CARA MEMBUAT KUE GEMBLONG KETAN ENAK

Resep Kue Gemblong Ketan Putih dan Ketan Hitam Sederhana Spesial Asli Enak. Kue gemblong goreng adalah kue khas jajanan pasar mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional banyak yang menjual kudapan asli indonesia ini katanya sih kuliner asli khas betawi tapi di Surabaya-Jawa Timur, Semarang-Jawa Tengah, Jogja-Yogyakarta dan Bandung-Jawa Barat kue gemblong enak ini ada. Kue balut gula ini terbuat dari campuran tepung beras, tepung ketan hitam dengan tepung ketan putih atau tidak dicampur alias masing-masing jenis tepung dan ada juga yang dari singkong namanya gemblong singkong. Apakah bisa kue unik ini di kreasikan? tentu bisa, sebelum kita kreasikan sebaiknya kita praktekkan memasak kue basah tradisional ini. Sekarang juga di dapur kitchen stadium.

Foto Kue Gemblong Ketan Betawi Sedap
Gambar Gemblong Ketan Putih

Menurut situs Wikipedia. Gemblong adalah salah satu jenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar jadul (jaman dulu). Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Kemudian adonan dibentuk bulat dan digoreng, setelah dingin dilapisi dengan larutan gula aren. Di daerah Jawa Timur gemblong dikenal dengan nama Getas. Meskipun memiliki rasa yang sama, getas terbuat dari ketan hitam, sedangkan gemblong terbuat dari ketan putih.

Sejarah asal usul mula kue gemblong. Masyarakat Sunda, Jawa, dan Betawi sejak lama sudah akrab dengan jenis panganan ini. Namun tidak diketahui secara jelas dari daerah mana kue gemblong ini berasal. Penamaan kue gemblong sendiri masih belum diketahui dari mana asal mulanya. Beberapa berpendapat bahwa nama gemblong diambil karena bentuknya yang bulat dan lonjong. Kue Gemblong bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional dan dijajakan oleh penjual kue tradisional.

Cara pembuatan kue gemblong terbuat dari tepung ketan yang terdiri dari bahan-bahan yang banyak ditemui di pasar-pasar Indonesia, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Untuk adonan dasar bahan yang digunakan adalah tepung ketan, tepung kanji, kelapa muda, santan, margarin, dan garam. Hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah memanaskan santan dan mencampurnya dengan tepung ketan. Setelah santan dan tepung ketan tercampur rata, barulah ditambahkan tepung kanji, kelapa parut, margarin, dan garam. Adonan dasar tersebut dicampur hingga kalis dan dibentuk bulat lonjong kemudian digoreng hingga matang. Sedangkan untuk adonan pelapis terdiri dari gula aren atau gula merah dan gula pasir. Pertama-tama gula aren dan gula pasir dipanaskan hingga terlihat berserabut. Kemudian masukan gemblong yang telah ditiriskan kedalam adonan gula tersebut, aduk sampai merata dan kering.

Kandungan Gizi. Gemblong mengandung energi sebesar 115 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 21,1 gram, lemak 2,6 gram, kalsium 0,06 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0,2 miligram. Selain itu di dalam Gemblong juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 40 gram Gemblong, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Jika sudah beli bahan-bahan yang diperlukan. Ya sudah kita langsung saja go to the kitchen stadium untuk bikin kue gemblong ketan hitam putih dengan membuat adonan dasar terlebih dahulu. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih gemblong goreng gula merah super lembut dan empuk takaran sendok sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jual gorengan pakai gerobak ala Abang-abang di pinggir jalan kaki lima.

RESEP GEMBLONG


BAHAN :
  • 75 gram tepung ketan putih
  • 75 gram tepung ketan hitam
  • 75 gram kelapa parut memanjang
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt air jeruk nipis
  • 100 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa parut
  • Lapisan gula
  • 40 gram gula pasir
  • 1 sdm air matang
  • Minyak goreng untuk menggoreng
Foto Gemblong Ketan Hitam Betawi
Gambar Gemblong Ketan Hitam

CARA MEMBUAT GEMBLOG KETAN HITAM PUTIH ENAK :
  1. Campur tepung beras ketan hitam dan tepung ketan putih, kelapa parut dan garam, aduk rata.
  2. Tambahkan air jeruk nipis dan santan, aduk rata sampai bisa dibentuk.
  3. Ambil 1 sdm adonan, dengan bantuan 1 lembar plastik, pulung adonan hingga berbentuk oval lakukan sampai adonan habis, sisihkan.
  4. Panaskan minyak hangat-hangat kuku,goreng adonan hingga matang dan mengapung, angkat dan tiriskan.
  5. Jerang gula dan air diatas api sedang hingga kental dan berbuih, masukkan gemblong goreng, aduk rata hingga permukaan tertutup gula pasir hingga rata.
  6. Diamkan sampai gula pasir mengeras angkat.
  7. Sajikan.
TIPS & TRICKS :
  • Jika tidak mau memakai tepung ketan hitam/item, bisa diganti dengan tepung ketan putih semua atau tepung ketan semua. Itu semua tergantung selera Anda.

CARA MEMBUAT KUE GEMBLONG KETAN ENAK