CARA MEMBUAT MACAROONs WARNA WARNI ENAK

Resep Kue Macaroon Warna Warni Sederhana Spesial Asli Enak. Macaroon dalam Bahasa Perancis Macaron sering juga disebut french macaroon recipe. Kue Macaroon memang asli prancis berbentuk bulat dan berwarna-warni imut dan lucu mirip biskuit, dari penampilan kue makaron.... hmm sangat menarik dan menggoda untuk dimakan apalagi kue atau cake ini tekstur nya lembut, empuk dan renyah. Ada yang warna coklat, putih, pink, kuning, ungu, biru, putih, hijau, dll. Resep macaroon gampang yang sulit prakteknya. Semarakan hari natal dan tahun baru Anda dengan kue ini dan cocok juga untuk hari Valentine Day hari kasih sayang dunia.

Foto Kue Macaroon Perancis
Gambar Kue Macaroon

Menurut situs resepkita Apakah macaroon dan macaron itu sama atau berbeda? Begini ulasannya. Di beberapa toko kue atau patisserie di Indonesia kadang ada yang menulis macaron dan ada juga yang menuliskan macaroon sedangkan menu yang dihidangkan adalah sama, kue mungil bulat dengan warna-warni cerah. Sedangkan beberapa sumber temasuk situs wikipedia menjelaskan bahwa dua jenis makanan ini sebenarnya berbeda. Apa mungkin karena nama keduanya yang hampir mirip penulisannya sehingga beberapa orang sering tertukar? Berbekal rasa penasaran itu ResepKita mencari jawaban dari berbagai sumber dan informasi para pencinta kuliner tentang macaron dan macaroon. Mari, kita kupas bersama apakah macaroon dan macaron berbeda atau sama saja?

Dua nama kue yang mirip ini, macaron dan macaroon konon sama-sama berasal dari bahasa Italia, ammaccare yang berarti renyah atau garing. Namun ternyata macaron dan macaroon adalah dua jenis kue yang berbeda. Berikut perbedaannya :

Macaron

Macaron adalah jenis kue kering meringue, terbuat dari tepung almond, putih telur, gula pasir dan diberi isian krim mentega atau krim buah aneka rasa. Macaron yang sering Clovers temui dengan warna-warna cerah dan bentuk mungil ini punya nama asli French Macaroon, karena berasal dari Perancis. Kue warna-warni ini sempat sangat populer belakangan ini di Indonesia dan negara lain. Macaron tak hanya dibuat dalam variasi warna yang menarik mata namun juga dalam bentuk-bentuk karakter lucu. Macaron didominasi dengan rasa gurih yang berasal dari tepung almond dengan isian aneka rasa yang unik, seperti vanila, kopi, cokelat, buah-buahan, kelapa, green tea dan masih banyak lagi. Aneka variasi dan kreasi lainnya ada Kue Macaron kukus.

Macaroon

Macaroon adalah sering disebut juga Coconut Macaroon atau Macaroon Kelapa. Bentuknya berbeda dengan macaron yang sering Clovers lihat di toko kue dengan warna-warna cerah dan isian krim aneka rasa. Macaroon terbuat dari kelapa kering, telur dan gula. Jika macaron pertama kali ditemukan di Perancis, macaroon pertama kali ditemukan di Australia. Dari segi bentuk, tekstur dan rasa kedua kue ini pun berbeda. Macaroon mempunyai tekstur yang keras di luar namun lembut di dalamnya, rasanya manis, biasanya dihias dengan potongan cherry, dicelup ke dalam cokelat hitam atau cokelat putih. Ada juga varian macaroon yang diisi dengan selai rasberry atau buah glace. Selain di Australia, macaroon juga populer di Amerika Serikat, Belanda, Jerman dan beberapa negara lain. Di Indonesia sendiri ada beberapa toko kue yang menjual coconut macaroon, meski popularitasnya tidak sedahsyat macaron. Kapan-kapan Clovers boleh mencoba rasanya yang unik dan bikin ketagihan. Aneka variasi dan kreasi lainnya ada Kue Macaroon kukus.

Setelah mengetahui perbedaan dua kue ini, semoga Clovers bisa membedakan keduanya dan tidak salah menuliskan atau menyebut nama kue ini lagi. Namun di Indonesia dan beberapa negara lain cara penulisan macaroon dan macaron memang sulit dibedakan. Biasanya sebagian besar orang akan langsung berpikir tentang kue mungil warna-warni dengan isian aneka krim meskipun disebut dengan nama macaroon yang sebenarnya adalah macaron. Sedangkan macaroon yang asli lebih dikenal dengan sebutan macaroon kelapa atau coconut macaroon yang jelas sama-sama kue yang bisa dimakan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih macaron panggang renyah lembut dan empuk takaran sendok dan gram sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka toko kue prancis ala restoran cafe resto.

RESEP MACARON PANGGANG


BAHAN :
  • 3 putih telur
  • 2 sdm gula kastor atau caster sugar
  • 200 gram gula icing atau icing sugar
  • 120 gram tepung almond atau almond meal
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • 2 sdm icing sugar untuk taburan
BAHAN GANACHE (OLESAN) :
  • 100 gram cokelat putih, potong-potong
  • 2 sdm krim kental atau heavy cream
  • 1/2 sdt vanila bubuk
CARA MEMBUAT GANACHE UNTUK OLESAN KUE :
  1. Masak cokelat putih bersama krim kental dalam panci di atas api kecil.
  2. Aduk-aduk hingga adonan tercampur dan halus.
  3. Letakkan adonan ganache ke dalam mangkuk, tunggu hingga dingin hingga kental dan bisa dioles.
CARA MEMBUAT KUE MACAROONS ENAK :
  1. Siapkan loyang yang diberi olesan mentega tipis, tutup dengan kertas roti. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga lembut berjejak. Tambahkan gula kastor dan kocok terus hingga gula larut. Matikan mixer.
  3. Tambahkan icing sugar dan tepung almond, aduk rata dengan spatula.
  4. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk yang lebih kecil. Jika Anda ingin beberapa warna, bagi adonan dalam mangkok yang berbeda lalu beri pewarna makanan, aduk hingga rata.
  5. Masukkan adonan dalam kantong kue bentuk segitiga, lubangi ujungnya.
  6. Semprot adonan di atas loyang berbentuk bulatan-bulatan yang sama. Beri jarak sekitar 2 cm di antara adonan.
  7. Taburkan adonan yang sudah dicetak dengan icing sugar, diamkan selama 15-20 menit.
  8. Panggang adonan dalam over bersuhu 150 derajat celsius selama 20 menit atau hingga matang.
  9. Angkat, dinginkan macaroon.
  10. Oleskan satu bagian macaroon dengan ganache, lalu tutup dengan macaroon berwarna sama.
  11. Macaroon siap disajikan.
TIPS & TRICKS :
  • Gula kastor atau caster sugar adalah jenis gula halus yang memiliki tekstur sangat lembut. Bisa Anda dapatkan di berbagai toko bahan kue.
  • Gula icing atau icing sugar adalah gula halus yang dirancang khusus dengan zat anti kepal agar tidak mudah menggumpal. Bisa Anda dapatkan di berbagai toko bahan kue.
  • Tepung almond atau almond meal adalah tepung khusus yang dibuat dari almond. Bisa Anda dapatkan di berbagai toko bahan kue.
  • Selalu disimpan di lemari es agar tetap renyah.

CARA MEMBUAT MACAROONs WARNA WARNI ENAK