CARA MEMBUAT SEMPOL MIE INSTAN PRAKTIS BUAT JUALAN

Resep Sempol Mie Telur Tepung Panir atau Tepung Roti Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak Untuk Dijual. Makanan sempol renyah crispy ini termasuk jajanan sempol tanpa ayam atau tanpa daging sapi atau tanpa ikan. Jadi sempol ayam sangat cocok dijadikan peluang usaha jajanan sekolah atau jajanan SD, SMP, SMA, bahkan di lingkungan kampus perguruan tinggi bisa dijual di kantin sekolah atau kantin kampus atau dengan gerobak keliling atau mangkal di depan sekolah mengingat bahannya ekonomis dengan harga murah meriah. Jika ingin lebih murah lagi bisa menekan harga dengan mengurangi telor atau membuat sempol mie tanpa telor buat jualan.

Foto Resep Sempol Mie Telur Tepung Panir atau Tepung Roti Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak Untuk Dijual
Gambar Sempol Mie Tepung Panir

Menurut situs Wikipedia Sempol atau sempolan adalah sejenis gorengan yang terbuat dari tepung tapioka. Sempol sendiri adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Sempol banyak dijumpai di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jajanan ini memiliki rasa kenyal karena berbahan dasar tepung tapioka (aci). Sempolan biasanya berbentuk lonjong dan ditusuk dengan lidi atau tusuk sate terbuat dari bambu mirip seperti sate lilit dengan tekstur yang lembut dan empuk. Setelah di goreng setengah matang kemudian di balur dengan telur yang sudah di kocok dan kemudian di goreng kembali sampai matang. Biasanya sempol goreng dibalut tepung panir atau tepung roti ini dimakan dengan saus merah yang pedas dan kecap. Kini berkembang ada banyak macam-macam jenis sempol goreng krispi menurut bahan utamanya, seperti sempol ayam, sempol mie, sempol daging sapi giling, sempol ikan, sempol udang, sempol telur, sempol cilok, sempol mie gulung telur, sempol mie sosis, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sempol mie telor atau mie instan tusuk bambu tidak keras, seperti Indomie, supermie, dan mi instan lainnya sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka sempol goreng lezat ala Abang-abang.

RESEP SEMPOL MIE TELOR


BAHAN :
  • 300 gram mie telor boleh diganti dengan mie instan kemasan biasa
  • 5 sdm minyak sayur
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 bungkus penyedap rasa siap pakai terserah merk apa saja
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 butir telor/telur utuh
  • 50 gram tepung roti kasar atau tepung panir
  • Secukupnya tusuk sate atau lidi
  • Saos sambal
CARA MEMASAK SEMPOL MIE :
  1. Rebus mie telor atau mie instan hingga matang, angkat, tiriskan, olesi minyak hingga rata.
  2. Campur mie dengan tepung, bawang putih, masako, dan lada aduk rata dan cek rasa, bentuk adonan sesuai selera, lalu dikepal pakai tangan.
  3. Kocok lepas telor, celupkan sempol mie ke telor lalu balur dengan tepung roti, lakukan semua hingga habis, simpan dikulkas 30 menit.
  4. Lalu goreng, beri tusuk sate.
  5. Sajikan sempol goreng bersama saos sambal pedas dan kecap manis.

CARA MEMBUAT SEMPOL MIE INSTAN PRAKTIS BUAT JUALAN