CARA MEMBUAT ES BUSA GABUS HUNKWE

Resep Es Gabus Busa adalah sejenis kue bolu Asli Enak, lebih mirip kue lapis berwarna atau mirip puding yang dibekukan di freezer. Ini jajanan sewaktu SD (Sekolah Dasar) sekitar tahun 1980 - 1990 an sekarang sangat sulit menemukan jenis es ini di kota Bandung. Apa karena kita sudah tidak SD lagi?. Saya juga kurang tahu pasti apakah jajanan jadul anak sekolah ini masih ada di sekolah SD negeri?. karena di anak sekolah anak saya tidak dijumpai jenis makanan ini. Es busa atau resep es gabus ini rasanya memang enak saat digigit krenyes dan segar di mulut. Makanan ini termasuk makanan favorite kita SD dulu ya. Inilah cara bikinnya semoga bisa bikin sendiri di rumah.

Foto Es Gabus Busa
Gambar Es Busa atau Es Gabus

Orang menyebutnya es busa berlapis atau ada juga yang menamainya es gabus tepung hunkwe santan atau tanpa santan, es kue, es pelangi (rainbow), es lapis warna warni atau es busa pelangi (rainbow) yang teksturnya lembut dan empuk jika dimakan walaupun telah masuh freezer. Makanan ini termasuk barang langka sulit mencari orang yang jual, karena sudah termasuk jajanan jadul tempo dulu. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi es busa atau es gabus sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka es busa ala Abang-abang atau dititip ke warung-warung dan lapak-lapak meja penjual jajanan, cemilan dan kue basah.

BAHAN :
  • 130 gram Tepung hunkwe putih
  • 1250 ml santan sedang kentalnya bisa juga es busa tanpa santan
  • 250 gram Gula pasir
  • 150 gram Nangka matang potong dadu kecil
  • Pasta pandan secukupnya
  • Garam secukupnya
CARA MEMBUAT ES BUSA GABUS :
  1. Campur jadi satu, tepung hunkwe, gula pasir, garam dan santan,aduk rata, bagi adonan, 2/3 bagian beri pasta pandan dan 1/3 bagian dibiarkan berwarna putih.(kalo saya cuman 2 lapis yaitu hijau dan putih)
  2. Bagi adonan warna hijau menjadi 2, masak 1 bagian adonan warna di atas api hingga mendidih dan kental, tuang dalam loyang 8 x 20 x 7 cm. Sisihkan.(kalo saya seadanya loyang)
  3. Masak adonan putih di atas api hingga mendidih dan kental, masukkan potongan nangka, aduk rata, tuang adonan diatas warna hijau, ratakan.
  4. Masak sisa adonan hijau di atas api hingga mendidih dan kental, tuang diatas warna putih. Dinginkan hingga keras.
  5. Potong-potong kue, bungkus dengan plastik, simpan dalam freezer hingga beku.

Tags :

CARA MEMBUAT ES BUSA GABUS HUNKWE