CARA MEMBUAT KUE KERING BAGEA PALOPO


Resep Bagea Palopo Kue Sagu Sederhana Spesial Asli Enak. Kue Bagea adalah sejenis resep kue kering tradisional dari bahan sagu dicampur dengan tepung terigu. Makanan khas Palopo Sulawesi Selatan ini, sebenarnya ada juga di Manado, Bugis, Makassar, Maluku, Maluku Utara, dan Papua. Sekarang Kue Bagea ini ada juga yang telah diproduksi secara modern dengan bentuk dan rasa yang berbeda dan dengan penmpilan dan kemasan yang berbeda. Inilah peluang usaha bisnis online Anda dibidang kuliner khususnya kue kering tradisional Indonesia Timur. Kue ini tidak mudah hancur jika dikemas atau dipacking menggunakan plastik kemudian diberi dus kardus dan dilakban rapi.

Foto Kue Kering Bagea Spesial Sagu
Gambar Kue Bagea Sagu

Adapun aneka kreasi dan macam variasi kue bagea ini ada yang menggunakan gula merah, gula pasir, kacang mete, kenari cincang, kangkung, bagea bawang putih ambon dll. Paling spesial yang ada kenari menurut Abang Syamsidar paling enak biasanya dinikmati bersama minuman kopi hitam panas atau teh panas atau hangat.

Menurut situs Wikipedia Bagea adalah kue tradisional khas Maluku, Maluku Utara, dan Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia. Bagea biasanya berbentuk bulat dan warnanya cokelat pucat. Bagea sifatnya keras, dan susah dimakan, orang yang tak terbiasa memakannya akan kesulitan. Bagea adalah salah satu olahan dari sagu. Biasanya Bagea disantap dengan teh atau kopi. Di Ternate, Bagea biasanya ditambahkan dengan biji kenari. Bahan-bahan untuk membuat Bagea adalah gula halus, biji kenari yang telah dicincang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang telah diayak, kacang tanah yang dicincang halus, kayu manis bubuk, dan cengkih bubuk. Sedangkan untuk video tutorial bikin kue kering bagea ini ada di situs Youtube.

Resep Kue Kering Bagea ini asli lho dari teman saya yang ada di Palopo namanya Syamsidar Landao, sebentar lagi kue kering tradisional khas Palopo Sulawesi Selatan ini akan mendarat di Bandung, karena Admin Blog Cara Buat Resep akan dikirimi langsung dari kota Palopo Sulsel. Jauh ya? Gpp dari bentuknya saya lihat kue ini enak rasanya tidak sabaran saya ingin mencicipi kue unik nan mungil ini secara tampilan mirip biskuit ya, yang uniknya ada retak-retak di kuenya. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi bagea kenari sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha oleh-oleh khas Indonesia Timur.




RESEP BAGEA


BAHAN:
  • 2 kg tepung sagu (Sagu basah dijemur dulu sampai benar-benar kering kemudian diayak. Kalau ga mau repot bisa pakai sagu tani siap pakai.
  • 1 kg tepung terigu
  • 1 liter kelapa sangrai (2 kelapa setengah tua, parut, sangrai sampai kecoklatan, tumbuk/ blender halus)
  • 2 gelas minyak goreng
  • 2 sdt munjung Kayu manis
  • Potas secukupnya
  • Vanili secukupnya
  • 15 butir telur bebek (utuh putih dan kuning)
  • 1 kg gula pasir
  • 200 gram kenari cincang
CARA MEMBUAT KUE BAGEA PALOPO :
  1. Telur + gula dikocok sampai setengah res. Tambahkan 1 gelas minyak goreng. Tambahkan bumbu. Kocok sampai res. Tambahkan 1 gelas minyak dan kelapa sangrai. Kocok lagi sebentar. Masukkan tepung (dan kenari) sedikit2 sampai bisa dibentuk. Bentuk oval lonjong.
  2. Panggang (oven) sampai matang. pakai api sedang. Sampai kue kecoklatan.
  3. Gelasnya pakai gelas duralex yang ada telinganya. (250cc).
Update : Akhirnya kiriman Kue Bagea Khas Palopo Makassar Sulawesi Selatan hadir di meja kerja saya. Inilah penampakan kue kering nya. Mirip kue satu atau kue sagu ya?

Foto Kue Kering Bagea Palopo Makassar
Gambar Kue Bagea Palopo Asli


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE KERING BAGEA PALOPO