CARA MEMBUAT KUE SEROJA KEMBANG GOYANG


Resep Kue Seroja Kembang Goyang Sederhana Spesial Asli Enak. Camilan yang satu ini berasal dari nama kembang seroja. Bentuknya memang dibuat mirip bunga seroja yang cantik. Rasanya juga krenyes gurih saat dimakan, kres kres kriuk... bikin mulut tak bisa berhenti bergoyang. Urang Sunda menyebutnya SAROJA. Berikut penampakan Kue Kering Saroja Kembang Goyang. Kue ini masih tergolong kue kering goreng tradisional asli Sunda atau Bandung terutama berasal dari Tasikmalaya dan Ciamis yang telah menjadi oleh-oleh khas Ciamis.

Foto Kue Seroja Asli Sunda Manis Asin Gurih
Gambar Kue Saroja

Kue kembang goyang atau yang akrab disebut SAROJA, merupakan salah satu makanan ringan khas dari Jawa Barat. Bentuknya yang mirip dengan kembang seroja, membuat kudapan ini tampak begitu unik. Lazimnya, saroja disajikan sebagai salah satu makanan ringan yang dapat disantap saat bersantai. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, saroja menjadi salah satu buah tangan khas masyarakat Sunda.

Kalau orang Betawi punya kue kembang goyang, urang Sunda punya kue saroja. Seperti namanya kue tersebut berasal dari nama kembang seroja yang memiliki sebutan lain yaitu bunga teratai. Kue saroja biasanya menjadi suguhan pada saat-saat tertentu seperti perayaan, pernikahan, hari raya lebaran, dll. Di Jawa Barat sana kue saroja ini salah satu kue tradisional yang resepnya berasal dari turun-temurun.

Saroja dapat dibuat dalam dua rasa, yaitu asin gurih dan manis. Dua rasa ini dapat dibedakan dari tampilannya. Saroja asin biasanya berwarna coklat muda dan terang dengan bertabur daun jeruk. Sedangkan saroja manis, berwarna coklat muda dan sedikit gelap dengan bertabur gula pasir.

Teknik memasak kue saroja dapat dikatakan unik. Ini dikarenakan, saat memasukkan adonan ke dalam minyak panas, orang yang memasak harus menggoyang-goyangkan cetakan agar adonan yang terendam minyak lepas dan cetakan dapat digunakan untuk mencetak kue berikutnya. Teknik menggoyang-goyangkan cetakan inilah yang kemudian memunculkan istilah "kembang goyang".

Selain bentuknya yang mirip dengan kue kembang goyang, cara pembuatan kue saroja ini pun mirip-mirip dengan kue kembang goyang. Bahan dasar utamanya adalah tepung beras yang dicampur sedikit tepung terigu, garam, dan irisan halus daun jeruk agar harum. Untuk membuatnya berbentuk kembang seroja, sudah ada cetakan khusus bergagang panjang yang bisanya terbuat dari alumunium.

Setelah dicelupkan ke dalam adonan yang encer, cetakan tersebut tinggal dicelupkan ke dalam minyak panas dan digoyang-goyangkan hingga warnanya berubah keemasan. Jika kue sudah kering, maka dengan sendirinya akan terlepas dengan mudah dari cetakan. Tekstur kue saroja yang tipis membuat kue ini terasa krenyes renyah saat dimakan.

Selain itu, kue saroja memiliki citarasa yang sedikit berbeda dengan kembang goyang yang manis, karena kue saroja ini rasanya gurih enak. Cocok sebagai camilan sehari-hari atau teman menikmati teh dan kopi di sore hari. Kue saroja biasanya banyak dijual terutama menjelang hari raya. Buat mereka yang pulang mudik ke Ciamis, Tasik, dan daerah di sekitar Jawa Barat pastinya kue saroja menjadi salah satu oleh-oleh yang kerap dibawa sebagai oleh-oleh khas Bandung. Persiapan Membuat Kue Saroja yaitu siapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan.





RESEP KUE SEROJA KEMBANG GOYANG


BAHAN :
  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram tepung tapioka
  • 4 butir telur
  • 200 gram gula putih
  • Garam (sekucupnya)
  • 400 ml air
  • Mentega
  • Daun jeruk (diiris tipis untuk saroja asin/gurih)
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kembang Goyang

ALAT :
  • Penggorengan
  • Kompor (dapat menggunakan kompor trdisional atau kompor minyak tanah jika ingin hemat)
  • Saringan (untuk meniriskan)
  • Cetakan seroja
  • Baskom (untuk wadah adonan)
  • Toples kedan udara (untuk menyimpan saroja yang sudah matang)

CARA MEMBUAT KUE SEROJA KEMBANG GOYANG :

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka. Sisihkan.
  2. Telur, gula dan garam dicampur dan dikocok. (Dapat menggunakan mixer atau alat kocok manual).
  3. Setelah dikocok, ambil tepung terigu dan tepung tapioka yang sudah dicampur, lalu masukkan sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur, gula, garam. Masukkan tepung secara bergantian dengan air. Lakukan ini sampai tepung dan air habis, sambil terus mengocok adonan.
  4. Untuk membuat saroja manis, adonan yang sudah siap bisa ditambahkan dengan gula, tanpa dikocok. Hanya perlu diaduk saja, agar gula merata.
  5. Untuk membuat saroja asin/gurih, boleh ditambahkan irisan daun jeruk.
  6. Panaskan minyak dengan api besar. Setelah minyak panas, kecilkan apinya.
  7. Ambil cetakan saroja (panaskan cetakan di dalam penggorengan), masukkan ke dalam adonan, lalu goreng.
  8. Lakukan hingga adonan habis.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE SEROJA KEMBANG GOYANG