CARA MEMBUAT BIKA AMBON MEDAN


Resep Bika Ambon Medan Sederhana Spesial Asli Enak. Bika ambon merupakan kue berwarna kuning klasik dengan tekstur yang legit tetapi berlubang-lubang dan ada juga hasil variasi dan modifikasi dengan aneka kreasi bika Ambon hijau pandan lembut dan empuk. Kue yang terkenal menjadi oleh-oleh khas Medan ini tidak menggunakan tepung terigu sebagai komponen utamanya, tetapi tepung sagu. Kue ini cocok dimakan sebagai teman minum teh. Kue bika termasuk aneka kue basah tradisional asli Indonesia yang perlu dilestarikan dan dikembangkan secara modern.

Foto Bika Ambon Paling Terkenal
Gambar Bika Ambon Medan

Menurut situs wikipedia Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia aneka rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras dan tidak enak dimakan atau dikonsumsi.

Asal usul kue bika Ambon menurut penjelasan Tengku M Muhar Omtatok, seorang seorang budayawan dan sejarawan, Kue Bika Ambon terilhami dari Kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka. Selanjutnya dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa Nira/Tuak Enau hingga berongga & berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu itu. Selanjutnya Tengku M Muhar Omtatok menyebutkan bahwa kue ini disebut Bika Ambon karena pertama sekali dijual & popular di simpang Jl Ambon – Sei Kera Medan.

Bika ambon dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah terdapat sedikitnya 30 toko yang menjual kue ini. Setiap toko di lokasi ini bisa menjual lebih dari 1.000 bungkus bika ambon per hari apabila menjelang hari raya Idul Fitri atau hari lebaran. Diperkirakan, sebutan bika ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu baru mengenal bika yang diproduksi di jalan ambon, Medan. Penyebutan bika ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri makanan ini. Sebut saja bika ambon Zulaikha terkenal yang paling enak sampai dijual ke seluruh Indonesia sampai di Jakarta. Selain itu banyak berkembang pengusaha bika di jalan majapahit ini, misalkan saja ada Hajjah Mariani.

Jadi terjawab sudah ternyata asal mula bika ambon berasal dari kota Medan, propinsi Sumatera Utara bukannya dari kota Ambon Provinsi Maluku. Melainkan tersinspirasi bika yang ada di jalan Ambon. Baiklah bikin sendiri yuk!!. ini resep bika ambon sederhana, mudah, lembut, empuk dan praktis.





RESEP BIKA AMBON MEDAN


BAHAN I :
  • 10 butir telur diambil kuningnya saja
  • 200 gram sagu tani
  • 200 gram gula pasir
BAHAN BIANG II :
  • 1 sdm ragi roti (yeast)
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung terigu
  • 3 sdm air hangat
BAHAN III :
  • 300 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 lembar serai
  • 10 lembar daun jeruk
CARA MEMBUAT BIKA AMBON MEDAN :
  1. CARA MEMBUAT BIANG BIKA AMBON MEDAN : campur semua bahan biang hingga rata. Diamkan sepuluh menit.
  2. Rebus santan dengan serai, daun pandan, daun jeruk hingga mendidih. Dinginkan hingga hangat-hangat kuku.
  3. Kocok kuning telur dan gula hingga halus, kemudian masukkan sagu, biang, dan santan. Aduk sampai rata, saring, lalu diamkan selama 3 jam.
  4. Masukkan dalam cetakan, panggang dengan api bawah sampai kering, kemudian nyalakan api atas hingga matang.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BIKA AMBON MEDAN