resep kue coklat. Pekerjaannya baru selesai saat fajar tiba. Namun alangkah kecewanya pemuda tersebut setelah melihat hasil kue coklatnya yang jauh berbeda dari yang terdapat pada buku panduan resep kue coklat. Modal terakhir yang dia punya pun telah habis untuk bahan-bahan kue coklat tersebut.

Seperti biasanya pada pagi harinya sang karyawan datang mengambil kue hasil buatan majikannya tersebut. Tanpa bertanya karena melihat sang majikan tengah tertidur lelap akibat kelelahan membuat kue semalaman, dia mengambil kue-kue coklat tersebut dan menjualnya pada para pelanggan kue sang majikan. Para pelanggan sangat menikmati kue coklat itu dan kembali memesan untuk keesokan harinya, mereka mengira kue itu resep baru dari si pemuda tersebut. Dengan banyaknya pesanan kue coklat yang dikira gagal itu sang pemuda selamat dari gulung tikar.

Resep awal brownies adalah berupa tepung, mentega, gula, telur, coklat yang telah dilelehkan, serta kacang almond yang menjadi ciri khas. Hal ini menjadi satu hal yang pasti bahwa resep dasar brownies tidak pernah berubah sejak ratusan tahun lalu. Pada saat ini brownies telah mengalami banyak modifikasi dengan beragam aneka rasa tambahan seperti brownies keju, brownies pisang, blueberry, strawberry, kacang-kacangan, kopi, dan masih banyak lagi variasi brownies lainnya. Begitu pula dengan cara proses pembuatannya yang tidak hanya dipanggang, namun dapat pula dengan proses pengukusan yang dikenal dengan nama brownies kukus serta ada varian baru dengan cara pembekuan yang dikenal dengan nama brownies beku (frozen brownies).

Pada tahun 1904 resep brownies pertama kali muncul dalam buku memasak Home Cookery yang disebut Service Club Cook Book, dan pada tahun 1905 pada buku resep The Boston Globe serta pada tahun 1906 dalam buku resep The Boston Cooking School Cook Book yang ditulis oleh Fannie Merritt Farmer. Resep Fannie Merritt Farmer ini menghasilkan panganan yang relatif ringan dan seperti kue. Namun resep tersebut adalah resep untuk molasse, sebuah kue yang dipanggang dan jauh dari apa yang kita kenal sebagai brownies sekarang ini. Beberapa berpendapat kue ini mungkin berasal dari adonan kue coklat yang tidak diberi baking powder secara tidak sengaja sehingga kue coklat menjadi bantat.

Resep yang kedua muncul pada tahun 1907 dalam buku panduan memasak Lowney's Cook Book, yang ditulis oleh Maria Willett Howard dan diterbitkan oleh Walter M. Lowney Company di Boston, Massachusetts. Resep ini menambahkan lebih banyak telur dan cokelat batangan pada resep awal Fannie Merritt Farmer di atas, dan menghasilkan brownies yang kaya rasa dan manis. Resep ini dinamakan Bangor Brownies, hal ini mungkin karena resep tersebut diciptakan oleh seorang wanita di Bangor, Maine. Bangor Brownies ini kemudian menjadi salah satu snack dan camilan yang sangat digemari pada beberapa tahun kemudian dan begitu populer di Amerika Utara hingga akhirnya menyebar pula ke daratan Eropa.

Sejarah Brownies Cake kue bantat nan lezat. Jauh di waktu nan silam, seorang pakar kue keliru membuat cake hingga kue yang dihasilkan bantat dan keras. Daripada dibuang sayang, kue itu lalu dipotong-potongnya kotak-kotak dan tetap disajikan. Nyatanya kue itu disukai hingga kemudian sengaja dibuat bantat. Kue itu diberi nama brownie (karena warnanya yang cokelat pekat). Setelah itu brownies makin berkembang dengan tambahan aneka isi dan aneka cara pengadonan, termasuk warnanya yang kini tidak melulu coklat. Brownies gaya lain. Keasyikan membuat brownies antara lain terletak pada cara memadu bahan. Banyak sekali bahan yang bisa ditambahkan dalam brownies dan rasanya bertambah enak pula, seperti kacang, moka, coklat putih, sampai kelapa. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi brownies panggang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka brownies panggang dan kukus.





