CARA MEMBUAT BAWANG GORENG RENYAH


Resep Bawang Goreng Renyah Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak. Banyak yang belum tahu atau gagal cara menggoreng bawang merah agar renyah kriuk, wangi dan gurih, baik itu bawang merah goreng dan bawang putih goreng. Sebenarnya ada 2 cara, teknik pertama menggunakan tepung dan cara kedua tanpa menggunakan tepung tapi renyah, kok bisa? ya bisa dong, kalau saya sih lebih suka bawang goreng tanpa menggunakan tepung lebih wangi dan lebih enak, yang jelas lebih terasa bawangnyalah, walau gosong pun terkadang masih enak, gurih, dan garing kriuk kress.


Foto Bawang Merah Bawang Putih
Gambar Bawang Merah dan Bawang Putih


Pilihlah bawang kualitas nomor satu yang cocok dijadikan bawang goreng , yaitu bawang yang segar dan kadar airnya rendah .

Bawang merah memiliki banyak varietas seperti bima brebes, ampenan, sumenep, maja cipanas, medan, super philip, india dan banyak jenis lainnya. Biasanya untuk dijadikan bawang goreng, jenis bawang yang cocok digunakan adalah bawang merah Sumenep-madura. Bentuknya agak lonjong, kadar airnya relatif rendah dan teksturnyapun renyah. Atau bisa juga menggunakan jenis bawang brebes yang beraroma.

Jika melakukan secara manual, irislah bawang setipis mungkin menggunakan pisau yang tajam. Atau dengan menggunakan bantuan slicer, sehingga mendapatkan ketebalan irisan bawang yang sama

Rendamlah irisan bawang dengan larutan garam selama kurang lebih 25-30 menit. Perbandingan bahan rendaman , 1 sdm garam untuk 1 liter air. Setelah itu tiriskan.

Setelah direndam dengan air garam, sebelum dijemur taburi bawang dengan tepung terigu atau tepung maizena secukupnya. Atau menaburi dengan campuran tepung terigu dan tepung kanji juga menghasilkan bawang goreng yang renyah. Perbandingan tepung 1:1.

Jemur bawang selama 1-2 jam menggunakan wadah yang datar, sembari di sebar rata sehingga bawang kering merata,

Ketika menggoreng, gunakan minyak yang banyak sehingga bawang terendam dengan sempurna. Gorenglah bawang menggunakan panas yang sedang dan sampai berwarna kuning keemasan lalu angkat. Panas yang tersisa setelah proses pengorengan bisa menambah warna bawang menjadi lebih kuning kecoklatan. Oleh sebab itu jangan sampai lalai saat menggoreng, karena bawang bisa pahit karenanya.

Setelah proses penggorengan, tiriskan bawang sampai minyak turun semua. Sebarkan diatas kertas tisu makanan sehingga minyak yang tertinggal dapat diserap dengan baik.

Setelah bawang dingin, taruhlah dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat, sehingga bawang tetap renyah. Simpanlah wadah berisi bawang goreng disuhu ruang dan tidak lembab.

Nah sekarang saatnya kita terjun ke dapur membuat bawang goreng renyah tanpa layu. Berikut resep membuat bawang merah goreng tanpa tepung terigu atau bawang putih goreng.

Foto Bawang Goreng Krispi Gurih
Gambar Bawang Goreng Renyah Gurih

RESEP BAWANG GORENG GARING


Foto Bawang Goreng Renyah Garing
Gambar Bawang Goreng Renyah Garing
BAHAN :
  • Bawang Merah – pilihlah jenis bawang sumenep atau bawang merah dari brebes
  • Minyak secukupnya
  • Garam
  • Tepung terigu dan maizena secukupnya
CARA MEMBUAT BAWANG GORENG RENYAH :
  1. Kupas bawang, cuci sampai bersih lalu iris tipis. Atau gunakan pemotong bawang sehingga didapat ketebalan bawang yang rata.
  2. Rendam irisan bawang dengan larutan garam selama 30 menit lalu tiriskan.
  3. Taburi irisan bawang tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung kanji, lalu jemur sampai kering selama kurang lebih 1-2 jam.
  4. Panaskan minyak lalu goreng bawang menggunakan api kecil sampai berwarna kekuningan dan tercium bau harum. Angkat lalu tiriskan sampai minyak benar- benar turun.
  5. Sebar bawang goreng diatas kertas tissue makanan sehingga minyak yang masih menempel terserap maksimal.
  6. Setelah bawang goreng dingin, taruhlah dalam toples yang bersih dan tertutup. Sehingga kerenyahan bawang tetap terjaga, kering dan tahan lama.
  7. Simpanlah bawang di suhu ruang yang tidak lembab, misal topless atau tupperware.

Nah, ini resep bawang goreng renyah pakai tepung terigu versi sendiri boleh dicoba juga 100% tingkat keberhasilannya. Bawang Goreng Renyah Garing Tepung Terigu.

RESEP BAWANG GORENG RENYAH TEPUNG TERIGU


BAHAN :
  • 1/4 bawang merah, kupas jangan dicuci
  • 1/2 sdm garam halus
  • 2 sdm terigu
CARA MEMBUAT BAWANG GORENG RENYAH GARING :
  1. Iris tipis bawang merah yang sudah dikupas kulitnya (bawang merahnya jangan dicuci sebelumnya).
  2. Taburi dengan garam dengan terigu, aduk sampai merata.
  3. Panaskan minyak goreng ketika minyak sudah panas, masukkan bawang kecilkan api kompornya, aduk-aduk, ketika bawang sudah berubah warna agak kekuningan, angkat dan siram-siram dengan minyak goreng yang masih panas, tiriskan taruh diatas tisu makan sampai minyaknya terserap, ketika bawang sudah dingin, simpan di toples dan tutup rapat.

TIPS & TRICKS :
Bagaimana cara membuat bawang merah goreng renyah seperti bawang merah goreng asal Sumenep?
Inilah Tips Agar Bawang Goreng Renyah menurut situs female sebagai berikut
  • Bawang merah memiliki beberapa varietas. Untuk bawang merah varietas Sumenep, memiliki bulir lebih lonjong, kadar air rendah, dan rumpun anakan umbi lebih banyak, sehingga dapat menghasilkan bawang merah goreng yang jumlahnya banyak dan teksturnya renyah. Untuk membuat bawang goreng yang renyah, iris tipis bawang merah dengan bantuan slicer. Rendam dalam larutan garam (1 sdm : 1 liter air) selama 15 menit, dan goreng dalam minyak banyak dan panas hingga matang dan kering. Angkat, tiriskan segera di atas kertas tisu hingga benar-benar kering. Simpan di dalam wadah tertutup rapat hingga sesaat akan disajikan atau digunakan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BAWANG GORENG RENYAH