CARA MEMBUAT KUE PUDAK KHAS GRESIK

Resep Kue Pudak Khas Gresik Lengkap Sederhana Spesial Asli Enak. Jajanan kue atau makanan khas Gresik, Jawa Timur ini dikemas dengan menggunakan OPE atau kulit dari pohon lontar semakin nikmat rasanya dan aroma yang khas Pudak Gresik. Pada awalnya terdapat 3 macam kue pudak antara lain; pudak putih (berbahan gula pasir), pudak merah (berbahan gula merah), dan pudak sagu (berbahan sagu) dan ada juga variasi pudak jagung bungkus kulit jagung segar dan pudak pandan atau pudak hijau/ijo dan variasi baru yaitu kue pudak mini ukuran kecil kayak unyil.

Foto Resep Pudak Gresik Lengkap Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Pudak Gresik Putih

Kemasan kue pudak ini memiliki bentuk yang unik dan khas karena bahan pembungkusnya yang mulai sulit didapatkan dan proses pembuatan pun tidak sederhana. Sebelumnya digunakan, pangkal daun pinang harus disamak terlebih dahulu untuk memisahkan kulit dalam dan kulit luar. Untuk membungkus pudak, hanya kulit bagian dalam yang digunakan karena lebih tebal dan halus sedangkan kulit bagian luar dibuang.

Menurut situs Wikipedia. Pudak adalah makanan atau kue Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras, gula pasir/gula jawa dan santan kelapa yang dimasukkan kemasan yang disebut "Ope" yaitu pelepah daun pinang.

Pudak juga ada yang berbahan sagu dan disebut Pudak Sagu. Pada perkembangannya, ragam kue bunga pudak tidak terbatas 3 rasa macam saja seperti sebelumnya: pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu malah sekarang ada pudak jagung dari bahan jagung. Oleh kreatifitas pembuat kue pudak untuk merebut pasar, maka ragam dan rasa pudak pun bertambah, diantaranya pudak pandan yang berwarna hijau dan harum karena campuran sari daun pandan.

Disamping rasa yang khas, bentuk kemasan pudak tidak ada yang menyamai di antara jajanan manapun. Dari bahan yang sudah mulai langka, pembuatannya pun tidak sederhana dan tidak gampang. Pangkal pelepah daun pinang harus disamak lebih dahulu untuk memisahkan kulit luar dan kulit dalam. Kulit bagian dalam inilah yang dimanfaatkan. Setelah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian dilipat dan dijahit dengan alur seperti huruf L tanpa sudut, sehingga sisi dan dasarnya tertutup dan membentuk ruang seperti gelas. Setelah adonan dituangkan, ujung kemasan yang terbuka dikuncupkan dan diikat. Baru dikukus. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pudak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka pudak oleh-oleh khas Gresik.

RESEP PUDAK GRESIK


BAHAN :
  • 500 gram tepung beras selep (beras direndam semalaman tiriskan dan jadikan tepung)
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gram sari daun pandan suji
  • 1400 gram santan kelapa dari 2 butir kelapa
CARA MEMBUAT PUDAK GRESIK :
  1. Didihkan santan 1000 gram, sisihkan.
  2. Campur tepung beras,gula,garam,air daun pandan suji.
  3. Siram dengan santan panas aduk hingga rata lumer halus tidak bergerindil setelah rata masukkan santan dingin dan vanili.
  4. Masukkan/Cetak dalam OPE kukus hingga 1 jam.
  5. Biarkan dingin, ikat lalu gantung pudak.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE PUDAK KHAS GRESIK