CARA MEMBUAT PUDING GREEN TEA TEH HIJAU

Resep Puding Green Tea Teh Hijau Sederhana Spesial Asli Enak. Bisa juga disebut puding teh ijo yang masih termasuk kreasi jenis puding susu bisa juga disebut puding susu green tea segar, karena menggunakan susu tanpa santan dan juga tanpa telur. Penggunaan bubu teh hijau atau green tea powder ini sedang trend dan paling sering digunakan untuk bahan pembuatan untuk jenis kue, cake, puding, dan minuman, seperti kue basah, kue kering, cake, bolu, puding, kopi, teh, dll.

Memang kebetulan saya sekarang sedang suka dengan makanan dengan kombinasi campuran bubuk teh hijau atau ijo (green tea) ini ada yang menyebutnya matcha. Menurut situs Wikipedia. Matcha (抹茶?, teh bubuk) adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dibuat dari menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung. Selain diminum pada upacara minum teh, matcha digunakan sebagai bahan perisa dan pewarna untuk berbagai jenis makanan, seperti mochi, soba, es krim, es serut, cokelat, berbagai jenis kue Barat, dan wagashi. Selain dapat dibuat campuran bahan makanan bubuk teh hijau ini adalah campuran minuman.

Foto Resep Puding Susu Green Tea Teh Hijau Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Puding Green Tea Lembut

Upacara minum teh mengenal dua jenis minuman teh dari matcha, koicha (teh kental) dan usucha (o-usu atau teh encer). Keduanya berbeda dalam kadar kekentalan, dan cara meminum. Teh jenis koicha dan usucha keduanya disajikan dalam upacara minum teh yang sangat formal. Walaupun demikian, upacara minum teh yang hanya menyajikan usucha tetap bisa bersifat formal.

Matcha kualitas terbaik memiliki rasa lebih manis dan tidak terlalu pahit. Minuman koicha hanya dibuat dari matcha kualitas terbaik yang harganya mahal, tapi matcha tersebut bisa juga dipakai untuk membuat usucha. Alat pengocok yang disebut chasen digunakan untuk melarutkan matcha, atau mengocoknya hingga berbusa sewaktu membuat usucha.

Semangkuk koicha dibuat untuk diminum bersama oleh tamu yang hadir secara bergiliran. Seorang tamu hanya boleh meminum teh yang menjadi bagiannya, dan menyisakan selebihnya untuk tamu yang lain. Tamu yang mendapat giliran terakhir untuk minum diharuskan menghabiskan teh yang tersisa di dalam mangkuk.

Sewaktu membuat koicha, takaran matcha adalah 3 chashaku (sendok kecil dari bambu) untuk satu orang. Bila ada 4 orang tamu, maka takaran matcha untuk semangkuk koicha adalah 12 chashaku. Kue tradisional Jepang (wagashi) yang disajikan bersama koicha adalah kue namagashi ("kue basah") seperti nerikiri.

Semangkuk usucha dibuat untuk diminum habis oleh seorang tamu. Takaran matcha yang digunakan adalah 1½ chashaku untuk satu mangkuk. Usucha dihidangkan pada upacara minum teh yang dihadiri oleh banyak tamu, atau upacara minum teh ala kuil Zen. Wagashi yang dihidangkan bersama usucha adalah kue higashi (kue yang lebih kering dari namagashi). Pada upacara minum teh yang hanya menyajikan usucha dan tidak menyajikan koicha, kue yang dihidangkan bisa saja berupa higashi atau namagashi.

Masing-masing aliran upacara minum teh memiliki standar kadar busa pada permukaan teh. Aliran Urasenke menetapkan seluruh permukaan teh dipenuhi busa bagaikan susu kocok. Sebaliknya, aliran Omotesenke menetapkan sebagian permukaan teh harus terlihat bebas dari busa. Aliran Mushanokōjisenke bahkan hanya membolehkan sangat sedikit busa pada permukaan teh.

Proses pembuatan Matcha sendiri dibuat dari teh hijau yang disebut Tencha. Di perkebunan, tanaman ditutup dengan jerami atau kerai agar daun teh tidak terkena sinar matahari langsung (sama dengan cara pembuatan teh hijau Gyokuro). Setelah dipetik, daun teh langsung dikukus dan dikeringkan. Teh untuk matcha tidak diremas-remas seperti sewaktu membuat teh hijau jenis Sencha atau Gyokuro. Alat penggiling dari batu digunakan untuk menggiling daun teh ijo yang sudah kering hingga halus menjadi tepung. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pudding green tea teh ijo sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko dan lapak puding. Anda juga bisa membuat puding puyo green tea yang silky lebih lembut dan empuk seperti sutra.

RESEP PUDING SUSU GREEN TEA TEH HIJAU


BAHAN :
  • 2 bks agar-agar bubuk warna hijau
  • 1500 ml susu cair
  • 300 gram gula pasir
  • 4 sdt green tea bubuk (matcha)
CARA MEMBUAT PUDING GREEN TEA TEH HIJAU :
  1. Siapkan wadah puding, bisa menggunakan gelas puding atau pudding cup, dan bisa juga pakai cetakan puding, tergantung selera.
  2. Masak agar-agar, susu cair, gula pasir, dan green tea bubuk, aduk rata hingga mendidih. Angkat
  3. Aduk-aduk hingga uap panasnya hilang lalu tuang ke dalam gelas puding, biarkan mengeras dan simpan dalam lemari pendingin.
  4. Sajikan dingin dengan hiasan whipping cream dan buah potong sesuai selera diatasnya.

CARA MEMBUAT PUDING GREEN TEA TEH HIJAU