3 RESEP CARA MEMBUAT ROTI MARYAM SALMAN EMPUK


Resep Roti Maryam Salman Sederhana Empuk dan Lembut Spesial Asli Enak Banget. Roti Maryam adalah salah satu makanan roti khas dari timur tengah Arab, kalau di India di sebut roti Canai dibaca cane. Roti atau kue unik sederhana ini terbuat dari bahan adonan dasar tepung terigu, telur dan sedikit mentega dan minyak samin dengan bentuk bundar dan berlapis-lapis. Dari bahan dasar nya roti atau kue ini sangat sehat dan bergizi. Biasanya roti maryam lembut paling enak dimakan dengan lauk pendampingnya yaitu gulai daging kambing atau kare kambing atau kari ayam. Roti ini kini menjamur di berbagai kota besar, seperti Bandung, jakarta, surabaya, denpasar, semarang, gresik dan yogyakarta, baik dijual secara pribadi maupun secara franchise waralaba, sehingga usaha ini menjanjikan karena permintaan yang banyak apalagi pada saat bulan puasa ramadhan kata roti mariam rofa. Raja Salman Arab Saudi suka tidak dengan roti maryam asli Arab ini?.

Foto Roti Canai/Cane Kare Kambing dan Kari Ayam
Gambar Roti Maryam Madu Manis Lembut

Cara pembuatan roti adalah relatif mudah. Cukup untuk menyediakan bahan yang diperlukan seperti mentega 1.5 kg, telur 12 butir, tepung Cakra 7 kg, 2 liter susu dan satu sendok makan garam. Kemudian bahan diaduk dengan menggunakan mesin khusus selama 15 menit dan kemudian digoreng.

Cara makan roti maryam atau canai (cane) adalah dengan menyobek roti lembut tersebut kemudian sobekannya digunakan untuk menciduk gulai daging mirip cara makan resep roti prata India dan di Singapore, maka dari itu untuk menikmati roti ini adalah dengan makan menggunakan tangan langsung tanpa sendok atau garpu. Kombinasi roti dengan gulai ini memberikan sensasi kelezatan yang unik. Roti Canai khas India itu disantap dengan gulai kacang ijo atau daging kuah kari daging kata ncc. Resep roti maryam coklat adalah yang paling istimewa dari roti cane yang pernah ada, kemudian ada aneka topping keju, coklat meises, susu, kismis, tergantung selera masing-masing. Mau yang rasa asin atau manis.

Menu hidangan resepi roti maryam jajane vivi gurih ini cocok untuk dihidangkan pada acara-acara santai, walaupun demikian tetap bisa juga dihidangkan pada acara resmi. Jika ingin membuat sendiri kita siapkan artikel resepnya siapa tau bisa menginspirasi untuk berbisnis roti maryam di rumah selain untuk konsumsi sendiri. Proses memgolahnya mudah dan praktis bisa tonton video youtube. Aneka macam kreasi variasi dan jenis roti mariam ini ada yang manis dan tanpa telur. Saya sendiri lebih suka makannya dengan madu memang lebih lezat jika pakai gulai kare spesial. Berikut adalah proses pembuatan kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi roti maryam step by step anti gagal sajian sedap istimewa diulas secara lengkap mudah dan praktis lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan usaha bisnis roti maryam ekonomis harga murah meriah ala restoran.





RESEP ROTI MARYAM


BAHAN :
  • 1 kg tepung terigu protein tinggi
  • 1 sdt garam
  • 4 sdm susu bubuk
  • 2 butir kuning telur
  • 2 butir telur
  • 450 ml air hangat
  • 175 ml minyak goreng untuk adonan dasar
  • 100 ml minyak goreng untuk celupan
  • 50 gram margarin/butter/minyak samin
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Roti Cane

CARA MEMASAK ROTI MARYAM EMPUK :
  1. Campurkan minyak goreng, telur (2 butir telur dan 2 kuning telur) dan juga air.
  2. Aduk aduk bahan tersebut diatas dengan menggunakan whisk, aduk rata.
  3. Masukkan tepung terigu protein tinggi, garam, susu bubuk. Uleni hingga kalis.
  4. Bagi adonan sama rata kira kira 50 gram, bulatkan adonan. Olesi bagian atas dari adonan yang telah dibulatkan dengan minyak.
  5. Tutup dengan serbet bersih. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  6. Giling adonan sampai tipis, bentuk oval panjang.
  7. Gulung menjadi gulungan panjang. Bentuk kerucut keatas.
  8. Diamkan sebentar kemudian giling lagi dengan ketebalan 1/2 cm.
  9. Panaskan minyak dalam wajan datar anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit minyak, goreng hingga kecokelatan.
  10. Angkat dan beri topping sesuai selera.
  11. Sajikan.

