CARA MEMBUAT KUE KEMBANG GOYANG RENYAH KHAS ACEH

Resep Kembang Goyang Khas Aceh Sederhana Spesial Asli Enak. Kue Kembang goyang renyah, terkenal juga dengan nama kue kembang loyang atau kue loyang di Sumatera di Sunda Bandung disebut kue Saroja atau Seroja di Aceh disebut kue nyap, merupakan salah satu kue kering tradisional nusantara yang popular disajikan sebagai kue lebaran Idul Fitri dihidangkan untuk para kerabat dan tamu yang bersilaturahmi ke rumah.

Foto Kue Kembang Goyang Enak
Gambar Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang ini terdiri 3 rasa asin, manis, dan pedas, kali ini kita membuat kue kembang goyang dengan percampuran tiga rasa manis, asin dan pedas, sehingga menghasilkan rasa yang enak, renyah dan gurih. kue ini juga ada yang dibuat berwarna-warni, seperti kuning wijen pada resep kue kembang goyang wijen, pink, coklat dan hijau pandan. Cara memasaknya dengan cara di goreng garing kriuk bukan seperti kue kering lainnya dengan cara di panggang di dalam oven.

Sementara bagi masyarakat Bali, khususnya pemeluk agama Hindu, biasanya memakai kue kembang goyang ini sebagai salah satu isi sesajian (sesajen) di hari raya keagamaan mereka.

Sesuai dengan namanya, kue kembang goyang bentuknya menyerupai bunga atau kembang yang sedang mekar. Kembang goyang sendiri merupakan nama sejenis perhiasaan yang dipasangkan di rambut atau sanggul (konde) dan dapat bergerak-gerak/bergoyang karena memiliki pegas. Jika berminat bikin kue ini, silahkan catat atau bookmark resepnya, Jangan lupa berlangganan resep di blog Cara Buat Resep Masakan Jadi Enak. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih kembang goyang gurih renyah takaran sendok dan gram sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue goreng dan camilan renyah untuk oleh-oleh.

RESEP KUE KEMBANG GOYANG


BAHAN :
  • 100 gram tepung beras
  • 35 gram gula pasir halus
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 125 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1 sdm wijen
  • Minyak untuk menggoreng
ALAT - ALAT :
  • Mangkok atau wadah untuk adonan dasar kembang goyang
  • Cetakan kembang goyang
  • Wajan penggorengan
Foto Cetakan Kembang Goyang
Gambar Cetakan Kue Kembang Goyang
    CARA MEMBUAT KEMBANG GOYANG KHAS ACEH :
    1. Campur tepung beras, gula pasir, garam dan wijen, aduk sampai merata.
    2. Tuangkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga tercampur rata.
    3. Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan.
    4. Celupkan cetakan ke dalam adonan, kemudian masukkan ke dalam minyak sambil digoyang - goyang sampai kue terlepas dari cetakan.
    5. Goreng kue sampai matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan.
    6. Angkat, tiriskan. Kue kembang goyang siap disajikan atau bisa disimpan dalam stoples kedap udara untuk menjaga kerenyahannya agar lebih tahan.

    CARA MEMBUAT KUE KEMBANG GOYANG RENYAH KHAS ACEH