CARA MEMBUAT SANTAN KELAPA KENTAL dan ENCER


Resep Santan Kelapa Kental dan Santan Encer Cair Sederhana Spesial Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Asli Enak. Santan instan bisa ditemukan dengan mudah di toko bahan makanan. Tetapi, membuat santan kelapa sendiri tentu lebih baik karena lebih segar (fresh) dan alami. Nah, bagaimana resep cara membuat santan kental , santan sedang, dan santan encer atau santan cair?

Foto Resep Santan Kental dan Santan Encer Cair Sederhana Spesial Buatan Sendiri Asli Enak
Gambar Santan Kental dan Santan Encer

Ada dua jenis santan segar, yaitu santan kental dan santan encer. Dua jenis santan segar ini dapat dibuat sesuai kebutuhan. Misalnya untuk membuat kari ayam, Anda membutuhkan jenis santan yang kental. Nah, bagaimana cara membuat santan kental? carabuatresep.blogspot.com. Ini bukan santan untuk rambut tapi untuk memasak masakan aneka olahan santan, seperti gulai atau gule dan untuk campuran membuat kue dan puding santan.

Santan kental sering disebut santan kelapa yang super alami. Untuk membuat santan super alami, Anda membutuhkan buah kelapa yang matangnya pas. Biasanya untuk mendapatkan santan matang dengan memilih buah kelapa yang matangnya pas dapat dilihat dari batoknya yang sudah berwarna coklat.





RESEP SANTAN KENTAL DAN SANTAN ENCER


BAHAN :
  • Kelapa matang
Berikut Tahap-tahap Tips Cara Membuat Santan Kental Sendiri Ala Rumahan :
  1. Beli buah kelapa matang, Kupas kulit luar kelapa yang berwarna coklat, cuci bersih, lalu parut kelapa. Anda dapat meminta bantuan penjual kelapa untuk memarutnya, atau bisa juga Anda lakukan sendiri di rumah.
  2. Campurkan kelapa yang sudah diparut dengan air hangat secukupnya, dan aduk sampai rata.
  3. Mulailah memeras kelapa parut dengan air tersebut sampai santannya keluar (santan kental) pakai saringan. Lakukan berulang-ulang, sampai kelapa parut atau parutan kepala sudah kering dan tidak dapat menghasilkan santan lagi.
  4. Santan pun siap untuk diolah menjadi masakan bersantan.
Apabila Anda membutuhkan santan yang lebih encer. Berikut cara membuat santan encer, yaitu ulangi lagi tahap-tahap di atas dengan menambahkan satu sampai dua gelas air ke dalam perasan kelapa parut yang sama.

Sedikit catatan, santan yang digunakan sebagai bahan masakan harus bersih. Pastikan tidak ada sisa kelapa parut yang masuk ke dalam santan. Sebab, hal itu sangat mempengaruhi hasil masakan yang Anda buat. Nah Anda juga bisa membuat santan sendiri dengan santan kara instan juga yang lebih praktis dan mudah. Hanya saja tahap-tahap cara membuat santan kental dari kara itu lebih gampang dan cepat.

TIPS & TRICKS :

Tips Agar Santan dapat Tahan Lama atau awet Sebelum digunakan untuk berbagai masakan lezat bersantan
  • Santan adalah salah satu bahan tambahan masakan yang terbuat dari kelapa melalui proses parut kemudian diperas bersama air untuk menghasilkan sari kelapa murni. Santan menambah rasa gurih pada masakan berkuah kental seperti opor, rendang, resep sayur lodeh, dan gulai. Namun santan alami memiliki tingkat ketahanan yang rendah untuk disimpan dalam waktu lama. Agar santan dapat disimpan lebih lama, Anda dapat merebusnya dengan menaburkan sedikit garam, lalu santan masak atau santan matang didinginkan untuk kemudian disimpan kedalam lemari pendingin (freezer). Dengan tips ini santan dapat bertahan hingga 1 bulan untuk Anda olah menjadi bahan masakan dan makanan. Itulah tips cara membuat santan agar tidak cepat basi, semoga menginspirasi di rumah

Sumber : Sajiansedap


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SANTAN KELAPA KENTAL dan ENCER