CARA MEMBUAT ACAR KUNING TIMUN WORTEL MATANG ENAK

Resep Acar Kuning Timun Wortel Matang Sederhana Spesial Asli Enak. Acar mentimun istimewa ini sering kita jumpai jika makan prasmanan di suatu acara hajatan pesta atau acara prasmanan perkawinan atau pernikahan sunda, acara keluarga, menu catering, aqiqah, acara keluarga, dll. Padahal membuat acar kuning ini sangatlah mudah, praktis, dan enak dinikmati bersama nasi putih di rumah, makan jadi lahap, berikut resep lengkapnya. Admin bagikan dengan senang hati buat bunda secara gratis. Siapa tau resep acar ketimun bukan atau non segar ini dapat dijadikan peluang usaha catering, restoran, atau rumah makan sederhana dan bahkan menu sajian untuk warteg murah-meriah (murmer). Sampai jumpa di dapur masing-masing di rumah masing-masing pula.

Foto Acar Kuning Timun Wortel Untuk Hajatan Pesta
Gambar Acar Kuning Timun Wortel

Resep acar ini adalah acar timun wortel kuning matang karena proses sebelum mentimun, wortel dan bahan lainnya harus direbus terlebih dahulu sampai setengah masak, barulah bisa dibuat acar berbeda dengan proses pembuatan acar timun mentah. Oh ya acar kuning ini banyak sekali kegunaannya selain bisa dimakan langsung juga bisa dibuat aneka kreasi olahan masakan lainnya, seperti masak ikan bumbu acar kuning, ayam, seafood, dan sayur-sayuran lainnya. Selamat mencoba dan berkreasi. Salam dari blog Carabuatresep yang selalu konsisten dan fokus menyajikan kuliner dan kudapan Asli Indonesia dan bahkan resep dunia. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi acar kuning timun wortel cabai pedas untuk hajatan pesta perasmanan dan catering sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis katering, warung makan, rumah makan dan restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP ACAR KUNING


BAHAN :
  • 1 kg ketimun/mentimun/timun
  • 3 buah wortel
  • 2 ons bawang merah. boleh ditambah cabe ijo atau cabe rawit
  • 3 ons cabai merah atau cabai rawit ijo
BUMBU :
  • 3 Siung bawang putih
  • 3 sendok makan cuka
  • 10 butir kemiri
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 sdt garam
CARA MEMBUAT ACAR TIMUN WORTEL :
  1. Potong ujung ketimun dikupas, dibelah dua memanjang, dikeluarkan bijinya kemudian dipotong kecil sebesar korek api setebal 1 cm.
  2. Untuk wortel dipotong-potong berbentuk sama dengan ketimun.
  3. Cabai merah, bawang merah dipotong kecil-kecil.
  4. Ketimun, bawang merah, lombok merah dimasukkan direbus sampai setengah masak.
  5. Bawang putih, kemiri, kunyit, garam dihaluskan ditumis, ditambah air 2 gelas. lalu didihkan.
  6. Matikan api lalu tambahkan cuka.
  7. Masukkan irisan ketimun, cabai merah dan wortel. Aduk rata, dan diamkan di kulkas, sajikan.
Acar timun wortel ini berwana kuning karena mengandung bahan kunyit berbeda dengan acar yang dijumpai di warung tenda nasi goreng itu resep acar timun wortel mentah sederhana yang diberi ketimun, wortel, bawang merah dan cabai atau cabe rawit boleh yang ijo maupun yang merah tapi lebih enak cabe hijau.

CARA MEMBUAT ACAR KUNING TIMUN WORTEL MATANG ENAK