CARA MEMBUAT BUBUR SUMSUM CANDIL SPESIAL


Resep Bubur Sumsum Candil Biji Salak Spesial Lembut Sederhana Asli Enak dan Gurih. Empuknya bubur sumsum special super lezat ini akan semakin pas dengan sensasi lembutnya candil. Makanan ini memang sangat pas untuk disajikan pada waktu berbuka puasa di bulan ramadhan sebagai menu takjil manis, tapi juga cocok dihidangkan untuk bahan cemilan makanan sehari-hari baik untuk sarapan pagi maupun untuk ngemil terbukti banyaknya Abang2 tukang bubur sumsum putih maupun bubur sumsum hijau pandan ini di pasar-pasar tradisional.

Foto Bubur Sumsum Asli Enak
Gambar Bubur Sumsum Candil

Mari kita lupakan sejenak untuk memasak bubur sumsum candil yang begitu sedap dan lengkap. Menurut situs wikipedia Bubur sumsum atau sum sum adalah sejenis makanan berupa bubur warna putih yang dimakan dengan kuah manis (air gula merah). Dibuat dari bahan tepung beras. Makanan ini selain terdapat di Indonesia juga terdapat di Malaysia. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bubur sumsum candil sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan atau untuk usaha bisnis ala Abang-abang dengan kombinasi bubur sumsum campur candil atau biji salak.





RESEP BUBUR SUMSUM CANDIL


BAHAN :

BAHAN BUBUR SUMSUM CANDIL :
  • 150 gram tepung beras
  • 900 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
  • 100 ml air daun suji, dari 40 lembar daun suji dan 4 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
BAHAN CANDIL :
  • 75 gram tepung ketan
  • 1 sdt tepung sagu
  • 1/8 sdt garam
  • 50 ml air panas
BAHAN SIRUP GULA MERAH :
  • 200 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 400 ml air
CARA MEMBUAT BUBUR SUMSUM CANDIL KOMPLIT :
  1. Cara Membuat Bubur Sumsum Putih : Larutkan tepung beras dengan 1/2 bagian santan. Sisihkan.
  2. Rebus sisa santan, air daun suji, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.
  3. Tuang larutan tepung beras. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup dan matang. Angkat.
  4. Cara Membuat Candil : Bahan candil: campur tepung ketan, tepung sagu, dan garam. Aduk rata. Masukkan air panas sedikit-sedikit. Uleni sampai kalis.
  5. Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat ukuran sedang. Sisihkan.
  6. Bahan sirup: rebus gula merah, daun pandan, dan air sampai larut. Angkat dan saring. Didihkan lagi.
  7. Masukkan bola-bola ketan. Masak sampai terapung.
  8. Sajikan bubur sumsum bersama candil, sirup, dan candil untuk 5 porsi

TIPS & TRICKS :
  • Angkat bubur sumsum dari api begitu meletup-letup agar bubur sumsum tidak berminyak.
  • Cara membuat bubur sumsum agar tidak menggumpal.
Bubur sumsum yang nikmat adalah yang bertekstur lembut dan tidak menggumpal. Disantap dengan kucuran saus gula merah makin legit rasanya. Bubur sumsum pun bisa dinikmati sebagai menu sarapan, bisa juga dijadikan kudapan.
Cara memasak bubur sumsum sebenarnya gampang-gampang susah. Kelihatannya memang menu yang sederhana. Tapi kalau ada satu saja kesalahan dalam membuatnya, bubur sumsum pun jadi menggumpal. Nah, agar bisa memasak bubur sumsum yang lembut, cuma butuh tiga langkah sederhana.
  1. Pilih tepung beras dengan warna putih mengkilat, Kunci bubur sumsum yang lezat adalah tepung beras yang berkualitas dan masih baru. Gunakan tepung yang tidak berbau apek dan warnanya putih mengkilat. Imbangi juga dengan pemilihan santan yang berkualitas baik. Lebih disarankan menggunakan santan segar daripada santan kemasan.
  2. Larutkan tepung beras sebelum dipanaskan. Maksudnya adalah larutkan atau cairkan dulu tepung beras dengan sebagian santan di mangkuk terpisah terlebih dahulu. Aduk dan larutkan sampai licin. Baru setelah itu pindahkan ke panci untuk dipanaskan. Dengan begini, tepung beras tidak akan mudah menggumpal dan bisa menghasilkan bubur yang lembut.
  3. Aduk adonan tepung dengan api sedang. Di panci, masukkan lagi sisa santan. Tambahkan daun pandan dan garam secukupnya. Kemudian masak dengan api sedang. Jangan lupa untuk terus diaduk sampai kental dan mendidih. Pastikan memasaknya sampai meletup-letup ya agar buburnya nanti tidak menimbulkan bau tepung yang masih mentah. Kalau tidak sampai mendidih, dikhawatirkan nanti bubur yang dihasilkan masih berbau apek dan pastinya tidak enak di mulut.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BUBUR SUMSUM CANDIL SPESIAL