CARA MEMBUAT SAYUR DAUN KELOR SANTAN


Resep Sayur Daun Kelor Santan Uta Kelo Khas Kaili Palu Sederhana Spesial Asli Enak. Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang punya kaya gizi diantaranya Vitamin A sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh balita agar ia memiliki kesehatan mata yang baik mencegah silinder maupun mata plus-minus. Selain itu kandungan kalsium dalam daun ini juga baik untuk mencegah osteoporosis pada saat dewasa. Tak cuma itu, khasiat dan manfaat daun kelor baik untuk ibu mengandung, bahwa sayur bening daun kelor ini pun baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menambah Air Susu Ibu (ASI). Cara mengolah daun kelor bisa dimasak kuah santan, dimasak dengan kuah bening dengan campuran sayur lain, misalnya ubi jalar, jagung, wortel, dll.

Foto Resep Sayur Daun Kelor Santan Uta Kelo Khas Kaili Palu Asli Enak
Gambar Sayur Daun Kelor Santan Uta Kelo Khas Kaili Palu

Menurut situs Wikipedia kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur masak santan maupun tanpa santan yaitu masak bening atau kuah bening.

Uta Kelo (sayur kelor) adalah sayur khas tanah kaili (Palu-Sulawesi Tengah, Sulteng), sesuai namanya sayur ini dibuat dari bahan utama daun kelor muda yang dimasak santan dengan beberapa bahan tambahan lainnya. kota Palu sangat identik dengan sayuran ini.

Kelor atau Moringa Oleifera ini memiliki beragam manfaat, mulai dari daun, bunga, hingga bijinya. Kegunaan yang dikenali secara tradisional di tanah air yakni sebagai bahan makanan/sayuran, lalapan, dan manfaat daun dan biji sebagai bahan obat herbal.

Nama umum Indonesia: Kelor, limaran (Jawa) Inggris : Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree Melayu : kalor, merunggai, sajina Vietnam : Chùm ngây Thailand : ma-rum Pilipina : Malunggay. Berikut resepi sayur daun kelor masak kuah santan yang mudah dan praktis lengkap bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) sajian sedap istimewa. Dunia tidak selebar daun kelor.





RESEP SAYUR DAUN KELOR SANTAN


BAHAN :
  • 3 tangkai daun kelor, petik-petik
  • 1 ubi merah kupas, potong kotak
  • 2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 buah cabai merah, buang biji, iris
  • 1 sendok teh ketumbar halus
  • Gula
  • Garam
  • Bumbu penyedap rasa
BUMBU HALUS :
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 2 butir kemiri
CARA MEMASAK SAYUR DAUN KELOR SANTAN :
  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih, kencur, dan kemiri.
  2. Campur bumbu halus dengan santan dan masak dengan ubi merah sampai empuk.
  3. Masukkan daun kelor, garam, gula, penyedap.
  4. Masukkan cabai merah. Angkat.
  5. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SAYUR DAUN KELOR SANTAN