CARA MEMBUAT GULO PUAN KHAS PALEMBANG


Resep Gulo Puan Khas Palembang Sederhana Spesial Asli Enak. gulo puan ini memang salah satu makanan langka di Palembang, penjual/pedagang dan pembuatnya juga sangat sedikit bisa dikatakan hampir punah, bahkan untuk mendapatkan gulo puan atau gula puan atau gula susu ini harus menunggu hari jumat, dan membelinyapun di kawasan Masjid Agung Palembang saja. Sebenarnya gulo dalam bahasa Palembang berarti gula, sedangkan puan artinya susu, jadi gulo puan adalah gula susu atau gulo susu. Dinamakan gulo puan karena makanan yang sangat manis ini terbuat dari bahan gula dan susu kerbau saja. Dimasak berbentuk karamel, rasanya sangat nikmat dan lezat, bisa dijadikan campuran atau olesan roti, bisa juga sebagai campuran untuk membuat kue delapan jam ala Palembang, Sumatera Selatan (SUMSEL).

Foto Resep Gula Puan Khas Palembang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Gulo Puan Khas Palembang

Gulo Puan adalah olahan tradisional gula yang dihasilkan dari susu kerbau. Gula puan sudah menjadi olahan pangan khas Sumatera Selatan, khususnya di desa Pampangan Kabupaten OKI. Mahalnya gula puan, membuat makanan ini menjadi berkelas. Untuk mendapatkannya pun cukup sulit, karena pemasarannya yang terbatas. Cara pembuatan gula puan sendiri sebenarnya cukup gampang.

Gulo puan merupakan makanan yang diolah secara tradisonal yang sangat istimewa dijaman Kesultanan Palembang Darussalam, istimewa dikarenakan bahan dari makanan ini sangat mahal, bayangkan untuk bahan susu, tidak bisa menggunakan susu sapi, karena harus menggunakan susu kerbau rawa. Hal ini yang menjadikan makanan ini unik dan menarik. Karena menggunakan bahan yang mahal, jadi wajar saja bila gulo puan ini jugo harganya mahal di pasaran, untuk sekilo gulo puan bisa berkisar antara harga 150 sampe 175 ribu rupiah.

Pembuat gulo puan tidak ada di Palembang, tetapi bisa kita jumpai di Desa Pulo Layang, Pangpangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), desa yang terletak di tengah rawa inilah satu-satunya tempat produksi gulo puan di Sumsel. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi gulo puan sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk jualan usaha bisnis kuliner dan jajanan siapa tahu bisa terkenal seperti Mang Robin.

RESEP GULO PUAN PALEMBANG


BAHAN :
  • 1 liter susu kerbau rawa
  • 1/4 kg gula pasir
PERALATAN :
  • Kuali/wajan penggorengan
  • Spatula
  • Kayu bakar
  • Tungku batu
CARA MEMASAK GULO PUAN PALEMBANG :
  1. Campurkan susu dan gula pasir, kemudian tuangkan kedalam kuali yang sudah dipanasi terlebih dahulu.
  2. Aduk terus menerus (seperti membuat dodol) sampai kalis. Butuh waktu kurang lebih 1 jam. Jangan berhenti mengaduk, karena gula puan akan menjadi gosong.
  3. Setelah warna berubah menjadi kuning dan menggumpal, adonan dapat diangkat.
  4. Guo puan dapat bertahan lama sampai 3 bulan dan tidak berbau amis.
  5. Sajikan atau siap digunakan.


Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT GULO PUAN KHAS PALEMBANG