CARA MEMBUAT TAHU BULAT KOPONG PEDAS

Resep Tahu Bulat Goreng Kopong Pedas Mengembang Khas Tasikmalaya Sederhana Spesial Ala Abang-abang Asli Enak. Ternyata tahu bulat goreng keliling simple itu pertamakali diperkenalkan di Tasikmalaya, Jawa Barat kemudian menyebar ke ciamis, bandung dan sekitar Sunda Jawa barat dan ke seluruh Indonesia oleh orang-orang tasik. Agar mengembang lembut dan empuk perhatikan teknik cara menggorengnya, yaitu dengan api sedang cenderung kecil, sambil diaduk-aduk agar bisa mengembang sempurna dan lebih crispy atau renyah untuk kulitnya, biasanya abang-abang tahu jualan pakai gerobak digoreng dadakan menggunakan tusuk bambu berbeda abang-abang yang menggunakan mobil pickup tahu bulat digoreng di mobil berkeliling di setiap komplek perumahan, pasar, dan perkampungan tahu bulatnya mudah kempes dan peot. Wakwaw!.

Foto Resep Tahu Bulat Goreng Kopong Bumbu Pedas Bubuk Khas Tasikmalaya Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tahu Bulat Goreng Bumbu Pedas

Baca juga : Resep Tahu Gejrot
Baca juga : resep tahu crispy

Foto Tahu Bulat Goreng Tasikmalaya Kopong Banget
Gambar Tahu Bulat Kopong

Tahu bulat agar pedas diberi cabai bubuk untuk rasa pedas tergantung selera level atau tingkatan kepedasan, misal tahu bulat bumbu rica rica dan supaya gurih menggunakan bumbu penyedap secukupnya khas bumbu tahu bulat goreng. Anda bisa membaca resep tahu bulat ncc, asian, mp3 dan tahu bulat misihu. Aneka variasi atau varian tahu bulat ada jenis tahu bulat keriting. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi tahu bulat khas Sunda, Bandung 500 an khas Jawa Barat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan ide usaha bisnis tahu bulat keliling pakai mobil atau gerobak dorong atau rombong, sehingga anak tidak jajan sembarangan dan jajanan lebih aman dan lebih sehat harga ekonomis murah meriah.

RESEP TAHU BULAT GORENG


BAHAN :
  • 6 buah tahu putih
  • 4 siung Bawang putih
  • 2 butir Telur ayam
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak goreng
CARA MEMBUAT TAHU BULAT KHAS TASIKMALAYA :
  1. Haluskan bawang putih, lalu sisihkan.
  2. Hancurkan tahu sampai halus, setelah itu peras tahu menggunakan kain bersih hingga tak berair.
  3. Masukkan bawang putih, telur, merica dan penyedap rasa ke dalam tahu yang telah diperas, setelah itu aduk rata. Kemudian tambahkan terigu sedikit jika adonan tidak bisa dibentuk atau terlalu cair.
  4. Bentuk adonan tahu berbentuk bulat-bulat sebesar bola ping pong,
  5. Panaskan minyak goreng dengan api sedang dan menggorengnya jangan terlalu lama agar tahu bulat tidak meletus atau pecah.
  6. Tahu bulat goreng kopong super pedas hot siap disajikan bersama sambal pedas.
TIPS & TRICKS :

Cara untuk mendapatkan hasil tahu bulat yang maksimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil penggorengan tahu bulat agar mengembang :
  • Penyimpanan, Usahakan untuk menyimpan tahu bulat didalam lemari es atau cooler box. Biarkan kurang lebih 10 menit setelah tahu bulat dikeluarkan dari kulkas agar tahu bulat dapat mengembang dengan baik pda saat digoreng. Jangan menyimpan tahu bulat di dalam freezer karena tahu tidak akan mengembang maximal apabila dibekukan di dalam freezer. Usahakan agar mengambil tahu bulat secukupnya untuk digoreng, jangan memasukan kembali sisa tahu bulat ke dalam kulkas atau cooler.
  • Minyak penggorengan, Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan minyak goreng dengan kualitas yang baik, minimal gunakanlah minyak dengan kualitas sedang. Usahakan untuk menggunakan minyak baru yang hanya digunakan untuk menggoreng tahu bulat saja dan gunakan maksimal antara 4-5 kali penggorengan dan ganti setelah lebih dari 5 kali penggorengan. Apabila minyak digunakan bersama untuk menggoreng makanan lain usahakan diganti setelah digunakan 3-7 kali.
  • Suhu minyak, Pada saat menggorengnya sebaiknya suhu dijaga agar tidak terlalu panas, apabila suhu terlalu panas maka tahu bulat akan pecah/meletus.
  • Suhu api, Tahu bulat akan maksimal hasilnya jika digoreng menggunakan api kecil. Pada penggorengan pertama minyak dirasa sudah cukup panas suhunya sebaiknya api dikecilkan (shallow frying).
  • Waktu penggorengan, Lamanya waktu penggorengan sebaiknya 15 menit karena apabila lama penggorengan kurang dari 15 menit tahu bulat akan kempes kembali beberapa saat setelah diangkat dari penggorengan.
Tahu bulat tidak hanya lezat dinikmati sebagai cemilan dengan cara digoreng tetapi bisa diolah dengan cara lain sebagai keripik tahu. Pembuatannya pun tergolong praktis, tahu bulat yang sudah digoreng matang digunting menjadi 2 bagian dan diambil bagian tengahnya kemudian digoreng kembali sampai benar-benar kering. Selain bisa tahan sampai 1,5 bulan lebih dan pengolahan dengan cara dibikin keripik dapat menaikkan nilai ekonomis dari tahu bulat Tasikmalaya. Sekarang sudah ada permainan game tahu bulat di Android silahkan download di Google Playstore.

CARA MEMBUAT TAHU BULAT KOPONG PEDAS