CARA MEMBUAT PEMPEK PANGGANG IKAN TENGGIRI LEMBUT


Resep Pempek Panggang Palembang Sederhana Lembut Spesial Sagu Ikan Tenggiri Asli Enak. Sudah lama tak makan pempek panggang Palembang atau pempek bakar paling enak ini terakhir tahun 2012 di Bengkulu. Dulu ini jajanan khas palembang yang sering mangkal di depan sekolah suami sewaktu SD biasanya yang jual Abang-abang atau ibu-ibu dengan gerobak lengkap dengan pemanggangnya, baunya harum mewangi siapapun yang lewat kayaknya pasti mampir. Sebetulnya pempek panggang sagu ini juga bisa dibuat pakai ikan tenggiri dan tanpa ikan atau pempek panggang DOS istimewa.

Foto Pempek Panggang Wong Palembang Asli Enak
Gambar Pempek Panggang dan Sambal Kecap Manis

Cara membuatnya mudah (simple), dan praktis. sama masih pakai adonan pempek / tekwan / model/ laksan / celimpungan. Hanya saja adonan dasar pempek ini dibentuk bulat-bulat gepeng lalu dibakar diatas api, jangan terlalu masak soalnya yang 3/4 matang paling enak dengan tekstur lembut dan empuk. Cara makan yakni dengan cara dibelah empek-mpek panggangnya lalu diisi udang kering halus/ebi udang, cabe/sambal pedas dan kecap manis mantap. Cak nyo lemak nian bulan puaso makan pempek panggang ini...hmm. Berikut resepi pempek bakar mudah dan praktis lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) siapa tahu bisa untuk usaha atau untuk jualan.





RESEP PEMPEK PANGGANG


BAHAN :
  • 400 gram ikan tenggiri.
  • 75 cc air es.
  • 1 sdt garam.
  • 1 sdm saus tiram.
  • 200 gram tepung sagu.
  • 1 sdm tepung terigu.
  • 3 siung bawang putih.
BAHAN PELENGKAP :
  • Cabai rawit/ merah di haluskan
  • Udang rebon yang telah di gongseng di haluskan
  • Kecap manis
CARA MEMBUAT PEMPEK PANGGANG :
  1. Keruk daging ikan dengan sendok, sisihkan kulitnya (untuk membuat pempek kulit).
  2. Haluskan daging ikan dengan food processor, jika tidak ada food processor, cincang daging ikan sampai halus dan lembut. pakai Blender juga bisa. tapi lebih praktis beli ikan yang sudah di giling di pasar tradisionil banyak yang menjualnya.
  3. Campur daging ikan dengan air, garam, dan saus tiram sambil terus diaduk.
  4. Tuang sagu sedikit demi sedikit, uleni sampai tidak lengket ditangan.
  5. Jika adonan masih terlalu keras dan susah dibentuk, tambahkan lagi daging ikannya, aduk rata dan uleni hingga kalis dan dapat dibentuk.
  6. Lumuri tangan dengan sagu (yang banyak biar ga lengket), bentuk bulat pipih. Panggang di atas teflon pemanggang atau pakai alat pemanggang tradisonal dengan api kecil. Bolak balik hingga matang.
  7. Belah tengahnya isi dengan cabai, udang rebon, kecap
  8. Sajikan selagi panas.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PEMPEK PANGGANG IKAN TENGGIRI LEMBUT