CARA MEMBUAT TUTUT BUMBU KUNING PEDAS


Resep Tutut Bumbu Kuning Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Hey, urang sunda Bandung tau ga tutut serudut? ya ini Admin Cara Buat Resep mau membahas artikel tentang tutut masak bumbu kuning yang super pedas, sehat dan bergizi tinggi mengandung kaya protein. Tutut sawah adalah sejenis keong sawah yang bagi para petani termasuk salah satu hama perusak batang tanaman padi. Ternyata jika diolah dan di rebus menjadi makanan yang lezat dan menyehatkan. Jika tutut segara terasa lebih manis. Anda bisa membuat aneka kreasi dan variasi jenis-jenis atau macam-macam masakan tutut, misalnya dengan memakai bumbu merah.

Foto Tutut Bumbu Kuning Pedas Si Keong Sawah Cimancung
Gambar Tutut Bumbu Kuning Pedas

Tutut adalah binatang yang hidup di perairan dangkal dan bersih, biasanya hidup di daerah sekitar rawa, sawah, pinggir danau, sungai kecil dan perairan-perairan lainnya. Tutut memakan jenis tanaman air seperti lumut dan ganggang. Bentuk fisik mirip keong hanya saja ukurannya lebih kecil. Tutut ini menurut MUI halal lho karena termasuk hewan air dan habitat nya adalah air beda dengan bekicot haram itu adalah hewan yang hidup di dua tempat darat dan air.

Makanan nostalgia ala kampung desa tradisional ini jarang ada di kota Anda, tapi kalau di kota bandung banyak yang jualan keliling pasar maupun di pinggir jalan yang menjual siput tutut khas bandung. Selain dimasak bumbu kuning aneka kreasi olahan tutut keong sawah ini ada beberapa variasi yang dikembangkan bisa diolah dengan berbagai aneka kreasi bumbu saus lada hitam, tutut rebus, dimasak santan gurih, dengan saos tiram, saus padang, tutut balado, sambal tutut, rica rica tutut, dll. Paling mudah Masak tutut ya tutut original atau asli adalah tutut rebus dan bumbu kuning ini. Cara pengolahan dan masak tutut asli sangat sederhana.





RESEP TUTUT


BAHAN PERSIAPAN :
  • Rendam tutut semalam, diganti 2-3 kali air rendamannya
  • Gosok-gosok supaya lumut yang menempel di cangkang tutut bersih,
  • cuci beberapa kali sampai bersih
  • Potong bagian belakang cangkang untuk mengeluarkan kotorannya, cuci lagi beberapa kali sampai bersih
  • Siap dimasak
BUMBU (untuk kurleb 1 kg) :
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 4 cm kunyit
  • 3 buah kemiri
  • Daun salam
  • Laos
  • Sereh/serai
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 1 lt air
CARA MEMASAK TUTUT BUMBU KUNING PEDAS :
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri. Tumis sampai harum.
  2. Masukkan tutut yang sudah bersih, aduk-aduk, tambah daun salam, laos, sereh.
  3. Tambah air, daun bawang, garam dan gula. Masak jangan terlalu lama (10-15 menit saja)
  4. Angkat
  5. sajikan.
CARA MAKAN TUTUT KHAS SUNDA

Tutut rebus adalah makanan tradisional Sunda. Tutut yang dijual di pinggiran Jalan Baru Bogor dan Ujung Berung Bandung tersebut sudah dimasak dengan cara direbus hingga matang bersama bumbu seperti salam, sereh/serai, lada. Sebelum dimasak biasanya bagian ujung kerucut spiralnya dipotong sedikit dengan pisau.

Cara memakan tutut ini sangat unik, yaitu dengan cara disedot seketika (disedot menghentak). Daging tutut bisa keluar dan langsung masuk ke mulut, untuk inilah bagian ujung cangkangnya harus dipotong supaya angin bisa masuk. Kalau tak pandai menyedotnya, cungkil saja dengan tusuk gigi.

Khasiat dan Manfaat Tutut Keong Sawah

Daging tutut beratnya sekitar 4–5 g dari berat total keseluruhan. Kandungan kalsium dalam makanan ini sangat tinggi sehingga sangat baik uuntuk pertumbuhan tulang dan gigi khususnya mencegah osteoporosis bagi lansia.

Dalam 100 gram daging tutut mengandung energi sebanyak 64 kalori, 11,8 g protein, 5,3 g lemak, 3 g karbohidrat, 299,2 g kalsium, 122,5 mg fosfor, dan 11,7 mg besi. Tak hanya itu kandungan vitamin seperti vitamin A, E, niacin dan folat juga ada di binatang kecil ini. Jadi bayangkan khasiatnya, vitamin A untuk mata, vitamin E untuk regenerasi sel dan kecantikan kulit, niacin berperan dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi dan asam folat baik untuk ibu hamil supaya bayinya tidak cacat tabung syarafnya, dan banyak lagi.
Melihat kandungan gizi yang cukup tinggi, tutut bisa menjadi alternatif makanan pengganti daging ayam, daging sapi, dan lainnya. Mengenai khasiat untuk kesehatan sendiri, tutut juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti penyakit seperti diabetes, maag, liver, kolesterol serta berbagai penyakit lainnya, asalkan dikonsumsi secara teratur. Bahkan ada banyak orang yang sudah membuktikan, bahwa sakit punggung juga bisa teratasi dengan memakan tutut.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TUTUT BUMBU KUNING PEDAS