CARA MEMBUAT KOPI JOSS ARANG JOGJAKARTA


Resep Kopi Jos Kopi Arang Khas Yogyakarta Asli Sederhana Spesial Enak Banget. Kopi Joss adalah kopi yang ditemukan pada abad ke-19 yang dipelopori oleh pedagang angkringan di daerah sekitar stasiun Tugu Yogyakarta yang kemudian populer dan mendunia pada awal abad 20. Kami sebagai provider tidak mau kalah dan mengeluarkan produk kopi serupa dengan rasa yang berbeda dan lebih menggairahkan. Kopi ini merupakan kopi hitam yang dicampur dengan arang. Disini arang kami lah yang membedakan. Arang yang kami pakai menggunakan kayu yang telah diawetkan bersama mayat Fir'aun di Mesir. Jadi dengan arang impor ini terjadilah sebuah perkawinan antara Java Coffee dengan Arang Mesir. Anda akan menemukan pengalaman yang belum pernah anda rasakan ketika meminum Kopi arang Yogya ini. Kopi jos ini kemudian kami bagi lagi menjadi 2 divisi COFFEE JOS, yaitu :

Foto Kopi Arang
Gambar Kopi Joss Arang

  • Kopi Jos 1x
  • Kopi Jos 2x
1x dan 2x ini adalah banyaknya arang yang dimasukkan ke dalam kopi. Jadi kenapa kami cuma memberikan opsi sampai 2x adalah karena jika terlalu banyak maka kopinya akan semakin sedikit dan bisa tumpah. Semakin banyak arang maka semakin mahal kopi ini.

Kopi Joss, merupakan kopi yang memiliki metode pembuatan unik dengan diberi bara arang. Ketika kopi tubruk panas ini diberi atau dimasukkin arang yang panas, maka kopi tersebut akan mengeluarkan suara josss yang kencang sehingga terciptalah nama kopi itu.

Khasiat dan Manfaat dari kopi jos ini banyak peneliti yang mengakui kalau kadar kafeinnya dinilai rendah karena metode pembuatannya dinetralisir oleh arang. Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun. Namun katanya, karbon yang teraktivasi dapat mengurangi ampas kopi, mengikat racun, dan memperbaiki aroma. Mau coba bikin sendiri silahkan coba resepi kopi joss sedap dibawah ini.





RESEP KOPI JOSS ARANG


BAHAN :
  • Kopi bubuk ( Kopi Arabica Gayo ) boleh pake kopi hitam lain
  • Air Panas
  • Gula pasir
  • Arang Bersih ( di bakar sampai merah ) boleh pakai arang bambu kali ya tanya sama mas Indra Al Fatih penjual Arang Bambu di Indonesia....hehe
CARA PENYAJIAN KOPI JOSS JOGJA ENAK :
  1. Seduh Kopi Bubuk dan Gula ( tergantung selera ) dengan air panas mendidih ke dalam gelas
  2. Masukan arang panas kedalam gelas yang sudah di siapkan – pint no.1
  3. Kopi Joss / Kopi Arang khas Jogjakarta siap di hidangkan
Update Artikel Terbaru

Kopi arang memang fenomenal dan unik. Memasukkan arang ke dalam kopi gunanya untuk menguragi kafein pada kopi. Padahal kita menggunakan arang biasanya untuk membakar sate atau steak. Sebenarnya aman tidak sih mengkonsumsi arang? Temukan jawabannya hanya di Asal Usul kopi joss atau kopi arang yang sangat terkenal di Indonesia ini.

Kopi Joss adalah memang sangat spesial karena disajikan dengan campuran arang yang masih membara api. Arang ini dimaksudkan agar kopi panas lebih awet sehingga rasanya lebih enak. Sebelum diminum, arang bisa disingkirkan terlebih dahulu. Kandungan arang tersebut tidak berbahaya, berdasarkan penelitian Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, justru memberi efek positif dapat menetralkan kandungan kafein dan menghilangkan penyakit kembung dan sakit perut menurut penelitian Mahasiswa UGM ini.

Bagi Anda pencinta kopi (Coffee Lover) atau penyuka kopi yang sedang berlibur ke Yogyakarta usahakan sempatkan diri untuk menikmati kopi joss di Angkringan Lik Man atau Lek Man, konon katanya warung kopi sederhana atau kedai kopi praktis ini adalah angkringan tertua di Jogjakarta. Menurut pendirinya, warung ini telah ada sejak tahun 1950 an. Meskipun di kota Jogjakarta sudah banyak kopi ala cafe yang menyuguhkan kopi berbagai rasa kopi lokal dan luar negeri seperti kopi italia, namun anak-anak muda di kota ini tak pernah meninggalkan warung kopi joss yang terletak di sebelah utara Stasiun Tugu dan Jalan Malioboro ini. Kini kopi jos sudah ada di Solo Surakarta.

Nama "Joss" sendiri berasal dari bunyi bara arang pada saat dimasukkan ke dalam minuman air kopi hitam "Joss". Harga kopi berkisar Rp.3000 baik kopi biasa atau menggunakan arang.

Sebagai pendamping minuman kopi, juga tersedia banyak menu lain seperti nasi kucing meong dengan lauk gorengan tempe mendoan, tempe bacem, kepala ayam, tahu susur, rempeyek, kacang sampai sate tusuk. Minuman lain yang juga dijajakan disini tersedia seperti, teh manis, jeruk panas, dan jahe. Jika ingin gorengan panas bisa minta dibakar dengan arang yang digunakan dari kopi tersebut. Tempat ini sangat seru untuk sekedar nongkrong atau kopdar blogger atau anak-anak IMERS atau IM sambil ngobrol bisnis online ataupun bertemu dengan teman-teman untuk konkow-konkow sambil menikmati kota yogya di malam hari. Para pengunjung bisa memilih duduk lesehan dengan tikar atau di kursi yang telah disediakan oleh pemilik sambil mendengarkan alunan lagu-lagu yang dibawakan oleh para pengamen jalanan yang terbilang cukup tertib ketimbang di Bandung.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KOPI JOSS ARANG JOGJAKARTA