CARA MEMBUAT LONTONG PLASTIK


Resep Lontong Plastik Presto Sederhana Spesial Asli Enak. Lontong plastik disini bukan berarti dari beras plastik, melainkan lontong yang dibuat dari beras short grain menggunakan bungkus kemasan pelastik tahan panas untuk membungkus beras menjadi lontong yang lembut, empuk, padat dan kenyal.

Foto Lontong Kemasan Plastik Bukan Beras Plastik
Gambar Lontong Kemasan Plastik

Lontong nasi ini bisa juga digunakan untuk makanan pendamping resep opor ayam lebaran untuk menggantikan ketupat lebaran di hari yang suci dan spesial bagi umat muslim yaitu Hari Raya Idul Fitri Lebaran, Hari Raya Idul Adha Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban sangat cocok dipadu dengan opor daging sapi, gulai kambing, untuk jualan resep lontong sayur, lontong kari, resep lontong padang, dan cocok juga untuk makanan sehari-hari.

Cara Membuat lontong plastik langkah-langkahnya mudah, praktis dan sederhana, jika telah terbiasa kerja di dapur, tips anti gagal yang penting itu memilih beras yang cocok untuk bikin lontong yang padat, lembut dan empuk selain takaran beras yang pas di dalam kantong plastik. Biasanya jumlah beras 3/4 dari tingginya plastik untuk mendapatkan hasil lontong yang padat tidak lembek dan tidak cepat basi, jika lontong lembek berair atau benyek, biasanya cepat basi.

Cara memasak lontong plastik tanpa daun bisa menggunakan peralatan masak modern rice cooker atau magic com, atau dengan merebusnya dengan cara tradisional pakai panci biasa pakai kompor gas atau menggunakan panci presto atau kompor minyak, bahkan bisa menggunakan kayu bakar, briket batu bara, maupun arang sekalipun.

Oh, ya untuk tips dan trick membuat resep lontong plastik presto menggunakan panci pressure cooker ada tekniknya tersendiri. Kelebihan dan keuntungan lontong plastik presto lebih cepat matang, irit tenaga juga waktu dan hasilnya mulus, karena tekanan tinggi. Jika memasak pakai panci biasa yang lamanya sekitar 3 - 4 jam. Memasak lontong dengan panci pressure cooker hanya perlu waktu sebentar hanya 1/2 jam sudah matang dengan jumlah sedikit jika agak banyak kira-kira butuh waktu sekitar 1 jam sudah jadi lontong. Agar lontongnya setelah matang berpenampilan set dan kesat, padat dan berasa lebih kenyal bisa ditambahkan air kapur sirih (sekitar 1 sdm) kedalam air rebusan lontong. Boleh juga diberi daun pandan supaya aroma lontongnya harum daun pandan.Tapi semua itu tergantung selera Anda malah saya lebih suka lontong daun pisang. Jika untuk alasan kesehatan jangan pakai kapur sirih. Baiklah kita mulai saja bikin lontong plastik sendiri anti gagal.





RESEP LONTONG PLASTIK


Gambar Lontong Magicom Dengan Opor Ayam Kentang, Buncis.
Gambar Lontong Magic Com Dengan Opor Ayam Kentang, Buncis.

BAHAN :
  • Plastik tahan panas untuk pembungkus lontong
  • 400 gram beras, bisa pakai beras butiran pendek (Short Grain) atau butiran panjang (Long Grain) disesuaikan dengan ukuran plastik.
  • Panci yangg isinya kira-kira untuk 6 ltr
Baca Juga Artikel Menarik : Cara Membuat Ketupat

CARA MEMBUAT LONTONG PLASTIK PANCI BIASA :
  1. Cuci beras sampai bersih.
  2. Masukkan ke dalam plastik tahan panas sebanyak 3/4 dari tinggi plastik/daun pisang, semat bagian ujung atasnya menggunakan stapler hingga rapat.
  3. Tusuk-tusuk plastiknya di beberapa tempat menggunakan lidi.
  4. Isi panci dengan air hingga hampir penuh (3/4 tinggi panci) lalu didihkan
  5. Kalau air sudah mendidih, masukkan beras, masak selama 50 menit atau kalau nasi sudah mengembang.
  6. Angkat dan dinginkan.
  7. Lontong sebaiknya dipotong kalau sudah benar-benar dingin dan padat.

