CARA MEMBUAT SAMBAL TELUR BALADO PEDAS


Resep Sambal Telur Balado Pedas Merah Sederhana Spesial Asli Enak. Telur dilumuri sambal super pedas pasti rasanya enak, kalau tidak enak kok nasi putihnya nambah?. Cerita dibalik resep suami saya paling suka makan telur bumbu balado pedas ini, tapi putri saya tidak suka sama pedas jadi untuk mengakalinya terpaksa saya memasaknya dua kali memang sedikit repot tapi demi suami tercinta apa sih yang tidak dilakukan, yang penting suami makannya lahap dan anak suka makan di rumah. Inilah dia resep telur balado hasil aneka kreasi dari olahan telur sambalado alamak.

Foto Sambal Telur Pedas
Gambar Telur Balado Pedas

Saya masak telor balado merah pedas atau sambal telur ini tidak banyak masaknya, karena memang kita hanya bertiga di rumah jadi cukup hanya dengan 4 telur aja, supaya besok bisa ganti menu lagi, selain itu anak saya kalau makan telur sukanya putihnya saja mungkin agak enek makan kuningnya telur rebus tapi kalau telur dadar atau telur urak arik disantapnya juga karena sudah tercampur antara kuning dan putih telurnya. Baiklah bu saya mau ngulek sambal pedasnya dulu. Takutnya kebayakan cerita malah nantinya ga jadi masak..hehe☺. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi sambal telur balado special pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri sehari-hari maupun untuk jualan usaha rumah makan atau restoran.

RESEP TELUR BALADO CABAI


BAHAN :
  • 5 butir telur ayam yang direbus
  • 1/2 lembar daun salam pilihan
  • 1/2 batang serai yang telah dimemarkan
  • 1/2 buah tomat hijau dengan ukuran besar atau sekitar 50 gr, lalu dipotong-potong
  • 1/2 bungkus bumbu masak instan
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm air asam Jawa, dari larutan 1/2 sdt asam Jawa dan 1 sdm air
  • 500 ml minyak goreng untuk menumis
BUMBU MASAK TUMBUK KASAR :
  • 3 butir bawang merah pilihan
  • 10 buah cabai hijau besar atau cabe pedas
  • 5 buah cabai hijau keriting segar
CARA MEMASAK TELUR BALADO PEDAS :
  1. Tumis bumbu yang ditumbuk kasar, serai, dan daun salam hingga tercium harum.
  2. Selanjutnya masukan tomat hijau, lalu tumis hingga layu.
  3. Masukkan garam, telur, Royco ayam, dan gula pasir, lalu aduk hingga merata.
  4. Tambahkan air asam Jawa dan masaklah sampai meresap.
  5. Jika sudah meresap Telur Balado Pedas siap dihidangkan.
  6. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SAMBAL TELUR BALADO PEDAS