CARA MEMBUAT SURABI KHAS BANDUNG TRADISIONAL

Resep Surabi Khas Bandung Tradisional Sunda Rasa Oncom Pedas dan Telur Sederhana Spesial Asli Enak. Banyak produk kuliner nusantara yang usianya diperkirakan lebih tua dari republik Indonesia ini. Salah satunya adalah kue surabi dan kue serabi serupa tapi tak sama. Perbedaan surabi dan serabi adalah rasa dan daerah asal jajanan kuliner tersebut. Ini resep surabi tradisional yang dijual ibu-ibu tua dipinggir jalan atau serabi klasik bukan kue serabi modern yang banyak dijual Abang-abang sekarang dengan serabi aneka rasa topping.

Foto Resep Surabi Bandung Tradisional Sunda Rasa Oncom Pedas dan Telur Asli Enak
Gambar Surabi Oncom Pedas dan Telor

Surabi Bandung adalah kue tradisional serabi khas Sunda yang rasanya asin gurih, bagian atasnya ditaburi bumbu oncom pedas, telur dan kombinasi oncom telur dimasak dengan cetakan surabi. Sedangkan serabi modern berasal dari Solo atau Surakarta yang dihidangkan dengan santan manis atau kinca dengan aneka rasa. Biasanya ukurannya lebih kecil sering disebut juga serabi mini khas Solo. Kini juga muncul di bandung kue serabi modern dengan aneka rasa kinca atau saus kuah dengan rasa buah seperti durian, keju, coklat, dll.

Namun kalangan umum mengenal surabi dan serabi kinca dengan sebutan surabi. Kinca sendiri merupakan cairan manis berwarna gelap yang terbuat dari larutan gula merah atau aren. Resep kali ini hanya membahas kue surabi tradisional dengan taburan oncom pedas dan telor surabi endog. Dimana kue surabi ini biasa dijual oleh ibu-ibu tua dipinggir jalan dengan cetakan sederhana menggunakan kayu bakar. Kini mulai langka dan susah menemukan penjual surabi tradisionil ini makannya paling enak dengan resep rempeyek udang rebon, rempeyek ikan teri, atau dengan rempeyek kacang tanah. Jika ada sambal pedas tambah mantap. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi serabi Bandung bersarang dan berserat takaran sendok lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simpel, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue serabi tradisional khas Sunda.

RESEP SURABI BANDUNG


BAHAN :
  • 200 gram tepung beras
  • 600 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • 150 gram kelapa muda parut memanjang
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
BAHAN PELENGKAP :
  • Telur/telor ayam
  • Oncom pedas
  • Keripik udang rebon atau rempeyek kacang
CARA MEMBUAT ADONAN DASAR SERABI :
  1. Campurkan tepung beras bersama santan, setelah merata diamkan selama 30 menit, lalu tambahkan sisa bahan lainnya.
  2. Panaskan cetakan serabi/wajan kecil, tuang adonan sebanyak 1 sendok makan, tambahkan adonan perasa di atasnya.
  3. Masak hingga kering (adonan masak), angkat.
  4. Sajikan.

CARA MEMBUAT SURABI KHAS BANDUNG TRADISIONAL