RESEP BROWNIES COKLAT KARAMEL PANGGANG


BAHAN :
  • 150 gram margarin
  • 2 butir telur
  • 125 gram madu
  • 4 sdm air bersih atau air matang
  • 125 gram gula palem
  • 200 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 125 gram cokelat masak, dicairkan
BAHAN TOPING I :
  • 30 gram mentega
  • 2 sdm sirup vanili
  • 400 ml susu cair
BAHAN TOPPING II :
  • 100 gram cokelat masak, dicairkan
  • 25 gram margarin cair
CARA MEMBUAT BROWNIES KARAMEL :
  1. Kocok margarin, gula palem, dan telur. Setelah lembut, masukkan madu, air, cokelat masak cair. Sisihkan. Ayak tepung dan baking powder.
  2. Masukkan ke dalam adonan dasar brownies bersama coklat masak. Aduk lalu tuang ke cetakan atau loyang. Oven hingga matang.
  3. Masak campuran toping I sambil diaduk hingga kecokelatan dan membentuk karamel (kurang lebih 30 menit) lalu siram ke atas kue.
  4. Campur margarin cair dan cokelat masak cair (bahan topping II). Siram di atas toping I. Gunakan tusuk gigi untuk membentuk marmer. Dinginkan lalu potong-potong.
  5. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES RHUM RAISIN OVEN


BAHAN :
  • 150 gram cokelat masak, dicairkan
  • 125 gram margarin, dicairkan
  • 50 ml susu cair
  • 2 sdm rhum
  • 50 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 100 gram raisin (kismis)
BAHAN JARING :
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 1 kuning telur untuk mengoles
CARA MEMBUAT BROWNIES RHUM RAISIN :
  1. Campur mentega cair, cokelat cair, dan susu cair, lalu tambahkan rhum, sisikan.
  2. Kocok gula pasir dan telur sampai putih. Masukkan campuran tepung dan baking powder. Aduk. Tuangkan campuran margarin dan raisin.
  3. Tuang ke dalam cetakan loyang yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas kue. Oven setengah matang.
  4. Sementara itu aduk bahan jaring lalu giling tipis. Garis-garis dengan pisau berselang-seling hingga ketika ditarik, berupa lembaran jaring.
  5. Keluarkan kue dari oven, tutup dengan jaring. Olesi kunging telur lalu oven kembali sampai matang.
  6. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES SELAI KACANG


BAHAN :
  • 125 gram margarin
  • 70 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 150 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 100 gram selai kacang
  • 1 sdm cokelat bubuk
  • 50 ml susu cair
  • Gula halus untuk taburan
CARA MEMBUAT BROWNIES SELAI KACANG :
  1. Kocok margarin bersama gula pasir hingga lembut lalu masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok.
  2. Dalam wadah lain, aduk susu dan cokelat bubuk. Masukkan ke kocokkan telur. Aduk rata. Tuangkan tepung terigu yang sudah diayak bersama baking powder. Setelah rata masukkan selai kacang. Aduk lalu tuang ke dalam cetakan yang sudah dialasi kertas dan diolesi margarin. Panggang di Oven sampai matang.
  3. Potong kue lalu ayakkan gula halus.
  4. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES SELAI STROBERI/STRAWBERRY


BAHAN :
  • 250 gram margarin, dicairkan
  • 4 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 225 gram tepung terigu
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 25 gram maizena
  • 1 sdt baking powder
  • 100 gram selai strawberry
  • Coklat putih, dilelehkan untuk hiasan.
CARA MEMBUAT BROWNIES SELAI STRAWBERRY :
  1. Kocok telur bersama gula sampai mengembang. Masukkan ayakan tepung maizena, coklat bubuk, dan baking powder. Aduk rata. Tambahkan margarin cair. Aduk rata.
  2. Tuang ke cetakan segi empat ukuran 22 cm yang telah dialasi kertas dan diolesi margarin. Oven setengah matang.
  3. Tuangkan selai stroberi di tempat-tempat tertentu lalu buat guratan. Oven kembali sampai matang.
  4. Hias kue brownies dengan coklat putih.
  5. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES MOKA KACANG WALNUT


BAHAN :
  • 200 gram margarin, dicairkan
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 25 gram pasta moka/mocca
  • 25 gram susu bubuk
  • 200 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 4 butir telur
  • 250 gram gula pasir
  • 100 gram walnut, dipanggang lalu cincang kasar
  • 150 gram cokelat masak, dicairkan
  • 150 gram walnut untuk hiasan
CARA MEMBUAT BROWNIES MOKA WALNUT :
  1. Campur margarin cair bersama cokelat bubuk dan pasta moka. Tambahkan ayakan tepung terigu, baking powder, dan susu bubuk. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Kocok telur bersama gula pasir hingga mengembang. Masukkan tepung terigu. Aduk rata lalu tuangkan campuran margarin. Aduk rata sambil ditambahkan walnut. Tuang adonan ke dalam cetakan segi empat ukuran 22 cm yang telah dialasi kertas dan diolesi margarin. Taburi walnut. Oven sampai matang.
  3. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES TUTUP KEJU


