CARA MEMBUAT PEMPEK LENJER PALEMBANG

Resep Pempek Lenjer Palembang Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Aneka variasi dari pempek lembut dan empuk ini adalah pempek sosis, hanya saja bentuknya seperti lenjer/batang gelondongan dimana sosis terbungkus oleh adonan pempek atau mpek mpek untuk ukuran bebas kecil atau mini boleh mau ukuran besar jumbo mak lengan boleh. Cara memasak dan menyajikannya sama seperti empek empek lenjer tradisional biasa.

Foto Pempek Lenjer Besak Kecik Lemak Nian
Gambar Pempek Lenjer Besar dan Kecil

Pempek lenjer adalah termasuk pempek yang paling sederhana, sehingga mudah dalam membuatnya. Pempek lenjer kreasi olahan ikan tenggiri, ikan gabus, ikan kakap, ikan cucut, ikan parang parang, dll, walaupun begitu bisa juga dibuat tanpa ikan, biasa disebut pempek lenjer tanpa ikan. Masalah bentuk dan ukuran panjang bisa dibuat besar maupun versi kecil namanya pempek lenjer mini.

Pempek lenjer ini multi fungsi, karena dapat dijadikan bahan untuk membuat macam-macam makanan, seperti : Laksan, Kerupuk/kemplang, Lenggang, dan Rujak mie. Pempek lenjer paling enak dan paling terkenal adalah pempek lenjer candy, pempek lenjer Pak Raden, pempek lenjer Nyonya Ny Liem, pempek 7 ulu, 8 ulu, 24 ilir, 16 ilir, dll.

Berbeda dengan jenis-jenis atau nama pempek lainnya, pempek lenjer memiliki lagu, jadi sambil membentuk adonan pempek ini bisa sambil menyanyikan lagu ini yang ga hapal bisa download lagu mp3 nya terlebih dahulu kemudian di stel.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Cuko Pempek

Lirik Lagu Daerah Palembang Pempek Lenjer

Bulet besak panjang mak lengen
Kejel-kejel rasonyo marem
Masuk ke mulut matonyo mejem
Mertuo lewat masih ditelen

Kejel keras sudah biaso
Asak bae iwaknyo teraso
Digoreng pake minyak kelapo
Jadi nambah lemak rasonyo

Reff :
Pempek lenjer oy pempek lenjer
Siapo nyingok pastilah ngiler
Pempek lenjer oy pempek lenjer
Makan sikok pacak kelenger

Mangcek bicek janganlah lupo
Ngawak balek oleh-olehnyo
Pempek lenjer samo cukonyo
Kito makan bersamo-samo

Back to Reff

Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pempek lenjer sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka pempek.





RESEP PEMPEK LENJER


BAHAN :

1 Resep adonan dasar pempek (Lihat pada artikel sebelumnya cari di kotak search)

CARA MEMBUAT PEMPEK LENJER :
  1. Bentuk adonan pempek seperti potongan kayu (Bulat atau pipih dan panjang).
  2. Rebus sampai terapung dan matang lalu dinginkan.

CARA MEMBUAT PEMPEK LENJER PALEMBANG