CARA MEMBUAT KETOPRAK JAKARTA KHAS BETAWI


Resep Ketoprak Jakarta Khas Betawi Sederhana Spesial Asli Enak. Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia menggunakan aneka olahan ketupat sayur yang mudah dijumpai di Jakarta dengan bumbu saus kacang. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong oleh Abang-abang di jalan-jalan atau di kaki lima pinggir jalan. Ketoprak merupakan makanan asli Indonesia. Walaupun begitu ada juga ketoprak Solo, ketoprak Cirebon, ketoprak Ciragil yang paling enak, ketoprak Bandung. ketoprak Palembang, ketoprak ayam Semarang, dll, mungkin maksudnya Abang2 yang buka usaha jualan ketoprak di kota-kota tersebut bisa saja orang betawi asli atau orang Jakarta atau mungkin telah dimodifikasi, seperti ketoprak Saridin, bahkan saking populernya ada istilah ketoprak humor dan Kethoprak Siswo Budoyo.

Foto Resep Ketoprak Jakarta Khas Betawi Asli Enak
Gambar Ketoprak Jakarta Khas Betawi

Menurut situs Merdeka makanan ketoprak ini berasal dari daerah mana masih misterius dan simpang siur begitu juga dengan sejarah asal-usul mulanya resep ketoprak Cirebon dan ketoprak Jakarta. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut. Siapa yang tak tahu makanan Ketoprak. Khusus di Jakarta, makanan ini dapat dengan mudah ditemui di kaki lima jalanan Jakarta, Jawa, Bandung, Solo, dll.

Mirip seperti panganan pecal, ketoprak juga berkuah kacang. Bedanya, terletak pada bahan yang disajikan. Jika pecal mayoritas sayuran, lain halnya dengan ketoprak yang hanya menyajikan ketupat dan toge. Di beberapa pedagang, kadang ditambahkan soun, tahu, bahkan telur. Agar semakin sedap, tak lupa ditaburkan bawang goreng.

Meski mudah ditemui di Jakarta, nyatanya asal usul makanan ini masih dipertanyakan. Sebagian orang meyakini ketoprak menjadi salah satu makanan khas Betawi, suku mayoritas warga Jakarta. Namun ada juga yang menyebut makanan ketoprak berasal dari daerah Cirebon. Pendapat lain mengatakan, ketoprak justru berasal dari Jawa Tengah. Belum ada bukti pasti yang menegaskan bahwa satu di antara ketiga daerah itu menjadi asal lahirnya makanan ketoprak.

Selain asalnya yang masih misterius, hal unik lain dari makanan ketoprak adalah soal namanya. Banyak pendapat soal dari mana nama ketoprak muncul. Ada yang menyebut ketoprak merupakan singkatan dari ketupat toge dan digeprak.

Sebaliknya, bisik-bisik lain menyebut penamaan ketoprak bermula ketika seorang pria yang ingin makan. Kemudian, dengan bahan makanan yang ada saat itu seperti ketupat dan toge, dia coba meramu dengan menambahkan sejumlah bahan. Dia mengambil bawang putih, cabai rawit dan beberapa butir kacang, lalu digiling dengan ditambahkan sedikit air.

Ketupat dan toge itu kemudian dicampurkan ke dalam gilingan kacang yang menjadi kuah. Setelah dia sajikan di piring, pria itu belum mempunyai ide menamakan apa makanannya itu. Sambil terus berpikir, piring yang dipegang terjatuh dan bunyi 'ketuprak' Bunyi piring yang jatuh kemudian menginspirasinya memberikan nama untuk campuran ketupat, toge dan kuah kacang itu menjadi ketoprak. Lagi-lagi, belum ada yang memastikan benar tidaknya ragam pendapat itu.

Hal unik lainnya tentang ketoprak bukan hanya namanya. Melainkan jenis gerobak yang biasa dipakai pedagang. Gerobak pedagang ketoprak mempunyai model yang sama berbentuk seperti perahu. Tak sekadar gerobaknya yang sama, penggunaan dan penyusunan segala perkakas di atas gerobak juga sama. Salah satu yang pasti ada di gerobak ketoprak adalah panci stainless, kemudian penggorengan di bagian ujung gerobak, kaleng biskuit bekas untuk kerupuk dan cobek kayu.

Pastikan hal sepele ini tak banyak diperhatikan para pencinta ketoprak. Sebab kenikmatan ketoprak sudah terlalu mengacaukan konsentrasi kita. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ketoprak Cirebon komplit sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis warung ketoprak Khas Cirebon.

Komponen utamanya adalah tahu, bihun, mentimun, taoge dan bisa juga memakai telur rebus yang dilengkapi dengan bumbu saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya, kalau di Bandung namanya ketupat sayur. Alat yang digunakan untuk mengolah ketoprak tidaklah sulit anda hanya butuh Ulekan dan pisau. Ada yang bilang ketoprak itu merupakan singkatan dari “Ketupat, Tahu, Toge, bihun praktis. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ketoprak khas Jakarta dan khas Cirebon lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis warung ketoprak dan gerobak ketoprak.





RESEP KETOPRAK SAYUR


BAHAN :
  • 5 buah tahu putih ukuran 6 x 6 x 2cm
  • 50 gram bihun, rendam air dingin sampai lunak, tiriskan
  • 250 gram taoge, siangi, cuci bersih, seduh dengan air panas, angkat
  • 4 buah ketupat
BAHAN SAUS KACANG :
  • 250 gram kacang tanah, goreng, haluskan
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit merah, goreng sebentar
  • 100 ml air hangat
  • 1 sdt garam
  • Kecap manis Bango, secukupnya
BAHAN PELENGKAP :
  • Resep Bawang goreng renyah
  • Irisan seledri
CARA MEMBUAT KETOPRAK JAKARTA KHAS BETAWI :
  1. Goreng tahu hingga setengah matang, angkat, kemudian tiriskan. Potong- potong menurut selera.
  2. Saus: haluskan bawang putih, cabai rawit dan garam. Tambahkan kacang, air, dan kecap manis Bango, kemudian haluskan. Aduk rata, sisihkan.
  3. Ambil piring. Susun ketupat, bihun, taoge, dan tahu. Tuang saus kacang, kemudian beri kecap manis Bango. Taburkan bawang goreng, irisan seledri dan kerupuk merah.
  4. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KETOPRAK JAKARTA KHAS BETAWI