CARA MEMBUAT RUJAK DEGAN


Resep Rujak Degan Khas Yogyakarta Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman rujak degan kelapa muda ini adalah minuman segar tradisional dari bahan utama kelapa muda dengan air kelapa asli bisa juga menggunakan inovasi dan aneka kreasi degan kw atau kelapa muda imitasi ala rumahan. Masing-masing daerah akan berbeda-beda mengolah dogan ini, misalnya Jepara, Jawa Tengah, Jogja dan kota Solo, biasa disebut es rujak degan kelapa muda yang segar diminum pada saat berbuka puasa Ramadhan hari ini begitu menyegarkan atau bisa dijadikan minuman sehari-hari di rumah, bahkan cocok untuk minuman ala warung es.

Foto Rujak Degan Enak
Gambar Rujak Degan

Rujak degan sirup adalah Menu berbuka puasa atau resep takjil khas Jepara, Jateng. Kelapa muda yang diberi sirup merk Agung. Sirup daerah yang rasanya beda dengan sirup nasional seperti ABC, Marjan, dll. Kali ini Saya bukan membahas rujak degan khas Jepara melainkan Resep rujak degan biasa menggunakan air kelapa dan pemanis pakai gula merah jadi tidak pakai sirup, cincau, nata de coco, dll, sedangkan fungsi garam adalah selain menambah rasa yang enak dan juga untuk mempertahankan kesegaran.

Menurut situs Wikipedia rujak Degan Jepara adalah minuman khas dari Kabupaten Jepara. Rujak Degan Jepara biasanya dihidangkan saat bulan Ramadhan tepatnya untuk santapan berbuka puasa. Rujak Degan Jepara biasa di jadikan untuk berbuka puasa, karena ion dalam air buah kelapa bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Rujak degan bisa disajikan panas atau hangat, jika suka dingin bisa ditambah es batu menjadi es rujak degan. Seiring perkembangannya Rujak Degan Jepara mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia.

Es batu di dalam gelas dengan adanya garam akan lebih cepat mencair daripada es batu tanpa adanya garam. Garam yang ditambahkan pada es batu akan dapat menurunkan titik leleh es batu. Karena itu, es batu dengan adanya garam akan lebih cepat mencair daripada es batu tanpa adanya garam. Es batu tanpa danya garam akan tetap mencair akibat panas yang berasal dari lingkungan. Panas ini juga mempengaruhi mancairnya es batu dengan garam. Akibatnya, air yang ada di dalam gelas yang berisi es batu dan garam lebih banyak daripada gelas yang berisi es batu tanpa adanya garam. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi dan cara bikin rujak degan sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis minuman rujak degan aneka rasa.





RESEP RUJAK DEGAN


BAHAN :
  • 300 gram kelapa muda serut lebar
  • 1 ltr air kelapa muda
  • 250 gram gula merah, serut
  • 300 ml air
  • 2 lbr daun pandan
  • Garam secukupnya
CARA MEMBUAT RUJAK DEGAN :
  1. Rebus air bersama gula merah, daun pandan, dan garam hingga mendidih kemudian saring. Dinginkan atau bisa tambahkan es batu secukupnya.
  2. Siapkan gelas. Masukan larutan gula merah, kelapa serut, dan air kelapa muda.
  3. Sajikan panas/hangat atau dingin tambahkan es batu untuk 4 porsi gelas tinggi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT RUJAK DEGAN