CARA MEMBUAT KROKET KENTANG PANGGANG CORN FLAKES


Resep Kroket Kentang Panggang Corn Flakes Sederhana Spesial Asli Enak. Pada umumnya kroket itu masakan atau makanan yang digoreng. Nah, sekarang gimana kalau kita panggang di oven?. Menurut situs wikipedia Kroket adalah nama sebuah makanan yang dipungut dari bangsa Belanda di Indonesia tetapi diambil dari Perancis. Di Belanda, kroket adalah sebuah makanan yang terdiri dari ragout yang dilapisi dengan putih telur dan tepung panir lalu digoreng. Justru pada resep ini unik kroket kentang tanpa goreng tapi dengan dimasak secara dipanggang dengan oven dengan baluran tanpa panir atau tanpa tepung roti melainkan diganti dengan sereal jagung cornflakes/corn flakes, cornflake/corn flake.

Foto Resep Kroket Kentang Panggang Corn Flakes Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kroket Kentang Panggang Corn Flakes by Fae Mom

Apa bedanya risoles, kroket, sama lumpia?

Risoles, kroket dan lumpia walaupun bentuknya sekilas hampir sama, dan metode pembuatannya mirip, berupa kulit yang diisi adonan aneka isi dan vaiasi/varian, tapi jelas penganan yang berbeda. Berikut perbedaan ketiga makanan itu seperti dikutip dari yahoo group :

RISOLES/RISOL

Resep Risoles terbuat dari kulit crepe yang diisi adonan isi, dicelupkan kedalam telur, diberi tepung panir/tepung roti dan digoreng. Penampilannya sedikit kasar dan "bergerigi" karena efek tepung panir tadi. Adonan kulit terbuat dari campuran terigu, cairan (susu/air/santan), telur, garam, minyak goreng/margarin, lalu didadar tipis-tipis di atas teflon. Adonan isi dapat dibuat bervariasi, yang paling populer adalah ragout, terbuat dari daging giling dan wortel yang dimasak sampai bertekstur "creamy". Adonan isi tadi diisikan sedikit-sedikit kedalam lembaran kulit, dicelupkan kedalam kocokan telur, dipanir dengan menggunakan tepung roti kasar dan digoreng.

KROKET

Resep Kroket terbuat dari kentang yang dihaluskan dan diisi adonan isi. Dibanding kroket dan lumpia, penampilan kroket jauh lebih "gemuk" dan kokoh, karena adonan kulitnya bukan berupa lembaran, tetapi kentang. Adonan kulit kroket adalah kentang kukus, ada juga yang menggunakan kentang goreng, yang dihaluskan dengan tambahan garam, merica, margarin dan susu bubuk. Adonan isi yang paling populer adalah daging giling yang dimasak dengan bumbu sop. Sama dengan risoles, sebelum digoreng, kroket juga dicelupkan ke kocokan telur dan diberi tepung panir dulu. Tetapi biasanya yang digunakan sebagai panir adalah tepung roti halus.

LUMPIA/LUMPIAH

Resep Lumpia terbuat dari kulit yang diisi adonan isi, dan digoreng. Penampilannya mulus dan kaku, rasanya juga lebih renyah atau garing crispy, karena tidak diberi tepung panir sebelum digoreng. Tekstur kulit lumpia tidak selembut tekstur kulit risoles, yang notabene adalah kulit crepe. Biasanya adonan kulit lumpia terbuat dari terigu, air, minyak dan garam, dari beberapa resep juga menyertakan putih telur yang didadar tipis-tipis di teflon. Ada juga kulit lumpia siap beli yang banyak dijual di supermarket swalayan dan pasar tradisonal, tapi hati-hati jangan sampai tertukar dengan kulit pangsit ya!. Adonan isi bervariasi, yang paling populer adalah isi sayuran (campuran taoge, wortel dan rebung) yang ditumis sampai matang. Adonan isi diisikan kedalam kulit dan langsung digoreng atau dimakan begitu saja, disebut Resep Lumpia Basah.

Di Indonesia, biasanya kroket adalah gumpalan pure kentang berisi daging cincang yang dibumbui dan dicampur dengan sayuran seperti wortel atau buncis. Kroket dilumuri kocokan telur dan tepung panir sebelum digoreng di dalam minyak goreng yang banyak. Macam-macam kroket di Indonesia dari bahan dan isi itu ada aneka isi kroket singkong, kroket kentang sosis, kroket ubi, kroket isi sayuran, kroket isi wortel, kroket isi daging, kroket isi ayam, kroket telor, dll.

