CARA MEMBUAT NASI GORENG KAMBING SEDERHANA


Resep Nasi Goreng Kambing Sederhana Spesial Asli Enak. Tips cara memilih daging kambing untuk bahan campuran untuk dimasak nasi goreng yaitu, pilihlah daging kambing muda segar agar cepat empuk ketika dimasak atau buang serat-serat daging agar daging tak keras. Sedangkan untuk nasi tipsnya gunakan nasi yang dimasak sehari sebelumnya. Supaya lebih sedap gorenglah dengan menggunakan minyak samin supaya dapat khas Arabnya. Sedangkan bahan-bahan lain yang kita gunakan supaya masakan lebih sedap gunakan kaldu kambing tapi kalau tidak ada boleh gunakan air matang saja lebih sederhana dengan rasa istimewa yang lezat.

Foto Nasi Goreng Daging Kambing Spesial Arab Kebon Sirih Lezat
Gambar Nasi Goreng Kambing Pedas

Nasi goreng khas Timur Tengah ini menggunakan daun bay yang sepintas mirip daun salam tapi bukan. Apa itu daun bay (bay leaf)?. Bay leaf ( Laurus nobilis ) adalah bumbu masakan Eropa dan sebagian negara Timur Tengah. Daun bay sering digunakan dalam keadaan kering maupun segar. Di Eropa, daun dari tanaman berkayu keluarga Lauraceae ini sangat populer sebagai bumbu masak. Seperti di Prancis, daun bay biasanya dibuat bouquet garni, yaitu aneka bumbu dasar kaldu yang diikat menjadi satu dan digunakan sebagai bumbu membuat kaldu. Baik kaldu daging, ayam maupun ikan. Sup, hidangan daging panggang, olahan seafood dan unggas juga sering ditambahkan daun bay sebagai penambah aroma. Penggunaan daun ini sekitar 2-3 lembar untuk masakan, atau satu sendok teh jika digunakan dalam bentuk bubuk setiap 1 liter kaldu. Aroma wangi dari daun bay leaf membuat masakan lebih menggugah selera. Sedangkan Daun Salam dengan nama latin (Syzygium polyanthum). Daun salam populer di dapur Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Thailand. Daun salam biasanya digunakan dalam keadaan segar, namun beberapa daerah menggunakannya dalam keadaan kering. Penggunaannya dalam bentuk utuh. Tambahkan 2-3 lembar daun salam untuk masakan berkuah santan atau kaldu sebanyak 1 liter. Dalam kuliner Indonesia, daun salam banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Seperti sayur asem, lodeh, pepes, gulai, kari, nasi kuning, sup bahkan bubur gurih. Aroma harum khas daun salam menbuat masakan lebih harum dan sedap. Konon selain sebagai bumbu masakan, daun salam juga dipercaya dapat sebagai obat diabetes, radang lambung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah.

Keterangan diatas adalah perbedaan bumbu daun salam dan bay leaf menurut Master Chef Budi Budi Sutomo, S.Pd di blog pribadinya Budiboga.blogspot.com. Bahwa banyak orang yang salah kaprah mengira bay leaf adalah daun salam. Sepintas memang mirip, namun kedua jenis bahan bumbu daun ini memiliki aroma dan kegunaan yang berbeda. Literatur luar memang sering menyebut daun salam sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. Namun yang dimaksud Indonesian bay leaf adalah daun salam dengan nama ilmiah Syzygium polyanthum, bukan bay leaf dengan nama latin Laurus nobilis.

Aneka olahan kreasi dan variasi nasi goreng kambing praktis sajian sedap tidak begitu banyak Abang-abang yang menjualnya, Ada beberapa penjual nasi goreng kambing lezat dengan resep khusus, diantaranya, nasi kambing kebon sirih Jakarta, nasi kambing arab, nasi goreng minyak samin, nasi goreng kambing pedas, nasi goreng kambing spesial, nasi goreng kambing bumbu kari, nasi goreng kambing betawi, nasi goreng kambing ala Arab, dll. Selera pedas cukup tambahkan potongan cabe rawit ijo/merah atau pakai pelengkap sambal pedas hot. Berikut resepi nasi goreng kambing bumbu kari istimewa paling enak lengkap dengan cara bikin sendiri yang mudah dan praktis di rumah ala rumahan (Homemade).

RESEP NASI GORENG KAMBING


BAHAN-BAHAN :
  • 300 gram daging kambing, diiris tipis atau dipotong kotak-kotak kecil
  • 450 gram nasi matang atau nasi sisa kemarin
  • 100 gram minyak samin
  • 100 ml kaldu kambing atau boleh air matang
  • 2 cm kayu manis
  • 1 lembar daun bay ( semacam daun salam tapi bukan daun salam)
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Nasi Goreng

BUMBU HALUS :
  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 biji cabe merah
  • 2 biji cabe rawit merah
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
  • 1/4 sdt jintan bubuk
  • 2 biji cengkeh, dihaluskan
  • 2 biji kapulaga, dihaluskan
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam secukupnya
CARA MEMASAK NASI GORENG KAMBING :
  1. Panaskan minyak samin di dalam wajan, masukkan kayu manis, daun bay, dan bumbu halus lalu tumis ingga harum. Tambahkan daging kambing ke dalamnya, kemudian aduk-aduk hingga bumbu merata.
  2. Tambahkan kaldu kambing, biarkan mendidih hingga daging kambing matang dan kaldu agak mengental.
  3. Masukkan nasi dan kecap manis serta garam ke dalamnya, aduk-aduk hingga tercampur merata dan nasi agak mengering.
  4. Siap disajikan dengan acar timun wortel mentah dan emping/kerupuk.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT NASI GORENG KAMBING SEDERHANA