CARA MEMBUAT TAHU GEJROT KHAS CIREBON


Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon Sederhana Spesial Asli Enak. Tahu gejrot adalah hidangan sederhana makanan khas cirebon asli yang terbuat dari tahu pong yang digoreng lalu dipotong-potong dengan kuah gula merah, kecap manis dan asam jawa kemudian ditaburkan bumbu khas bawang merah dan cabai rawit diatasnya, lalu siap dihidangkan. Aneka oalahan tahu goreng ini memang sederhana semua orang bisa membuatnya tapi yang spesial dari masakan tahu ini yaitu penggunaan tahu pong yang sulit didapatkan di daerah lain. Jadi tidak usah khawatir karena tahu bisa diganti dengan tahu apa aja, seperti tahu sumedang, tahu susu, tahu jepang, dan tahu biasa yang penting bisa menikmati sensasi tahu gejrot dengan kuah dan bumbu khasnya. Hanya saja tahu pong memiliki khas kosong tanpa isi atau berongga-rongga didalam tahunya mungkin diambil dari kata kosong melompong. Pada umumnya tahu pong ini mudah didapat di daerah Jawa dan Cirebon, seperti semarang, kediri, dan sekitarnya.

Foto Tahu Gejrot Sederhana Spesial
Gambar Tahu Gejrot Cirebon

Menurut situs wikipedia Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Indonesia. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe rawit hijau, bawang putih, bawang merah, gula. Biasanya disajikan di layah kecil. Tahu gejrot juga merupakan jajanan khas daerah Cirebon yang digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas. Tahu gejrot ialah tahu yang dipotong kecil-kecil kemudian ditaruh di atas piring kecil dan tahu yang digunakan ialah resep tahu sumedang. Cara memakannya pun unik, yakni dengan satu lidi kecil atau tusuk gigi, kemudian tusuk bagian tahu yang telah dipotong-potong itu. Saat ini tahu gejrot telah menyebar ke seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Malang, Depok, Surabaya dan beberapa tempat di kota-kota besar lainnya di Indonesia.






RESEP TAHU GEJROT


BAHAN :
  • 8 butir Tahu (boleh memakai tahu sumedang, tahu pong atau tahu biasa)
  • 2 sdm air asam jawa menggunakan air matang
  • 25 ml kecap manis
  • 12,5 gram gula merah
  • 125 ml air
BUMBU KASAR :
  • 5 buah cabai keriting ijo ulek kasar (sesuai selera pedas)
  • 5 buah cabe rawit ijo di ulek kasar (sesuai selera pedas)
  • 2 siung bawang merah, ulek kasar
  • 1 siung bawang putih, ulek kasar (jika tidak suka bawang putih jangan pakai)
CARA MEMASAK TAHU GEJROT SEDERHANA ENAK :
  1. Rendam tahu selama 15 menit pada air yang telah diberi garam secukupnya kemudian goreng tahu dan tiriskan minyak gorengnya.
  2. Campurkan kecap manis, gula merah, air asam jawa dan air menjadi satu lalu diaduk hingga rata sambil dimsak menggunakan api kecil, jika sudah mendidih matikan api dan dinginkan.
  3. Sajikan tahu dengan cara meletakkannya pada wadah atau piring kemudian beri bumbu yang telah dihaluskan dan siram dengan kuah pedas special.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TAHU GEJROT KHAS CIREBON