BAHAN :
  • 150 gram margarin, dicairkan
  • 200 gram coklat masak (cooking chocolate), dicairkan
  • 4 butir telur
  • 120 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 20 gram cokelat bubuk
BAHAN KEJU :
  • 125 gram cream cheese
  • 100 gram margarin
  • 3 butir telur, pisah kuning dan putih telur
  • 75 gram gula pasir
  • 25 gram susu bubuk
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 gram keju cheddar
CARA MEMBUAT BROWNIES TUTUP KEJU :
  1. Kocok telur sampai mengembang. Masukkan tepung terigu yang diayak bersama baking powder, dan cokelat bubuk. Aduk rata. Tuangkan lelehan margarin dan cokelat masak. Aduk rata. Masukkan adonan ke dalam cetakan segi empat ukuran 22 cm yang telah dialasi kertas dan diolesi margarin. Sisihkan.
  2. Buat lapisan keju. Kocok hingga putih cream cheese, mentega, gula pasir sambil ditambahkan kuninig telur. Masukkan susu dan tepung terigu. Aduk rata.
  3. Tambahkan kocokan putih telur. Aduk rata. Tuang di atas lapisan coklat, Taburi keju parut. Oven sampai matang.
  4. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES KELAPA


BAHAN :
  • 150 gram kelapa kering
  • 200 gram margarin
  • 200 gram cooking chocolate
  • 4 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt esen almon
  • 50 gram kelapa kering untuk hiasan
CARA MEMBUAT BROWNIES KELAPA :
  1. Lelehkan margarin dan cooking chocolate. Sisihkan. Ayak tepung terigu dan baking powder. Campur bersama gula pasir. Tambahkan campuran cokelat, esen almon, dan telur. Aduk rata.
  2. Masukkan kelapa kering. Aduk lalu tuangkan ke cetakan segi empat ukuran 22 cm yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas. Taburi kelapa kering dan oven hingga matang.
  3. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES HAVERMUT


BAHAN :
  • 150 gram margarin
  • 200 gram cokelat masak
  • 4 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 125 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 20 gram susu bubuk
  • 25 gram havermut
  • 100 gram kenari cincang
CARA MEMBUAT BROWNIES HAVERMUT :
  1. Lelehkan margarin dan cokelat masak. Masukkan ayakan tepung terigu, susu, dan baking powder. Tambahkan telur dan gula pasir. Aduk sampai gula pasir larut.
  2. Tambahkan havermut. Aduk rata. Tuang ke cetakan yang telah diolesi dan dialasi kertas. Taburi kenari cincang. Oven hingga mati matang.
  3. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES APPLE MIX NUT


BAHAN :
  • 110 gram margarin, dicairkan
  • 200 gram cokelat masak, dicairkan
  • 3 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 110 gram tepung terigu
  • 1/4 sdt baking powder
  • 125 gram apel malang, potong kotak
  • 50 gram kenari, sangrai, cincang kasar
  • 50 gram kacang mede, sangrai, cincang kasar
  • 50 gram kacang tanah sangrai, cincang kasar
CARA MEMBUAT BROWNIES APPLE MIX NUT :
  1. Ayak tepung terigu bersama baking powder. Masukkan cokelat cair dan margarin cair. Aduk rata.
  2. Kocok telur bersama gula sampai putih. Tambahkan campuran tepung terigu. Masukkan apel dan kacang-kacangan.
  3. Tuang ke cetakan yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas. Oven sampai matang.
  4. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES PRUNE


BAHAN :
  • 100 gram prune tanpa biji, cincang halus
  • 200 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 250 gram cooking chocolate, dicairkan
  • 150 gram margarin, dicairkan
  • 3 butir telur
  • 150 gram gula palem
  • 100 gram walnut untuk hiasan
CARA MEMBUAT BROWNIES PRUNE :
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder. Campur dengan cokelat cair dan margarin cair. Aduk rata.
  2. Kocok telur bersama gula palem hingga kental. Masukkan campuran tepung terigu. Aduk rata. Masukkan prune cincang.
  3. Tuang ke dalam cetakan segi empat ukuran 22 cm yang telah dialasi kertas dan diolesi margarin. Hias dengan prune. Oven sampai matang.
  4. Angkat kue, potong-potong.
  5. Sajikan untuk 20 potong.

RESEP BROWNIES SOUR CREAM DELIGHT


BAHAN :
  • 200 gram margarin, dicairkan
  • 100 gram cooking chocolate, dicairkan
  • 4 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 150 gram sour cream
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 150 gram kacang mede, iris halus
CARA MEMBUAT SOUR CREAM DELIGHT :
  1. Ayak tepung terigu bersama baking powder. Campur dengan margarin cair dan cokelat cair. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Kocok gula, sour cream, dan telur hingga putih. Tambahkan campuran tepung terigu. Masukkan ke dalam cetakan yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas. Taburi dengan irisan kacang mede. Oven sampai matang.