TIPS & TRICKS :
  • Roti Maryam khas Ampel dari Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timir ini akan terasa lebih mantap dan maknyus ketika dimakan dengan bumbunya yaitu Gulai Maryam atau bisa juga dengan gula pasir secukupnya.
  • Untuk gulai maryam, bahan-bahan yang diperlukan yang diperlukan yang relatif banyak. Ada dua jenis dari bumbu, yaitu bumbu basah dan kering. Bumbu basah seperti jahe 2 biji, laos 2 butir, daun jeruk purut 2 buah, sereh 2 batang, 2 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, dan cabai merah.
  • Untuk bumbu kering, ketumbar 3 sendok, keningar (kayu manis) 1 biji, merica, 1 sendok teh jintan 1 sendok makan, cengkeh 5 butir, pala 1 potong.
  • Untuk membuat gulai maryam, bahan-bahan bumbu basah diaduk sampai halus kemudian dicampur dengan bumbu kering. Roti maryam akan lebih nikmat kalau dimakan dengan gulai maryam.

RESEP ROTI MARYAM SEDERHANA


Resep By : Palmia

BAHAN :
  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 100 ml susu cair UHT
  • 1 butir telur
  • 5 sdm Royal Palmia Butter Margarine, cairkan
  • 5 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt garam
  • Air secukupnya
CARA MEMBUAT ROTI MARYAM SEDERHANA :
  1. Campurkan susu cair, telur, Royal Palmia Butter Margarine cair, minyak goreng, garam dan 100 ml air. Aduk menggunakan garpu atau balloon whisk hingga semua bahan tercampur. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
  2. Uleni menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit untuk menyelsuaikan tekstur adonan. Tekstur adonan yang ideal untuk membuat roti maryam adalah seperti adonan kulit martabak telur. Adonannya lembek namun tidak bisa dituang, mudah dibentuk dan elastis. Sesudah adonan kalis, diamkan adonan kurang lebih selama 1 jam.
  3. Tutuplah adonan menggunakan serbet bersih yang dibasahi atau menggunakan plastik agar kelembabannya tidak hilang. Sesudah 1 jam, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bentuklah bulatan-bulatan kira-kira sebesar bola pingpong. Diamkan lagi kurang lebih selama 10-15 menit.
  4. Setelah didiamkan, adonan kini siap untuk diproses lagi. Ambil 1 bulatan adonan, kemudian olesi dengan minyak goreng. Pipihkan adonan setipis mungkin dan selebar mungkin. Seperti saat tukang martabak membuat kulit martabak telur. Setelah pipih, gulungkan adonan sehingga membentuk gulungan memanjang. Kini adonan berbentuk seperti karpet yang digulung. Gulungkan lagi adonan dari kedua ujungnya secara berlawanan. Kalau adonan diletakkan melintang, gulung ujung kanan ke sebelah atas dan kliri ke sebelah bawah hingga kedua gulungan bertemu di tengah.
  5. Tumpuk kedua gulungan sedemikian rupa. Pipihkan gulungan adonan menggunakan botol dengan ketebalan antara 0,5-1cm atau sesuai selera. Panaskan wajan datar anti lengket, panggang roti maryam diatas api kecil hingga matang dan permukaan berwarna kecoklatan.
  6. Sajikan roti maryam selagi hangat, bisa dimakan dengan diolesi madu dan aneka selai aneka rasa manis disebut roti maryam manis atau dengan gulai kari ayam atau gulai kari daging sapi disebut roti maryam asin gurih atau Anda bisa juga berkreasi dengan membuat roti maryam kekinian yang lagi ngehits seperti roti maryam aneka topping, misalnya roti maryam topping pizza. Anda bisa membuat variasi topping dan kreasi topping roti maryam lainnya.

RESEP ROTI MARYAM BOGASARI


Resep By : Bogasari

BAHAN :
  • 500 gram Taj Mahal
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 btr kuning Telur
  • 1 btr telur
  • 225 ml air hangat
  • 80 ml minyak goreng
CARA MEMBUAT ROTI MARYAM BOGASARI LEZAT :
  1. Campur minyak goreng, telur, dan air, aduk bahan dengan ballow whisk hingga rata.
  2. Masukkan terigu Taj Mahal, garam, susu bubuk. Uleni hingga kalis.
  3. Potong dan timbang adonan 200 gram, bulatkan adonan. Olesi bagian atas adonan yang telah dibulatkan dengan minyak.
  4. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Giling adonan hingga tipis, lalu oles dengan margarine, gulung hingga padat.
  6. Setelah digulung, gulung kembali adonan. Giling adonan hingga tipis.
  7. Panaskan minyak dalam wajan datar anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit minyak. Lalu goreng hingga kecokelatan. Angkat.
  8. Sajikan.
KETERANGAN :
  • Taj Mahal adalah tepung whole wheat / gandum utuh yang didapat dari penggilingan seluruh bagian biji gandum. Tepung Taj Mahal diprocess secara khusus, sehingga aroma dan kandungan gizi tepung tetap terjaga.
  • Taj Mahal sangat cocok untuk membuat makanan khas India dan Timur Tengah, selain itu juga untuk membuat whole wheat cakes, cookies berserat tinggi dan sebagai campuran untuk membuat roti gandum/whole wheat bread.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

3 RESEP CARA MEMBUAT ROTI MARYAM SALMAN EMPUK