CARA MEMBUAT TEMPOYAK DURIAN MENTAH


Resep Membuat Tempoyak Durian Mentah Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak. Tempuyak enak tergantung dari bahan baku durian atau buah duren yang digunakan, makanya tidak heran tempoyak dari Sumatera paling enak dari Bengkulu dan Palembang, Sumatera Selatan itu menurut saya, soalnya belum pernah makan tempoyak dari daerah lain seperti tempoyak durian merah asal Kalimantan Barat dari Pontianak, Jambi dan Lampung.

Foto Resep Membuat Tempoyak Durian Mentah Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tempoyak Durian Mentah Belum Diolah

Tempoyak adalah bumbu masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Dapat dimakan langsung dan menjadi bumbu masakan olahan ikan pada umumnya atau bisa juga menjadi saos teman nasi. Jadi masaknya bisa dibuat sambal tempoyak, campuran pepes atau pais ikan, pindang ikan tempoyak. dll.

Cara pengolahannya mudah dan praktis. Pertama-tama siapkan daging durian bisa durian lokal atau bisa juga menggunakan durian monthong namun kurang bagus karena terlalu banyak gas dan air. Pilih yang sudah masak atau matang benar, biasanya yang sudah nampak berair. Pisahkan daging dari biji. Beri garam sedikit. Bisa ditambah cabe rawit yang bisa mempercepat proses fermentasi. Namun proses fermentasi tidak bisa terlalu lama karena akan mempengaruhi rasa akhir. Simpan dalam tempat yang tertutup rapat. Usahakan disimpan dalam suhu ruangan. Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas (bukan freezernya) namun fermentasi akan berjalan lebih lambat. Tempoyak yang berumur 3-5 hari cocok untuk dibuat sambal tempoyak karena sudah berasa masam namun masih ada rasa manis di sana.

Penjelasan Tempoyak :

Tempoyak sendiri dapat dibikin dengan “tidak sengaja”, yaitu membiarkan buah durian masak selama 3-4 hari sampai berubah menjadi asam. Atau, dapat dibuat dengan sengaja. Pembuatan tempoyak dilakukan dengan cara memisahkan daging buah durian, lalu menghancurkannya dengan garpu. Ini adalah pembuatan tempoyak skala rumahtangga. Lalu, diberi garam, sebanyak 2% bobot daging buah.

Garam ini ditambahkan untuk membantu pertumbuhan mikroorganisme ragi. Hanya saja, garam tidak boleh terlalu banyak dipakai, karena akan menyebabkan rasa tempoyak menjadi asin. Padahal, tempoyak “yang benar berasa asam. Berikut carabuatresep membagikan 2 versi kumpulan aneka resepi membuat tempoyak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis dan tujuan akhirnya sama-sama menjadi tempoyak atau tempuyak hanya saja kualitasnya mungkin berbeda satu sama lainnya untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha rumah makan khas Bengkulu atua Palembang Sumatera.





RESEP TEMPOYAK DURIAN ALA ANAK KOS


BAHAN :
  • 1 Buah durian matang
  • Garam halus sedikit
  • 1 Cabe/cabai merah boleh optional tanpa cabe juga bisa
  • Daun pisang untuk alas dan penutup
CARA MEMBUAT TEMPOYAK DURIAN :
  1. Bahan 1 durian ranum atau dapat juga durian dari lemari pembeku berat per kantong plastik 250 gr, biasanya dari Thailand.
  2. 1 cabe merah segar cuci dulu, garam laut 2 % dari berat pulp durian tanpa biji Hancurkan dan remat campur durian dengan garam, sediakan plastic bak yang ada tutupnya, alasi dengan daun pisang (layukan dulu diatas api, dan bersihkan) masukkan adonan pulp durian, taruh cabe diatasnya, tutup dengan daun pisang, dan tutup plastik bak. Bungkus dengan kain, taruh ditempat yang aman (diatas lemari) selama 10 hari.
  3. Sajikan. Bagaimana cara menikmati tempoyak? Bagi yang sudah terbiasa, tempoyak dapat dimakan begitu saja dengan nasi hangat. Untuk “pemula”, tersedia bermacam makanan dengan bumbu tempoyak. Tidak hanya di Indonesia, di Malaysia pun tempoyak menjadi makanan yang banyak digemari. Apalagi di masak sambal campur pete, dimakan dengan nasi dan lalap timun.

Tempoyak atau tempuyak merupakan salah satu makanan khas Palembang, Sumatera Selatan dan Khas Bengkulu. Bila Anda penyukanya, patutlah mengetahui cara membuat tempoyak secara tradisional alami.

Tempoyak berbahan utama durian, awalnya sebagai upaya masyarakat Palembang untuk memanfaatkan kekayaan buah durian yang dimilikinya. Belakangan, bahan ini terus dipakai, dan tempoyak akan lebih nikmat bila menggunakan durian asli Palembang.

RESEP TEMPOYAK TRADISIONAL


BAHAN :
  • Buah durian matang
  • Garam halus sedikit
  • 1 Cabe/cabai merah
CARA MEMBUAT TEMPOYAK :
  1. Siapkan buah durian yang matang. Pilihlah durian lokal untuk mendapatkan hasil tempoyak yang baik. Jika Anda menggunakan durian montong, agak kurang bagus hasilnya karena terlalu banyak mengandung air dan gas.
  2. Pisahkan biji durian dari dagingnya. Yang dibutuhkan untuk membuat tempoyak durian adalah dagingnya.
  3. Berilah sedikit garam untuk memberi rasa asin pada daging durian, tanpa menghilangkan rasa manisnya, lalu aduk sampai rata.
  4. Tambahkan sedikit cabai rawit yang sudah diulek. Aduk daging durian sampai rata. Selain menambahkan rasa pedas, cabai rawit juga mempercepat proses fermentasi.
  5. Setelah selesai, simpan daging durian yang sudah diaduk tadi di dalam wadah tertutup (lebih baik gunakan stoples dan simpan pada suhu ruangan).
  6. Biasanya, proses fermentasi durian (menjadi tempoyak) berlangsung selama 3-5 hari.
  7. Cara Memasak Tempoyak. Tempoyak siap digunakan untuk campuran berbagai aneka kreasi olahan masakan, seperti sambal tempoyak biasa dan juga bisa dicampur ikan, ikan teri, dan petai/pete, dimasak pepes atau pais ikan tempoyak, atau bisa juga dimakan mentah tanpa dimasak langsung dimakan bersama nasi putih.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TEMPOYAK DURIAN MENTAH