CARA MEMBUAT YOGHURT PLAIN HOMEMADE SENDIRI


Resep Yogurt Plain Homemade Sederhana Ala Rumahan Buatan Sendiri Spesial Asli Enak. Menurut situs Wikipedia defenisi pengertian yoghurt atau yogurt murni tanpa rasa, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt kental dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi murni. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt spesial tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.

Foto Resep Plain Yoghurt Homemade Sederhana Spesial Ala Rumahan Buatan Sendiri Cara Membuat Biang Yoghurt
Gambar Yogurt Plain Homemade Sederhana

Plain yoghurt atau yogurt plain adalah yoghurt murni rasa plain hasil fermentasi susu dengan menggunakan kultur Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus acidophillus & Streptococcus thermophilus. Plain yoghurt adalah bahan dasar untuk pengolahan aneka produk yoghurt seperti es yoghurt, Froyo, salad, smoothies/juice buah + yoghurt, dll. Bahkan untuk terapi kesehatan seperti diet, masker wajah, sakit maag, dll sangat dianjurkan mengkonsumsi Plain Yoghurt.

Plain Yoghurt (Yogurt Murni Tanpa Tambahan Rasa atau rasa asli), selain untuk konsumsi, baik juga buat kecantikan kulit wajah, kulit, tubuh maupun buat rambut kita. Berikut resepi yogurt plain murni tanpa rasa atau tawar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis. Andapun bisa bikin sendiri di rumah dan bisa Anda tambahkan perasa buah istimewa, seperti strawberry, mangga, dan bisa juga tambahkan rasa vanilla, coklat, dll.





RESEP YOGHURT PLAIN HOMEMADE


BAHAN :
  • 1 ltr susu uht full cream
  • 125 gram yogurt plain untuk biang sy pake merk yummy (Anda bisa pakai merk apa saja asalkan yogurt plain ya)
CARA MEMBUAT YOGHURT SENDIRI :
  1. Sterilkan wadah penyimpanan yoghurt dengan merendamnya di air mendidih lalu keringkan sampai benar benar kering ya.
  2. Rebus susu menggunakan api sedang sambil diaduk aduk hingga muncul gelembung-gelembung kecil, jangan sampai mendidih. Kira2 85 derajat.matikan api.
  3. Diamkan rebusan susu hingga hangat kuku, atau kira2 45 derajat
  4. Masukkan biang yoghurt pada wadah steril,lalu masukan perlahan susu hangat dan aduk perlahan-lahan.
  5. Tutup rapat wadah dan selimuti dengan handuk agar suhunya terjaga selama ±10jam kedepan.
  6. Kalau Saya, Saya simpan di tumpukan baju dilemari untuk menjaga suhunya.
  7. Setelah di selimuti selama ±10jam, masukan wadah yoghurt ke tempat paling dalam di kulkas agar yoghurt awet ±2minggu.
TIPS & TRICKS :
  • Simpan beberapa sendok yogurt hasil bikinan sendiri untuk biang jika ingin membuatnya lagi. itu tips cara membuat biang yoghurt sendiri (saya simpan diwadah yogurt untuk biang diawal).


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT YOGHURT PLAIN HOMEMADE SENDIRI