CARA MEMBUAT KECAMBAH TAUGE PENDEK


Resep Membuat Kecambah Tauge Pendek Dari Kacang Hijau Sederhana Spesial Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Asli Enak. Menurut cerita Mba Nurani Dapur Kecil di daerah asal kelahirannya, Banyumas (Purwokerto, Cilacap, Banjarnegara dan Purbalingga) Jawa Tengah, jarang sekali ditemukan tauge. Soto, pecel, bakwan dan semua resep masakan atau resep makanan yang memakai tauge, di kawasan ini digunakan kecambah atau tauge pendek dari kacang hijau atau kacang ijo.

Foto Resep Membuat Kecambah Tauge Pendek Sederhana Dari Kacang Hijau Spesial Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Asli Enak
Gambar Kecambah Tauge Pendek Kacang Hijau

Kecambah atau taoge atau tauge atau toge adalah tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan. Macam-macam jenis taoge ini banyak macam dan jenisnya ada toge pendek, toge gemuk dan ada toge panjang. Ada teknik-teknik tertentu cara menanam taoge atau kecambah ini.

Kecambah biasanya dibagi menjadi tiga bagian utama: radikula (akar embrio), hipokotil, dan kotiledon (daun lembaga). Dua kelas dari tumbuhan berbunga dibedakan dari cacah daun lembaganya: monokotil dan dikotil. Tumbuhan berbiji terbuka lebih bervariasi dalam cacah lembaganya.[butuh rujukan] Kecambah pinus misalnya dapat memiliki hingga delapan daun lembaga.[butuh rujukan] Beberapa jenis tumbuhan berbunga tidak memiliki kotiledon, dan disebut akotiledon.

Saya pribadi juga sebenarnya lebih suka memakai kecambah atau tauge pendek daripada tauge yang panjang dan rada gendut untuk memasak. Masalahnya di Inggris jarang dijual kecambah, kebalikan dengan tauge yang tersedia di mana-mana, dari toko Cina hingga supermarket. Pernah saya menemukan kecambah di salah satu toko India di East London, namun harganya cukup mahal - Ujar Mbak Nurani.

Memulai eksperimen membuat kecambah toge sendiri. Berhasil tetapi tidak bisa panjang akar-akarnya. Masalah ini teratasi ketika saya bertemu dengan seorang Indonesia yang tinggal di Swedia dan beristrikan wanita asal Cina. Dari merekalah saya menemukan kunci sukses membuat kecambah dengan berhasil. Yaitu menyimpannya pada wadah yang berlobang. Berikut resepi membuat taoge kacang hijau sederhana lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis semoga memberikan ide dan inspirasi buat Anda yang tinggal di luar negeri dan bisa juga buat budidaya skala besar.





RESEP KECAMBAH (tauge pendek)


BAHAN :
  • 100 gram kacang hijau
  • Air
CARA MEMBUAT KECAMBAH TAUGE PENDEK :
  1. Rendam kacang hijau semalaman.
  2. Siapkan wadah berlubang, bisa colander (saringan) atau pun kukusan, alasi dengan wadah lain yang bisa menampung air yang akan menetes.
  3. Alasi dasar wadah tersebut dengan lap bersih, sebaiknya yang sudah tidak terpakai lagi karena biasanya kecambah akan meninggalkan bercak-bercak coklat atau lebih praktis lagi gunakan tisu dapur (kitchen towel).
  4. Tuang kacang hijau yang sudah direndam ke wadah tersebut, dan tutup lagi dengan lap serupa atau tisu dapur.
  5. Siram kacang hijau dengan air bersih 3 kali sehari. Dalam 2-3 hari kacang hijau akan tumbuh menjadi kecambah yang cantik dengan akar-akar yang ramping panjang.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KECAMBAH TAUGE PENDEK