CARA MEMBUAT SAYUR BENING OYONG KACANG PANJANG

Resep Sayur Bening Oyong (Kisik) Kacang Panjang Wortel Sederhana Spesial Asli Enak. Makan sayur harus dibanyakin jangan makan daging terus tiap hari, tapi harus diimbangi makan sayur segar. Sayur bening oyong kacang panjang bisa dicampur dengan wortel, bayam ataupun jagung manis paling enak dimakan dalam keadaan panas atau hangat.

Foto Sayur Bening Oyong Campur Kacang Panjang dan Wortel Spesial
Gambar Sayur Oyong Kuah Bening

Menyajikan aneka olahan sayuran segar adalah kebutuhan akan masakan sehari-hari. Tubuh kita butuh serat dari sayur mayur. Oyong atau Gambar atau Kisik (Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae), adalah komoditi sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur. Gambas masih sekerabat dengan belustru (Luffa aegyptiaca). Sayur oyong atau Buah Oyong adalah sebutan bagi orang Sunda.

Khasiat dan Manfaat Oyong Kisik atau gambas dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Sunda Jawa Barat sebelum naik haji. Manfaat ini didapat dari kandungan cucurbitasin di dalam bijinya. Tak hanya berkasiat bagi diabetes, oyong dapat menyembuhkan penyakit semisal, Radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI). Oyong juga dikonsumsi untuk mencegah pilek, meredakan radang sendi, nyeri otot, serta menormalkan siklus menstruasi. Daging buahnya bisa digosokkan ke kulit untuk membuang sel mati. Namun manfaat ini belum diteliti terlalu jauh. Untuk setiap 100 gram, oyong mengandung 1.09 g protein, 17 mg calcium,1.6 mg iron, 5.6 lU vitamin A, 7 mg vitamin C.

Berikut resep sayur sederhana lengkap dengan cara memasaknya.

RESEP SAYUR OYONG BENING


BAHAN :
  • 2 buah oyong, dikerat kulitnya, dipotong tebal 1cm
  • 100 gram wortel, dipotong bulat 1/2 cm
  • 6 lonjor kacang panjang, dipotong 3 cm
  • 4 butir bawang merah, diiris tipis
  • 8 cm temu kunci, dimemarkan
  • 5 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 3.000 ml air
  • 1/2 sendok makan bawang goreng untuk taburan
CARA MEMASAK SAYUR BENING OYONG KACANG PANJANG :
  1. Didihkan air. Masukkan bawang merah dan temu kunci. Rebus sampai harum.
  2. Masukkan oyong, wortel, dan kacang panjang. Aduk sampai empuk.
  3. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk sampai mendidih.
  4. Sajikan untuk 7 porsi.

CARA MEMBUAT SAYUR BENING OYONG KACANG PANJANG