CARA MEMBUAT KENTANG MUSTOFA RENYAH KRIUK


Resep Kentang Mustofa Renyah Goreng Kering Garing Pedas Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak. Kentang Mustofa adalah jenis olahan kentang goreng kering krispi sambal balado spesial terkenal di Bandung yang diiris tipis-tipis seukuran lidi korek api rasanya bisa disesuaikan selera misalnya pedas, manis, atau pedas manis, atau super pedas hot, sebagai menu pendamping nasi ataupun buat cemilan oke banget Bunda. Kalau daerah lain ada aneka kreasi dan variasi lain misalnya dikombinasikan atau dicampur dengan kacang tanah goreng, tempe goreng, bahkan ada juga dengan ikan teri goreng. Namun berbeda dengan kentang mustofa khas Sunda yang telah menjadi cemilan favorite di Bandung.

Foto Resep Kentang Mustofa Renyah Goreng Kering Asli Enak
Gambar Kentang Mustofa Renyah Goreng Kering Garing

Sejarah atau asal usul kentang mustofa goreng kering ini masih kelam dalam arti masih misteri siapa yang menciptakan makanan selezat ini dan segaring ini yang jelas kentang renyah garing ini selalu ada pada acara prasmanan hajatan kenduri dan pesta sampai acara aqiqah anak dan selamatan serta masuk ke dalam daftar menu catering di jasa catering service Bandung, khususnya di tanah Sunda, seperti Bandung dan daerah Jawa Barat lainnya malah urang Sunda menyebutnya dengan kentang Mustopah sedangkan di daerah lain ada yang menamainya Ben Cok. Malah katanya asli namanya adalah dengan sebutan Mustopa dan akhirnya keren dengan nama Mustofa. Kita tidak perlu pusing asal mula namanya anggap saja yang menemukan makanan kentang goreng ini adalah Pak Mustofa atau mungkin Bu Mustofa yang ahli memasak tingkat tinggi atau sekedar nama spontan saja. Ada dugaan hanya sekedar Merk dagang jualan kentang kering yang sudah bernama mustopa di Ciamis, jauh sebelum tahun 1960 katanya saya juga belum lahir. Baca juga : Resep Kentang Tumbuk

Tidak heran berbagai versi resep kentang mustofa pun bermunculan di Internet mulai dari hanya menebak-nebak dan mereka-reka baik dari penggunaan kentang, bumbu yang digunakan dan proses pembuatannya yang rumit, padahal membuat kentang kering itu sangat sederhana dan mudah sekali kata ncc, masalah sebutan nama bebaslah mau mustopa, mustofa, abdullah, ahmad, bahkan pakai nama sunda Asep atau Sule, karena saya yakin semua orang bisa membuatnya walaupun rasanya dan tingkat kerenyahannya berbeda tapi kita hargai masakan kita. Setuju? jika setuju silahkan coba resep kentang kering mustofa alias kentang mustofa atau kentang goreng renyah garing dan crispy lengkap dengan proses dan panduan anti gagal dan pasti berhasil, karena resep ini sudah dicoba di dapur Carabuatresep dan berhak tampil secara elegan tanpa bekgron ledakan di blog CBR yang super keren ini. Selamat bikin kentang goreng sendiri di rumah sambil nonton pertandingan sepak bola final piala presiden Persib Vs Sriwijaya FC 18 Oktober 2015.





RESEP KENTANG MUSTOFA


BAHAN UTAMA :
    Foto Alat Vegetable Cutting/Cutter Alat Pemotong Sayur
    Alat Vegetable Cutting/Cutter atau Alat Pemotong Sayur
  • 4 buah kentang ukuran besar, kupas, parut, dan cuci bersih sampai air bening, tiriskan sampai kering (parut menggunakan alat vegetable cutting atau vegetable cutter alat pemotong sayur manual) tapi hati-hati menggunakan alat ini jangan sampai tangan Bunda ikut keparut.
  • 250 gram teri putih goreng, tiriskan (ini boleh tidak pakai)
BUMBU HALUS :
  • 10 buah cabe merah
  • 8 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 4 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • Penyedap rasa gurih bila suka
  • Blender tanpa air atau ulek disini saya memilih dengan cara diulek tradisional
BAHAN PELENGKAP :
  • 200 gram kacang tanah goreng (boleh tidak pakai)
  • Minyak goreng untuk menggoreng
CARA MEMBUAT KENTANG MUSTOFA KERING RENYAH :
  1. Panaskan wajan atau kuali penggorengan sampai panas tuangkan minyak goreng. Tunggu sampai panas segera goreng kentang tanpa sering dibolak balik cukup 2-3 kali balik biar tidak gosong saja.
    Foto Tips Cara Menggoreng Kentang Mustofa Agar Renyah
    Gambar Tips Cara Menggoreng Kentang Mustofa Agar Renyah
  2. Biarkan sampai warna kentang menguning, Angkat, tiriskan.
  3. Tuang minyak masukkan kacang goreng, serai, jika suka kemudian bumbu giling.
  4. Matikan api tuang kentang goreng, aduk bumbu pelan-pelan.
  5. Biarkan di kuali beberapa menit. Angkat dan masukkan kedalam toples atau tupperware kedap udara jika sudah dingin.
TIPS & TRICKS :
  • Perlu diperhatikan dalam merendam kentang atau mencuci kentang jangan tambahkan GARAM atau zat apapun. Garam bersifat air pada saat digoreng garam akan memuai dalam panas bisa menyebabkan kentang akan menjadi lengket dan menggumpal.
  • Cukup cuci kentang sampai benar-benar bersih tandanya sampai air cucian bening, karena endapan dalam kentang saat dicuci tersebut adalah sejenis sari dari kentang atau tepung kentang, jika proses mencuci tidak bersih kentang tidak bersih kentang akan lengket saat digoreng.
  • Pada bumbu giling/ulek jangan menambahkan air saat menggiling bumbu, karena saat digoreng dan tercampur dengan kentang dipastikan kentang akan melempem saat final pembuatan kentang mustofa.
  • Insha Allah hasil dari kentang goreng ini tidak alot atau melempem dan renyah tahan lama sampai 1 bulan, warna cantik, minyak tidak menempel.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KENTANG MUSTOFA RENYAH KRIUK