RESEP BROWNIES COKLAT BINTIK PUTIH


BAHAN LAPISAN PUTIH :
  • 120 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 50 gram gula halus
  • 50 gram margarin
  • 50 gram cream cheese
BAHAN LAPISAN COKLAT :
  • 75 gram mentega
  • 100 gram cokelat masak
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 50 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 20 gram susu bubuk
CARA MEMBUAT BROWNIES COKLAT BINTIK PUTIH :
  1. Lapisan cokelat : lelehkan mentega dan coklat masak. Ayakan tepung terigu, baking powder, dan susu. Aduk rata. Sisihkan. Kocok gula dan telur sampai putih. Masukkan tepung terigu dan campuran cokelat. Aduk rata. Tuang ke cetakan segi empat ukuran 20 cm yang telah dialasi kertas dan diolesi margarin.
  2. Kini buat lapisan putih. Ayak tepung terigu dan baking powder. Aduk gula bersama margarin, cream cheese, dan tepung terigu hingga berbutir. Taburi di atas adonan coklat. Setelah dioven, sebagian butiran akan tenggelam membentuk motif yang unik pada kue brownies.
  3. Sajikan untuk 20 potong.

TIPS & TRICKS :

Tips Membuat Brownies Step By Step Anti Gagal
  • Sampai detik ini begitu banyak sekali aneka variasi dari brownies dengan berbagai macam tampilan dan berbagai macam citarasa yang banyak ragamnya dan tentu saja menggoda. Akan tetapi dari kesemuanya itu tetap saja aroma bahan dasar brownies baik brownies kukus maupun brownis panggang adalah aroma dari coklat yang begitu khas, harum dan menggoda selera.
  • Cara Membuat Brownies pada umumnya terdiri dari 3 langkah dasar; mentega dan cokelat dicairkan, telur dan gula dikocok bersama dan terakhir masukkan sedikit terigu. Triknya, jangan terlalu lama mengocok karena Brownies akan menjadi basah, padat dan kenyal. Terlalu lama dikocok akan menyebabkan brownies keras atau berbentuk lapisan kering tipis pada permukaan kue (meskipun lapisan kering tipis ini menjadi salah satu ciri khas produsen Brownies di Bandung). Kocoklah bahan-bahan basah dan kering hingga tercampur saja, jangan terlalu lama mengocok setelah terlur dimasukkan.
  • Kebanyakan resep brownies dimulai dengan mencairkan mentega dan cooking chocolate (cokelat batang/cokelat masak). Cara paling aman untuk proses ini ialah menggunakan 2 panci dengan ukuran berbeda. Panci besar diisi air mendidih, lalu letakkan panic kecil di atasnya dan isi dengan kedua bahan tersebut, aduk-aduk hingga cokelatnya mencair.
  • Untuk meningkatkan tekstur brownies, adonan mentah di loyang dapat disimpan dulu dalam lemari pendingin selama beberapa jam atau semalaman sebelum dipanggang.
  • Gunakan loyang dari stainless steel agar panasnya merata. Hindari pinggan dari gelas maupun loyang berwarna gelap dan anti lengket, karena kue bisa menjadi basah dan volumenya berkurang.
  • Brownies dapat dipanggang dalam cetakan muffin kecil, agar tidak repot memotongnya. Alasi loyang dengan alumunium foil biar bersih.
  • Bila brownies menggunakan kacang, gunakan yang telah dipanggang untuk meningkatkan aroma kacang.
  • Berapa lama memanggang brownies? Pengalaman adalah guru terbaik, tetapi ada beberapa petunjuk umum yang dapat diikuti. Untuk brownies jenis fudge, keluarkan kue segera setelah pinggiran kue sedikit menyusut dari loyang. Bagian tengah kue masih sedikit liat dan lengket, tetapi segera mengeras setelah kue dingin. Untuk brownies jenis cake, tusukkan lidi ditengah kue, bila remah-remah kue melekat pad alidi berarti sudah matang.
  • Biarkan brownies dingin diloyang sebelum dilepaskan dari loyang dan dipotong-potong.
  • Brownies dapat tahan disimpan dalam wadah tertutup rapat. Bila hendak dinikmati, jangan dinginkan di kulkas karena akan kering, kecuali bila hendak disimpan lama, karena brownies tahan 4-6 bulan dalam freezer.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

12 RESEP BROWNIES PANGGANG COKLAT ANEKA RASA