Para pakar kesehatan mengatakan lontong plastik atau lontong bungkus plastik itu berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Ini lontong cepat saji dari mba Henie Suryana yang kita coba di dapur carabuatresep, Alhamdulillah akhirnya berhasil, kalau lagi perlu cepat lontong untuk dimakan sama opor ayam, atau soto atau bikin ketoprak, buat saja lontong ini yang tanpa ribet dan repot Bunda. Buat lontongnya hanya dengan rice cooker saja atau pakai magicom. Waktu untuk masak hanya sekitar 1 jam saja. Berikut resep lontong praktis ala anak kos.

RESEP LONTONG MAGIC COM


BAHAN :
  • Beras resep asli 3:1. Air 3 gelas takar untuk 1 gelas beras. Kalau saya sering menggunakan 3 gelas beras, 9 air + 1 supaya lebih lembut, jadi 10 gelas air. Berasnya harus beras perak, soalnya tidak pulen.
CARA MEMBUAT LONTONG MAGIC COM :
  1. Masak beras di rice cooker atau magicom seperti biasa. Setelah matang, (lampu cook pindah ke warm), biarkan 10 menit dulu, kemudian nasi diangkat kedalam wadah bisa pakai tupperware atau wadah lainnya, dipenyet penyet pakai centong nasi atau sendok, ditekan sampai semua nasi habis. Biarkan dingin, setelah dingin dipotong-potong.
  2. Lontong siap disajikan bersama opor ayam.
Hasil lontongnya enak dan cukup kenyal serta memiliki tekstur yang lembut dan empuk pastinya, dan Yang jelas, lebih sehat karena tanpa pengawet, boraks dan tidak ribet dibanding kalau kita merebus dengan plastik.

BAHAYA LONTONG PLASTIK


Kalau pada anyaman daun kelapa, selama pemanasan, air dapat masuk ke dalam rongga dengan mudah melalui sambungan anyaman. Untuk selongsong ketupat dari plastik, supaya air dapat masuk, maka dinding plastik harus dilubangi dengan jalan ditusuk-tusuk di beberapa bagian.

Sepertinya dari sisi rasa, nasi ketupat yang dibuat dari selongsong plastik ini juga tidak berbeda jauh, namun kalau dikaji lebih jauh, sebenarnya ada risiko tertentu akibat penggunaan plastik ini. Plastik pembungkus biasanya dibuat dari polimer jenis polietilen atau polipropilen. Apabila terkena pansa dalam waktu yang relatif lama maka akan ada bahan aditif plastik yang terlepas dari bahan. Kalau pada proses pembuatan ketupat ini, tentu saja pelepasan bahan kimia ini akan keluar ke air rebusan dan sangat mungkin terserap dan tertinggal sebagai residu di dalam butiran nasi ketupat. Beberapa jenis bahan polutan ini terdapat yang bersifat karsinogenik, sehingga kalau ketupat termakan maka bahan kimia ini akan ikut terakumulasi dalam tubuh. Hal inilah yang seharusnya dihindari sejauh mungkin.

Beranjak dari pemikiran terjadinya risiko di atas, maka hendaknya kita sebagai konsumen ketupat hendaknya selalu waspada. Jika takut bahaya lontong plastik karena pakai bungkus plastik, bisa Anda ganti dengan lontong daun pisang bungkusnya daun pisang saya kira aman untu kesehatan dan baunya lebih harus dan wangi atau pakai ketupat daun kelapa.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT LONTONG PLASTIK