CARA MEMBUAT KUE BOLU SARANG SEMUT KARAMEL


Resep Kue Bolu Sarang Semut Karamel Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Panggang Kukus Asli Enak. Kue ini namanya Cake caramel atau kue bolu sarang semut. Membuatnya sangat mudah bisa diaduk menggunakan whisker biasa atau Tanpa mixer dan bisa juga pakai mixer dengan. Sarang atau serat yang terbentuk sangat banyak jadi sangat memuaskan.

Foto Resep Kue Bolu Sarang Semut Caramel Cake Lembut dan Empuk Spesial Sajian Sedap Sekejap Langsung Enak
Gambar Caramel Cake Kue Sarang Semut

Membuat karamel, langkah pertama adalah gosongkan gula di atas wajan teflon, gunakan api kecil saja. Pakailah wajan yang tebal supaya panasnya merata sehingga karamel yang dihasilkan tidak akan gosong. Biarkan saja gula mencair perlahan-lahan. Jangan diaduk -aduk karena akan lengket sekali. Setelah mencair, tuangkan air panas pelan-pelan saja supaya tidak menciprati tangan. Rebus menggunakan api kecil. Biarkan karamel larut dengan sendirinya. Setelah larut semuanya matikan api dan dinginkan. Jika selama direbus airnya menyusut banyak dan khawatir mengering, boleh ditambahkan air panas lagi. Tuang sedikit-sedikit ya supaya tidak memercik.

Ketika dipanggang oven kue cake karamel akan mengeluarkan buih atau gelembung kecil-kecil di permukaannya. Ini berarti proses pembentukan serat sedang berlangsung. Semakin mendekati akhir pemanggangan gelembung ini akan semakin berkurang. Berarti kue hampir matang. Bila gelembung tinggal sedikit dan permukaannya kelihatan mengering, segera keluarkan dari oven. Bagi yang belum punya oven bisa buat kue sarang semut karamel kukus. Berikut resepi kek sarang semut atau bolu karamel anti gagal sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis.





RESEP KUE SARANG SEMUT PANGGANG


BAHAN :
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml air panas
  • 75 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder (saya pake 1/4 sdt baking powder double acting)
  • 1/4 sdt garam
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 50 gr margarin, aduk-aduk menggunakan garpu sampai lembut
  • 75 ml susu kental manis putih/coklat
CARA MEMBUAT KUE BOLU SARANG SEMUT KARAMEL :
  1. Panaskan gula di atas wajan teflon menggunakan api kecil sampai mencair dan berwarna kecoklatan. Tuangi air panas, rebus sampai karamel larut. Sisihkan sampai dingin. Saring dan ukur sebanyak 250 ml. Bila kurang bisa ditambah air.
  2. Siapkan loyang bentuk cincin diameter bawah 16 cm, olesi margarin dan taburi terigu. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
  3. Ayak terigu, maizena, soda kue, baking powder dan garam. Masukkan dalam baskom/ wadah besar.
  4. Masukkan telur dan air karamel secara berselang-seling (dalam 3 tahap) sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata dan licin.
  5. Masukkan margarin, aduk sampai rata. Margarin akan begerindil kecil-kecil dan mengapung di atas adonan. Menyusul susu kental manis, aduk rata. Adonan yang dihasilkan cair/encer ya. Tuang ke dalam loyang.
  6. Panggang dalam oven selama 45 menit. setelah matang keluarkan dan dinginkan. Balik kue di atas piring dan potong-potong.
  7. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE BOLU SARANG SEMUT KARAMEL