CARA MEMBUAT KUE PANCONG KELAPA MUDA


Resep Kue Pancong Kelapa Muda Manis Sederhana Spesial Asli Enak. Kue pancong adalah kue basah tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras atau tepung terigu dan kelapa parut setengah tua bisa juga tanpa kelapa, kemudian diberi santan dan sedikit garam, makanya rasa kue ini asin, kue ini cocok untuk sarapan pagi sebelum beraktifitas berangkat kerja ke kantor, sekolah, dll. Paling enak makan kue ini dalam keadaan masih panas atau setengah matang, bersama minuman teh panas atau kopi panas. Pada umunya kue lembut dan empuk ini rasanya asin gurih ini yang versi original belum dimodifikasi, kalau rasanya manis itu namanya kue pukis, jadi jangan salah ya kue pancong sama kue pukis ini memiliki perbedaan di rasa dan tekstur apalagi kalau dibandingkan dengan kue bandros manis walau bentuknya sama tapi beda. Walaupun menggunakan cetakan yang hampir mirip cenderung sama tapi bahan udan adonan dasarnya memiliki perbedaan, nanti akan dibahas pada artikel selanjutnya khusus untuk kue pukis. Katanya sih asli kue pancong ini dari Betawi Jakarta. Makanya ada kue pancong khas betawi rawa belong.

Foto Kue Pancong Kelapa Asin Original
Gambar Kue Pancong Kelapa

Kue pancong balap Abang abang banyak di jual di pasar-pasar tradisional atau pinggir jalan di Bandung dan kota Jawa Barat lainya, terutama kue pancong khas Sunda, Bandung, seperti bekasi, cirebon, sumedang, sukabumi, cianjur, dll yang dijual oleh abang-abang menggunakan gerobak atau rombong baik di dorong maupun dipikul dan harganya tergolong cukup murah, mungkin suatu saat akan booming juga seperti kue pukis yang lebih dulu terkenal dan kue cubit yang sedang booming yang sedang menjadi favorite sekarang, dengan aneka rasa dan aneka topping bisa dikembangkan, misal nanti ada kue pancong green tea. kue pancong keju, dll. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi kue pancong kelapa manis manis asin gurih sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha kue bandros ala Abang-abang keliling pakai gerobak atau rombong.





RESEP KUE PANCONG


BAHAN :
  • 125 gram kelapa parut setengah tua
  • 125 gram tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 300 ml santan
  • 1/2 lembar keju lembaran diiris kecil (opsional)
CARA MEMBUAT KUE PANCONG :
  1. Campur kelapa parut dengan tepung beras dan garam, aduk rata.
  2. Masukkan santan yang telah direbus sedikit demi sedikit hingga habis sambil diuleni.
  3. Panaskan cetakan kue pancong, masukkan adonan kue pancong ke dalam cetakan, beri irisan keju slice lalu Cutup.
  4. Setelah masak, angkat.
  5. Untuk variasi hiasan bagian atas (topping), selain keju irisan dapat juga diberi coklat, kismis, nangka, ayam giling bumbu opor, dan lain-lain. (ini opsional boleh diberi modifikasi sesuai selera)
  6. Sajikan Kue Pancong Original atau aneka toping untuk 12 buah.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE PANCONG KELAPA MUDA