Kroket ada di berbagai belahan negara di dunia

Spanyol : Croquettes, dibuat dari daging ayam, dan termasuk ke dalam makanan pembuka (tapas).
Brasil : Croquettes atau croquetes, umumnya dibuat dari daging sapi, dan dijual di Brasil sebagai hidangan dari Jerman.
Meksiko : Croquettes dibuat dari ikan tuna dan kentang.
Republik Ceko : Krokety, bundar-bundar dan kecil, dibuat dari kentang, telur, tepung terigu, dan mentega.
Kuba : dibuat dari ham, daging babi, daging ayam, atau kombinasi ketiganya.
Amerika Serikat : Di Tampa, Florida, kroket dibuat dari daging kepiting yang sedang musim, dan dilapis dengan tepung panir yang berasal dari Roti Kuba. Penduduk setempat menyebutnya deviled crab (croqueta de jaiba).[1]
Hongaria : Krokett, mirip dengan kroket di Republik Ceko, namun berbentuk lonjong dan sering diberi bumbu pala.
India : Alu-tikki adalah kroket kentang makanan khas India Utara yang dimakan sebagai makanan ringan. Sering juga disebut cutlet, dan bisa dijumpai di rumah makan siap saji.
Bangladesh : Mirip dengan Alu-tikki, tapi diberi nama Alu-chop dan di tengahnya diisi daging sapi.
Jepang : Korokke (コロッケ?) adalah makanan ringan yang populer, dan banyak dijual di pasar swalayan dan toko daging. Korokke dibuat dari kentang, dan umumnya berbentuk agak pipih. Isi kroket bisa bermacam-macam, mulai dari sayur-sayuran, daging sapi, babi, atau campuran daging babi dan sapi (aibiki). Selain itu, kroket berisi ragut daging kepiting (disebut kani korokke) dan udang juga populer. Menchi katsu (メンチカツ?) (minced cutlet) adalah sebutan untuk daging cincang yang dibalut tepung panir dan digoreng. Menchi katsu tidak dibuat dari kentang, dan bila tidak dinyatakan sebagai daging sapi, maka daging yang dipakai adalah campuran daging sapi dan babi.
Filipina : Croqueta adalah sebutan untuk kroket kentang dengan isi daging atau ikan.

Berikut merupakan resep kroket kentang panggang oven yang dibalur dengan campuran cornflakes oleh Fae Mom dikutip melalui food blog nya oishidesuyo.blogspot.com. Corn Flakes adalah salah satu jenis sereal. Sereal atau flakes ini terbuat dari jagung. Bentuknya pipih dan crispy. Singkatnya disebut sereal jagung.

RESEP KROKET KENTANG PANGGANG CORNFLAKE


BAHAN :
  • 500 gram kentang
  • 200 gram daging giling
  • 10 gram seledri
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdm bawang goreng
  • 1 sdm mayones
  • 1/2 bh bawang bombay, cincang
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • Garam dan merica bubuk secukupnya
  • Keju parut kasar secukupnya, untuk isian
BAHAN PENCELUP :
  • 1 sdm mentega leleh
  • 3 btr telur, kocok lepas
BAHAN BALURAN, CAMPUR :
  • 120 gram corn flakes, remuk kasar
  • 1/4 lada hitam
  • 1/4 bawang putih bubuk
  • 1/8 sdt paprika bubuk/cabe bubuk
  • Garam secukupnya
CARA MEMBUAT KROKET KENTANG PANGGANG CORNFLAKES :
  1. Cuci bersih kentang, kukus/rebus/goreng hingga empuk. Haluskan selagi panas. Sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay hingga layu, masukkan daging. Beri garam dan merica. Aduk-aduk hingga daging berubah warna. Angkat.
  3. Campur tumisan daging ke kentang halus. Tambahkan mentega, mayones, seledri, pala bubuk, garam, merica dan bawang goreng. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Ambil 1 sdm adonan, bulatkan, isi dengan keju parut. Celupkan ke kocokan telur, gulingkan ke bahan baluran. Tata di atas loyang kuker yang telah dialasi aluminium foil. Panggang pada suhu 120 °C, bolak-balik secara berkala hingga seluruh permukaannya berwarna kecoklatan makanan ini juga bisa juga digoreng tanpa oven.
  5. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KROKET KENTANG PANGGANG CORN FLAKES