CARA MEMBUAT ES SOP BUAH BANDUNG SPESIAL SEGAR


Resep ES Sop Buah Bandung Sederhana Spesial Pakai Kuah Susu Segar Asli Enak Untuk Jualan. Jika di Bandung minuman segar sederhana enak ini namanya sop/soup buah susu di kota lain disebut resep es buah apapun namanya rasanya sama-sama sedap dan memiliki khas masing-masing tapi intinya sama-sama memiliki kuah makanya disebut sop atau sup. Tips Untuk jenis buah yang digunakan sesuai selera, aneka kreasi dan buah-buahan yang mudah dicari atau banyak yang jual dipasar tradisional maupun supermarket modern. Ada juga yang memodifikasi sop buah dengan menambahkan variasi aneka rasa campur istimewa seperti yoghurt, kacang goreng, kacang merah, durian, stroberi (strawberry), es teler lezat, santan, buah naga, buah naga merah dan buah naga putih, dll. Ada juga yang suka bikin sajian sop buah sederhana atau simple dengan beberapa buah saja dan sirup botolan, susu, air gula dan es cube, es serut atau es batu dll. Resep sop buah yang paling enak mulai dari resep pak ewok, pak oyen, dll. Pada bulan puasa ramadhan es buah ini ramai diburu pembeli omset meningkat sampai beberap kali lipat sebagai hidangan pembuka menu berbuka puasa ataupun sebagai dessert pencuci mulut.

Foto Es Buah Asli Enak
Gambar Sop Buah Susu Segar

Apa perbedaan sop buah dan es buah segar? Katanya kalau sop buah segar itu memiliki ciri khas lebih lengkap buahnya dan kuahnya merah keruh karena dicampur syrup marjan dan susu kental manis, sedangkan es buah jumlah campuran buahnya lebih sedikit dengan kuah bening seperti pada es buah koktail yang kuah bening, biasanya memakai buah pepaya, buah nanas, buah melon, dll. Namun kini bedanya sudah tipis dan terkadang sudah tidak ada bedanya lagi yang jelas penyebutannya lebih ke sop buah Bandung, sedangkan di daerah lain menyebutnya es buah. Es yang digunakanpun terkadang sesuai selerah ada yang memberinya es batu dan ada juga memakai es serut atau es batu yang diserut menggunakan alat serut es batu atau es balok dan ada juga yang memakai es kapsul atau es cube.

Contoh pengertian es buah menurut situs Wikipedia. Es buah adalah dessert koktail es buah Indonesia. Minuman dingin dan manis ini terbuat dari buah dadu yang dipotong dadu, seperti melon, melon, nanas, pepaya, squash, nangka dan kolang kaling (Arenga pinnata fruit), dicampur dengan es serutan atau es batu, dan dipermanis dengan gula cair atau sirup. Jenis buah yang digunakan dalam makanan penutup ini dapat bervariasi, beberapa mungkin menambahkan buah yang tersedia seperti mangga, semangka atau lengkeng - beberapa buah impor - seperti lychee, kiwi, stroberi, pir, buah persik atau anggur. Bahan lainnya bisa ditambahkan juga, seperti agar-agar jeli, rumput jeli, rumput laut atau nata de coco.

Es buah dalam bahasa Inggris fruits Ice adalah minuman yang populer di kalangan orang Indonesia, terutama pada bulan Ramadhan sebagai pilihan populer untuk berbuka puasa atau sebagai menu takjil untuk berbuka puasa di kalangan umat Islam Indonesia. Hal ini sangat mirip dengan es campur dan es teler meski dengan isi yang berbeda. Sedangkan sejarah dan asal-usulnya belum jelas.

Di Bandung namanya sop buah sedangkan di daerah lain namanya es buah sama saja, cuma yang membedakan dari campuran buah yang dipakai untuk sop buah menggunakan macam-macam buah yang lebih lengkap alias komplit. Kalau di Jakarta es campur ciming terkenal enak dari jaman dulu, kalau di Bandung resep es Oyen. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan olahan resepi es sop buah susu segar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) beserta gambarnya yang simple mudah dan praktis ekonomis harga murah meriah untuk konsumsi sendiri atau untuk usaha jualan bisnis aneka es buah ala Abang abang pakai gerobak atau warung es buah laris manis tanjung kimpul.





RESEP SOP BUAH


BAHAN :
  • 300 gram buah anggur pilihan, masing-masing dibelah dua
  • 100 gram daging buah avokad atau alpukat, dipotong-potong
  • 100 gram buah melon, dikerok panjang
  • 100 gram buah lontar, dipotong-potong
  • 500 ml air
  • 300 gram es serut
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Es Teler

BAHAN SIRUP :
  • 200 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 1/2 sdm air jeruk nipis
CARA MEMBUAT SOP BUAH BANDUNG SPECIAL :
  1. Sirup, rebus air dan gula pasir di atas api kecil sampai larut dan mengental. Angkat.
  2. Tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata. Dinginkan.
  3. Campur anggur, avokad, melon, dan lontar. Aduk rata.
  4. Tambahkan sirup dan es serut. Sajikan.
  5. Sajikan sop buah asli untuk 6 porsi kenyang banget boleh ditambah susu.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep
Tags :

CARA MEMBUAT ES SOP BUAH BANDUNG SPESIAL SEGAR