CARA MEMBUAT CILOK BUMBU KACANG BANDUNG


Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang Pedas Sederhana Spesial Pedas Khas Bandung Asli Enak. Cilok adalah singkatan Aci dicolok, maksudnya makannya dengan menggunakan lidi bambu seperti tusuk sate. Cara makannya dengan mencolok atau menusuknya, kemudian diberi bumbu cilok saus kacang yang enak. Tekstur cilok kukus ini sangat empuk, lembut dan kenyal hampir sama dengan pentol bakso atau baso berbentuk bulat, karena cara masak dengan cara direbus kemudian dikukus. Sebenarnya ada juga cilok bakar nanti akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Cilok ada yang dibuat dengan campuran ikan disebut cilok ikan dan ada juga dicampur dengan daging sapi atau daging ayam yang sudah digiling, kembali lagi tergantung selera kita, karena bisa dibuat aneka kreasi dan variasi rasa cilok gaul yang menggoda iman dan cilok ubed preman pensiun PP 1,2,3. Rasa Mantap.

Foto Cilok Ikan Kenyal Empuk
Gambar Cilok Bandung Saus Kacang Pedas

Menurut situs Wikipedia. Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Tidak hanya sebagai makanan ringan yang enak, cilok juga dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata pedagang cilok adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah, dan rata-rata berjualan di sekitar sekolah, kampus, dan pabrik.

Bahan bakunya antara lain tepung kanji, bumbu bawang, dan beberapa bahan lainnya. Lalu campurkan dengan daging ayam atau sapi dengan menggunakan air. Kemudian direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso bulat.

Cilok adalah lakuran dari kata aci dan dicolok. Dinamakan demikian dikarenakan bahan utamanya adalah tepung tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci, dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok untuk cilok klasik Ala Abang-abang atau cilok kampung atau bisa disebut dengan cilok tradisional. Sedangkan pada cilok modern sudah berkembang pesat. Coba perhatikan macam-macam jenis cilok modern di bawah ini :

Akhir-akhir ini banyak sekali fenomena resep olahan aneka cilok variasi cilok baik itu aneka bentuk, aneka rasa cilok asin, cilok manis, cilok pedas, aneka isi, aneka bumbu atau aneka saus sambal pedas, mulai dari cilok goang atau cilok kuah dengan sambal goang pedas dan cilok goang kering, cilok mozzarella atau cilok isi keju, cilok rebus, cilok kukus, cilok goreng, cilok seblak, cilok beranak, cilok mini (CIMIN GAUL), cilok setan meledak dimulut super pedas, cilok muncrat Mulan Jameela, dan lain-lain. Namun kalau ada yang nanya cilok Bandung terkenal paling enak ya cilok buatan saya yaitu cilok Bu Heni Herawati, lebih enak dari cilok Mang Midun, cilok Mang Gogon, cilok maleer, cilok mamah, dll.

Pada artikel sebelumnya Blog Cara Buat Resep telah menulis mengenai resep cilok goreng cara pembuatannya sama dengan cilok Bandung dan cilok seblak yang berbeda hanya bumbu dasar nya saja, hanya saja cara memasaknya hanya sampai dikukus tidak sampai kepada proses menggoreng. Cilok enak juga termasuk salah satu jajanan khas Bandung asli yang cukup populer di bumi sunda, Jawa Barat. Baiklah kita langsung saja membuat cilok kenyal sederhana tapi istimewa. Oh ya bisa juga dipadukan dengan resep sambal goang supaya lebih pedas namanya cilok goang kuah atau kering. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi cilok Bandung bumbu kacang atau kuah kacang pedas kenyal, lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka cilok pakai rombong gerobak keliling ala Abang-abang.





RESEP CILOK KENYAL


BAHAN :
  • 200 gram tepung kanji
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 btg seledri ( iris-iris halus)
  • 250 ml air mendidih
BUMBU DIHALUSKAN :
  • 2 butir bawang putih
  • 1/2 sdm merica bulat
  • Ebi (udang kering) secukupnya
  • Garam secukupnya
BAHAN BUMBU SAUS KACANG :
  • 100 gram kacang tanah, goreng dan haluskan
  • 2 buah cabe merah/sesuai selera
  • 2 buah cabe rawit/sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Gula sesuai selera
  • Garam sesuai secukupnya
CARA MEMBUAT CILOK ENAK SPESIAL :
  1. Campurkan tepung kanji, tepung terigu, dan irisan seledri setelah itu aduk hingga rata
  2. Haluskan bawang putih, ebi dan merica
  3. Masukan bumbu halus ke dalam air mendidih
  4. Masukkan air mendidih ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga rata
  5. Bentuk adonan berbentuk bulat-bulat sesuai selera
  6. Didihkan air lalu masukan bulatan adonan ke dalam air yang sudah mendidih tadi sampai mengambang dan matang. Setelah itu baru diangkat dan tiriskan.
  7. Masukan cilok ke dalam air matang dingin agar tidak menempel satu sama lain
  8. Sajikan cilok jajanan khas Bandung yang enak ini dengan saus kacangnya
CARA MEMBUAT SAUS KACANG ISTIMEWA :
  1. Kukus cabe merah dan cabe rawit hingga lunak, setelah itu haluskan
  2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis cabe merah dan cabe rawit yang telah dihaluskan. Masukan juga kacang tanah yang telah dihaluskan, aduk rata
  3. Masukan air, gula, garam dan kaldu ayam secukupnya.
  4. Saus siap disajikan bersama cilok


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT CILOK BUMBU KACANG BANDUNG