CARA MEMBUAT KUE LUMPUR KENTANG BOGASARI


Resep Kue Lumpur Kentang Bogasari Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Kue Lumpur adalah salah satu aneka kue basah tradisional jajanan pasar asli yang paling banyak digemari di Indonesia, karena rasanya yang lezat. Kue lumpur sederhana ini biasanya hampir selalu ada bersanding dengan kue lemper abon ayam di berbagai acara arisan, kumpul keluarga dan acara adat tradisional, kue ini tidak pernah absen menghiasi tampah-tampah jajanan yang disajikan. Lembutnya tekstur kue empuk ini dengan aroma harum pandan dan vanili merupakan kelebihan utama kudapan kuliner tradisionil yang satu ini, sehingga banyak digemari oleh pecinta kue basah tradisional.

Foto Aneka Kua Basah Kue Lumpur Tradisional
Gambar Kue Lumpur Kentang

Konon katanya, nama kue ini berasal dari teksturnya yang sangat lembut dan halus seperti lumpur lapindo. Untuk menghasilkan tekstur ini, adonan tepung terigu pada kue lumpur biasanya ditambahkan dengan kentang rebus yang telah dihancurkan lalu dikocok hingga halus ada juga kue lumpur tanpa kentang. Selain itu ada juga aneka kreasi olahan dan variasi kue lumpur tanpa kentang, kue lumpur labu kuning, kue lumpur susu, kue lumpur surga, kue lumpur ubi ungu, kue lumpur kentang Fatmah Bahalwan NCC, kue lumpur singkong, kue lumpur pisang, kue lumpur hijau pandan, mungkin suatu saat nanti akan menyusul resep kue cubit modern yang sudah dipadukan dengan bahan lain dan dilengkapi dengan aneka topping seperti green tea, oreo, kit kat, meises coklat, keju, kismis, dll.

Kue lumpur Lapindo Sidoarjo Jawa Timur ini memang ada ibu-ibu yang dikembangkan oleh komunitas Ibu-ibu di Sidoarjo. Tentu bahan-bahannya tidak dari lumpur asli hanya nama daerahnya. Kue lumpur lapindo ini berwarna hijau dan pakai susu untuk toppingnya, sekarang banyak permintaan akan kue ini terutama di usaha online.

Cara masak kue lumpur sederhana, mudah dan praktis ini ada rahasia tips resep kue lumpur kentang yang lembut dan harum wangi akan dibagikan dibawah. Ada bermacam-masam ada yang dibakar menjadi kue lumpur bakar dan juga ada yang dipanggang menjadi kue lumpur panggang, ada juga yang dikukus menjadi kue lumpur kukus, kata ncc, sedangkan warna biasanya ada yang kuning dan ada yang berwarna hijau pandan. Berikut resep kue lumpur lengkap dengan cara mudah bikin sendiri di rumah.





RESEP KUE LUMPUR


BAHAN :
  • 250 gram tepung terigu ( Tepung Terigu Segitiga Biru Bogasari)
  • 125 gram kentang yang dikukus dan dihaluskan
  • 425 ml santan cair
  • 125 gram margarine yang dicairkan
  • 2 butir telur ayam
  • 125 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili atau vanila
  • Daging dari 1 buah kelapa muda
  • Kismis secukupnya
CARA MEMBUAT KUE LUMPUR KETANG BOGASARI SPESIAL :
  1. Dalam wadah, campurkan telur, gula dan vanili lalu kocok hingga rata selama 10 menit.
  2. Masukkan kentang dan aduk kembali hingga rata.
  3. Campurkan terigu sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diaduk hingga rata.
  4. Tuang santan, garam, dan margarine cair lalu aduk kembali hingga rata.
  5. Panaskan cetakan khusus kue lumpur dan olesi dengan margarin.
  6. Setelah panas, tuang adonan dalam cetakan dan masak selama 1-2 menit.
  7. Tambahkan kelapa muda dan kismis pada kue lumpur yang setengah matang dan masak kembali selama 2-3 menit atau hingga bagian atas kue sudah mulai padat.
  8. Angkat, lalu sajikan.
TIPS & TRICKS :
  • Saring adonan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam cetakan untuk menambah tekstur lembut pada kue.
  • Cetakan kue lumpur dapat diganti dengan cetakan cup cake dan dipanggang dalam durasi waktu yang sama.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE LUMPUR KENTANG BOGASARI