CARA MEMBUAT KENTANG GORENG FRENCH FRIES


Resep Kentang Goreng French Fries Crispy Renyah Ala KFC Buatan Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya kita beli kentang beku mentah (frozen) di Supermarket kemudian simpan di freezer kulkas lalu siap goreng atau membelinya di restoran khas amerika atau fried chicken restaurant, seperti AW, KFC, Mc. Donalds, Texas fried chicken siap saji atau siap makan, kini kita coba membuat kentang buatan sendiri dari proses awal sampai menjadi suguhan kentang goreng sajian sedap. Menurut situs wikipedia Kentang goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries atau fried fries. Alangkah baiknya jika Bunda membuat kentang goreng sendiri di rumah. Kentang goreng fresh tanpa pengawet ini cocok untuk bekal anak sekolah lebih sehat dan higenis serta bergizi tinggi dan cocok juga untuk teman makan steak.

Foto Resep Kentang Goreng French Fries Crispy Renyah Ala KFC Buatan Sendiri Asli Enak
Gambar Kentang Goreng French Fries Crispy

Kentang goreng kriuk bisa dimakan begitu saja sebagai makanan ringan, atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama seperti bistik, hamburger, fish and chips dan currywurst.

Di Britania Raya dan Negara-negara Persemakmuran, kentang goreng yang mirip french fries disebut chips. Di Amerika Utara, istilah "chips" berarti keripik kentang (potato chips), sedangkan di Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan, "chips" bisa berarti kentang goreng atau keripik kentang.

Sejarah Asal-usul mula kentang goreng populer ke seluruh dunia berkat rumah makan siap saji seperti McDonald's dan Burger King. Di awal tahun 1950-an, Jack Simplot yang memiliki perusahaan bernama J.R. Simplot menciptakan bahan baku french fries berupa potongan-potongan kentang yang sudah dikupas dan dibekukan. Sebelum perusahaan J.R. Simplot memasok bahan baku kentang goreng, kentang perlu dikupas dan dipotong-potong secara manual di semua cabang McDonald's. Kentang beku produksi J.R. Simplot berhasil menyingkat waktu penyiapan makanan dan ikut mendorong ekspansi waralaba McDonald's. Berikut resep french fries lengkap dengan cara mudah bikin sendiri di rumah KokimGanteng ala rumahan.





RESEP KENTANG GORENG


BAHAN :
  • Kentang mentega, kentang apa saja bisa tapi kentang mentega berukuran besar dan rasa lebih enak, cocok untuk jadi kentang goreng
  • Air untuk merebus
  • Tepung Terigu serbaguna
  • Penyedap rasa atau Garam halus, secukupnya
  • Minyak goreng, secukupnya
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kentang Mustofa

CARA MEMBUAT KENTANG GORENG :
  1. Kupas kentang lalu potong berbentuk persegi panjang, kemudian dicuci dalam air bersih yang mengalir (air keran) sampai air cucian kentang terlihat cukup bening. Ini dilakukan untuk menghilangkan getah kentang. Karena getah kentang inilah yang membuat kentang goreng akan cepat menjadi lembek.
  2. Rebus air dalam panci yang telah diberi sedikit garam, ketika airnya mendidih masukkan kentang yang sudah dicuci, lalu rebus selama 5 menit, angkat, tiriskan.
  3. Selagi masih panas taburi kentang dengan tepung terigu dan tambahkan penyedap rasa atau garam sesuai dengan selera.
  4. Pastikan tepung menyelimuti seluruh kentang, bila perlu beri tepung lebih banyak.
  5. Simpan kentang yang telah di baluri tepung dalam wadah tertutup lalu simpan didalam freezer kulkas selama 1 jam atau lebih sebelum digoreng.
  6. Panaskan minyak goreng, gunakan api sedang. Goreng kentang hingga seluruh bagian kentang terendam minyak. Bolak-balik kentang sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
  7. Kentang goreng siap disajikan dengan tambahan saus sambal atau mayonnaise.
TIPS & TRICKS :
  • Jangan menambahkan tepung beras atau aci walaupun dapat membuat gorengan semakin renyah tapi cenderung akan membuat kentang saling melengket satu sama lainnya.
  • Kentang bisa disimpan di dalam freezer hingga 2 minggu. Kentang yang beku akan semakin membuat kentang renyah setelah di goreng.
  • Pastikan selalu menggoreng dengan menggunakan minyak yang masih baru agar hasil kentang goreng lebih renyah dan bersih.
  • Masukkan kentang dalam minyak yang panas, dan selalu gunakan api sedang agar kentang tidak cepat gosong.
  • Agar tidak berminyak, sebelum disajikan kentang yang sudah digorang ditiriskan dahulu, alasi dengan kertas tisu agar minyak menyerap ke kertas tisu, baru sajikan.
  • Bila suka setelah digoreng kentang bisa diberi tambahan bubuk cabe untuk rasa yang lebih pedas atau bumbu bubuk kentang goreng lainnya sesuai selera Anda.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KENTANG GORENG FRENCH FRIES